8 Pertanyaan yang Harus Ditanyakan Saat Interview Kerja

Delapan tahun lalu saat pertama kali interview kerja, yang saya siapkan adalah jawaban. Tiga pekerjaan kemudian, saat harus kembali interview kerja, yang saya siapkan adalah pertanyaan.

Ya wajar, di pekerjaan keempat ini saya merasa sudah punya pengalaman dan tidak ngotot harus pindah kerja. Saya jadi punya banyak pertanyaan sebagai pertimbangan, apakah yakin akan bekerja di sini?

interview kerja

Berikut daftar pertanyaan yang bisa ditanyakan saat interview kerja:

Company culture

Ini penting sekali lho. Saya sih tidak mau ya bekerja di company yang tidak promote diversity atau yang misoginis. Juga bagaimana cara mereka memperlakukan karyawan perempuan yang juga seorang ibu. Apa ada ruang menyusui? Apa karyawan perempuan dan laki-laki diperlakukan sama?

Visi perusahaan, proyek yang sedang berjalan, dan proyek selanjutnya

Visi perusahaan hampir pasti dijawab, proyek belum tentu. Tapi dengan bertanya hal ini, kita minimal jadi tahu, jika kita bekerja di sini, proyek seperti apa yang akan kita hadapi.

Detail job description dan KPI

Kadang pewawancara tidak menjelaskan detail pekerjaan yang kita hadapi. Saat diberi kesempatan bertanya, tanyakan lebih detail. Jangan lupa singgung tentang KPI yang harus diraih dan apakah ada bonus untuk performance yang sesuai KPI.

Jumlah tim

Jumlah tim bisa jadi perkiraan seberapa banyak pekerjaan yang akan kita tanggung. Jangan sungkan untuk bertanya soal ini ya!

Siapa superior kita

Jika kita menjalani interview HRD dan bukan interview user, sebaiknya tanyakan siapa yang akan menjadi superior kita. Ingat nama lengkapnya dan cek background-nya di LinkedIn usai interview ahahahahaha. Atasan sangat berpengaruh pada betah tidaknya kita di sebuah perusahaan lho!

Karyawan tetap dan jenjang karier

Tanyakan dengan detail berapa lama kita akan dikontrak? Apakah ada kemungkinan menjadi karyawan kontrak ulang atau kontrak selamanya? Jika tidak, berapa lama bisa menjadi karyawan tetap. Apa ada perubahan gaji saat menjadi karyawan tetap?

Gaji

Jika selama interview kerja tidak ada pembahasan gaji, tanyakan saja. Bagaimana detailnya, apakah ada bonus dan berapa kali THR dalam setahun.

Tahapan selanjutnya

Jangan sampai setelah interview bingung sendiri akan dikabari berapa lama ya? Tanyakan saja akan dapat kabar paling lambat kapan dan kapan bisa aman untuk apply pekerjaan baru sekiranya perusahaan kurang sreg dengan kita tanpa ingin mengabari.


Post Comment