Cek Tumbuh Kembang Anak Pakai KPSP Yuk!

Mommies, pernahkah galau karena tumbuh kembang anak? Apalagi kalau melihat anak seumurannya yang terlihat “lebih pintar” ya.

Saya pernah banget! Waktu itu umur Xylo baru jelang 3 tahun dan dibanding anak seumurannya ia seperti tertinggal. Sahabat saya kemudian menyarankan untuk cek dulu milestone dengan KPSP sebelum memutuskan ke dokter tumbuh kembang.

Apa itu KPSP?

KPSP adalah Kuesioner Pra Skrining Perkembangan. Bentuknya kuis yang bisa diisi sendiri di rumah. Asal isi dengan jujur ya jangan halu ahahahaha.

baby-girl

Contoh pertanyaan KPSP untuk bayi berusia 3 bulan dilansir dari tumbuhkembang.info di antaranya adalah:

Pada waktu bayi telentang, apakah masing-masing lengan dan tungkai bergerak dengan mudah? YA/TIDAK



Pada waktu bayi telentang apakah ia melihat dan menatap wajah anda? YA/TIDAK



Apakah bayi dapat mengeluarkan suara-suara lain (ngoceh), disamping menangis? YA/TIDAK



Pada waktu bayi telentang, apakah ia dapat mengikuti gerakan anda dengan menggerakkan kepalanya dari kanan/kiri ke tengah? YA/TIDAK



Total pertanyaan hanya 10 dan perkembangan anak bisa dikatakan sesuai dengan umurnya ketika jawaban YA terjawab di 9-10 pertanyaan. Bila YA hanya 7-8 maka perkembangan anak meragukan, bila YA hanya 6 atau kurang maka kemungkinan ada penyimpangan.

Jadi jika meragukan atau ada penyimpangan, barulah mommies bisa datang ke dokter tumbuh kembang untuk konsultasi lebih lanjut.

Saat itu ketika diperiksa lewat KPSP, Xylo masih sesuai sehingga saya menunda kunjungan ke dokter tumbuh kembang. Jadi memang tidak bisa membandingkan anak dengan anak lain meski seusia karena kadang yang kita bandingkan bukan milestone.

KPSP sendiri menyediakan pertanyaan dari usia 3 bulan hingga 72 bulan. Dan ini semua harus distimulasi ya. Jadi ada list stimulasinya juga untuk masing-masing kategori umur.

Selain dari tumbuhkembang.info, mommies bisa juga cek di website lain seperti pathways.org. Di sana ada milestone yang bisa jadi acuan untuk menentukan apakah bayi sudah tumbuh dan berkembang sesuai usianya.

Jadi tidak perlu khawatir berlebihan ya! Tapi ingat juga untuk selalu cek agar jika memang ada yang tertinggal, bisa dikejar segera. Semangat moms!


Post Comment