banner-detik
WORK & CAREER

Kenapa Saya Tidak Berminat Jadi PNS

author

annisast28 Jun 2022

Kenapa Saya Tidak Berminat Jadi PNS

Dua minggu terakhir, banyak DM masuk bertanya pada saya: apakah saya daftar untuk tes CPNS? Agak terkejut karena bahkan saya baru tahu sedang dibuka pendaftaran CPNS dari DM-DM tersebut hahaha.

Saya jawab tidak, saya tidak berminat sama sekali jadi PNS. Alasannya akan saya beberkan di sini karena kalau di Insta Stories akan terlalu panjang.

Saya bukannya tak pernah mencoba lho! Saya pernah mencoba tes CPNS karena dulu baru lulus kuliah, masih tinggal di rumah, belum punya penghasilan sendiri. Jadi ketika ibu saya meminta agar daftar saja CPNS siapa tahu diterima, ya saya nggak punya pilihan lain. Lha kondisinya memang nganggur kok.

Saya pun bergerilya meyelesaikan semua persyaratan. Dari surat kelakuan baik hingga kartu kuning dari dinas tenaga kerja. Capek banget lho itu prosesnya. Tapi mungkin karena setengah hati, saya bahkan tidak terpanggil untuk tes. Ketika saya cek ulang, ada form yang memang tertinggal.

ibu-bekerja

Singkat cerita saya kemudian bekerja di media online hingga kini, hampir 9 tahun kemudian. Semakin lama saya bekerja di sektor swasta, semakin juga saya tidak tertarik jadi PNS.

Ayah saya PNS, beliau sudah 30 tahun jadi dosen. Ini jadi alasan pertama saya kenapa saya tidak mau jadi PNS. Sesederhana karena saya tidak terbayang ada di sebuah sektor yang sama seumur hidup. Pasti akan sangat bosan.

Oh iya, tentu ada pilihan resign juga, saya kenal beberapa orang yang resign dari status PNS karena bosan. Tapi ya kalau gitu untuk apa jadi PNS ya? Bukannya salah satu alasan orang jadi PNS untuk stabilitas pekerjaan hingga pensiun kan? Selain karena permintaan orangtua dan calon mertua tentunya ahahaha.

Bener lho. Banyak teman saya yang jadi PNS hanya karena tuntutan orangtua atau suami. Atau yang diultimatum oleh orangtuanya, tidak boleh menikah sebelum jadi PNS. Jadi PNS tandanya bikin tenang orangtua dan suami. :')

Di industri saya sekarang, ya sama saya juga bisa bosan. Tapi saya bisa memilih media sesuai kesukaan pribadi. Dulu saat baru lulus kuliah, saya tergila-gila pada KPop kemudian saya bekerja di media online dan mengerjakan desk KPop.

Kemudian saya sedang senang main social media dan tertarik pada digital marketing, ya saya pindah posisi kerja ke digital marketing. Saat ini, saya sedang senang sekali dunia parenting, saya pun mencari media parenting untuk menyalurkan minat saya.

Kerja di swasta lebih bebas untuk orang yang senang hal baru seperti saya.

Alasan berikutnya adalah saya cringey sendiri setiap mendengar alasan orang ingin jadi PNS adalah “cocok untuk ibu-ibu kerjanya santai” atau “gajinya kecil tapi tunjangannya lumayan, sering dapat bonus juga”.

Ah, mendengar kedua alasan itu saya semakin tidak mau jadi PNS hahahahaha. Ya semua orang juga mau ya kerja fleksibel tapi kalau yang diurus negara masa niatnya untuk kerja santai? Apa bukannya justru yang mengurusi negara yang kerjanya lebih keras?

Apalagi saya pernah membaca wawancara Vice dengan Pengamat Reformasi Birokrasi Indonesia dan Direktur Study for Indonesia Government Indepth (SIGI) Medrial Alamsyah, menurut Medrial jika jumlah PNS dikurangi separuh saja, tidak akan ada dampak berarti.

Artinya sisa PNS akan bekerja 2 kali lipat lebih keras TAPI anggaran negara bisa dihemat. Wow, mindblowing!

Karena ya ada salah satu orangtua di daycare Xylo dulu yang ibunya PNS, dia keluar kantor jam 3 jadi setengah 4 sudah bisa jemput anak di daycare. Saya jadi mikir kalau saja dia kerja sampai jam 5 maksimal seperti pekerja swasta, maka harusnya ada sepertiga orang di timnya yang bisa dipecat karena ya pekerjaan selesai dengan lebih sedikit orang tapi jam kerja lebih panjang.

Ada lagi teman saya yang lain. Job desc-nya adalah membuat presentasi dan berbagai proposal. Itu job desc, jadi dia digaji oleh negara untuk itu kan. Kenyataannya, setiap satu proposal atau presentasi selesai, bosnya memberi amplop isinya dari ratusan ribu hingga satu juta. Itu katanya uang terima kasih telah membuatkan proposal. Lho? Itu kan memang job desc-nya, jadi uang itu uang apa? :)))))

Eh udah ada yang tersinggung belum?

Maaf ya saya tidak bermaksud menyinggung atau generalisir. Ini kan dari cerita dan pengalaman saya pribadi. Pasti ada kan PNS yang memang bekerja keras tanpa bonus ini dan itu. Tergantung penempatannya juga kan pasti.

Satu lagi, membangun negeri bisa kok tanpa jadi PNS. Pak Jokowi dan Kang Ridwan Kamil tidak meniti karier jadi PNS dulu tau-tau jadi presiden dan gubernur ahahaha.

Kalau kalian gimana? Masih berminat jadi PNS?

Share Article

author

annisast

Ibu satu anak, Xylo (6 tahun) yang hobi menulis sejak SD. Working full time to keep her sanity.


COMMENTS