Pesan Untuk Kedua Anak Saya Dalam Urusan Bekerja Kelak - Mommies Daily

Pesan Untuk Kedua Anak Saya Dalam Urusan Bekerja Kelak

Mama nggak tahu akan seperti apa sekian belas tahun ke depan dunia kerja yang akan kalian hadapi. Tapi satu hal yang mama yakin tetap dibutuhkan adalah: Etos dalam bekerja yang akan membedakan kalian dengan orang lain.

Hai kiddos,

Mungkin orang-orang akan menganggap mama kalian ini sungguh ambisius. Di saat kalian masih duduk di sekolah dasar, mama udah ngomongin mengenai dunia kerja. Biarinlah ya orang mau bicara apa, yang penting niat mama baik, hehehe.

Bicara tentang dunia kerja, mama nggak tahu akan seperti apa sekian belas tahun ke depan dunia kerja yang akan kalian hadapi. Bisa jadi semakin sulit karena saingan semakin banyak, skill yang dituntut juga semakin hebat dan dengan pengetahuan serta terobosan di dunia teknologi yang semakin canggih, bisa jadi banyak pekerjaan yang dengan mudah tergantikan oleh mesin. Tapi satu hal yang mama yakin tetap dibutuhkan adalah: Etos dalam bekerja yang akan membedakan kalian dengan orang lain.

Etos kerja yang mencakup bagaimana kalian bersikap, seperti apa kepribadian kalian, watak dan karakter ketika bekerja. Karena etos kerja yang baik tidak bisa digantikan oleh mesin.

Jadi pesan mama, ketika kalian terjun ke dalam dunia kerja, yang mungkin saja kalian mulai ketika kalian duduk di SMP, SMA atau bangku kuliah, melalui jalur magang misalnya, kalian ingat akan beberapa hal ini:

Pesan Untuk Kedua Anak Saya Dalam Urusan Bekerja Kelak - Mommies Daily

1. Selalu ambil kesempatan yang datang

Jangan pernah menolak kesempatan atau proyek ekstra yang ditawarkan ke kalian hanya karena tidak sesuai dengan jobdesc yang kalian miliki. Duh, mumpung umur masih muda, terima aja dulu, karena itu akan jadi kesempatan kalian untuk belajar banyak hal. Anggap aja belajar secara cuma-cuma. Jangan berpikir perusahaan manfaatin kalian (walaupun memang iya, ahahaha). Tapi kan masih muda dan belum ada tanggungan keluarga, jadi jangan itung-itungan amat, nak. Nggak jarang, proyek di luar jobdesc itu memiliki dampak penting terhadap nama baik perusahaan, dan orang-orang yang terlibat di dalamnya akan mendapat sorotan setelah proyek selesai. Tunjukkan kalau kalian mampu beradaptasi, cepat belajar dan memiliki kriteria sebagai pimpinan proyek. If a chance to learn and collaborate with people across different areas of the company presents itself, take it!

2. Ambisius dalam membuat tujuan

We all have goals. Nah, kadang kita membuat goal yang kita tahu mudah untuk diraih. Karena ketika kita bisa meraihnya, kita merasa puas. Ye jelas aja karena kita men-setting goal terlalu mudah. Cobalah buat goal yang semakin sulit setiap satu goal kalian tercapai, karena ini akan membangun rasa percaya diri kalian. Goal yang akan memaksa kamu melakukan sesuatu hal yang belum pernah kalian lakukan sebelumnya. Karena ini akan membuat atasan kalian melihat kalian sebagai pribadi yang ambisius namun kompeten. The higher you set your sights, the more you will grow and the higher you will go.

3. Belajar mendengar,mendengar dan mendengar

Terlalu banyak orang yang maunya didengar dan lupa menjadi pendengar yang baik. Padahal dari mendengar kita bisa mendapat banyak hal. Mendapat informasi, mendapat kritikan membangun, mendapat masukan yang berguna untuk pekerjaan kita.

4. Tata krama masih dibutuhkan nak

Jadilah orang yang selalu menyebut nama ketika berkenalan, jadilah orang yang respek terhadap orang yang lebih tua apa pun posisi mereka, jadilah orang yang tidak segan mengatakan tolong, terima kasih dan maaf. Jadilah orang yang ikut andil dalam menjaga kebersihan di tempat kerja. Jadilah orang yang bisa menyampaikan ide atau melakukan perdebatan dengan cara yang baik.

5. Selalu jaga hubungan baik demi networking

Tidak semua orang di tempat kerja akan menjadi teman dalam kehidupan sehari-hari. Nggak jarang ada orang yang memang memisahkan antara rekan kerja dan teman. Tapi bukan berarti kalian jadi acuh dengan orang sekitar. Kalian nggak pernah tahu kesempatan apa yang akan kamu peroleh melalui hubungan baik yang kamu bina. Bagaimana kalau membuat target sederhana: Meet one new person a month (or week!) and learn about their position.

6. Pertahankan pemikiran positif

Bisa saja kalian bekerja di tengah-tengah orang yang selalu berpikir positif (bersyukurlah jika ini terjadi)! Tapi tidak menutup kemungkinan kalau kalian akan bertemu dengan mereka yang kerap berpikir negatif, dan hobi mengeluh! Jangan jadi orang yang masuk ke dalam golongan kedua. Jika ada masalah atau tidak puas dengan perusahaan, cari akar masalahnya dan cari solusinya. Dengan demikian kalian menjadi bagian dari mereka yang mencari solusi.

Dan semoga, kalian bisa mendapat pekerjaan yang kalian suka dan memberikan kalian kehidupan yang bahagia secara emosi dan finansial.

Psssttt, maaf ya kak, mama memakai foto kamu waktu kita sedang road trip ke Jawa Timur dan kamu numpan duduk di meja penjaga toilet umum, hehehe.


Post Comment