Ma, Apa Itu Tsunami?

Pemberitaan seputar Tsunami yang terjadi di Palu, untuk anak yang sudah beranjak besar, pasti menimbulkan beragam pertanyaan. Simpan informasi berikut ini, sebagai bahan mommies menjawab pertanyaan-pertanyaan si kecil.

Tsunami menerjang Palu, pada 28 September 2018, tepatnya pukul 17.02, seperti yang dilansir oleh tempo.com.  Didahului gempat berkekuatan 7,4 SR berpusat di Donggala. Hingga saya menulis artikel ini, bencana alam tersebut telah menelan korba jiwa, tak kurang dari 832 orang.

Ma, Apa Itu Tsunami? - Mommies DailyImage: Tim Marshall on Unsplash

Berbagai media cetak dan online, silih berganti memberitakan momen kelam di akhir tahun 2018 tersebut. Siapa saja bias terpapar pemberitaan yang diulik dari berbagai angle, termasuk buah hati kita di rumah. Mungkin dia tak menonton langsung, tapi obrolan dengan teman-teman di sekolah, tempat les dan sebagainya, sangat mungkin mengangkat tema ini.

Baca juga: Mempersiapkan Anak Menghadapi Bencana Alam

Barangkali si kecil membawa diskusi dengan teman-teman ke rumah, mudah-mudahan jawaban di bawah ini bias membantu mommies, menjelaskan informasi seputar tsunami dengan tata Bahasa yang mudah dimengerti anak.

Ma, Apa Itu Tsunami? - Mommies DailyImage: Joseph Rosales on Unsplash

Ma tsunami apa?

Tsunami adalah gelombang laut dahsyat. Maksudnya seperti ombak besar kak, tapi bergeraknya cepat banget, terus tingginya bisa setinggi pohon kelapa, yang kamu suka lihat di pantai. Nah, ini bisa terjadi Karena ada gempa bumi atau letusan gunung merapi yang terjadinya di dasar laut. Karena di bawah laut ada goncangan hebat, jadi deh airnya tumpah sampai ke atas, berupa gelombang dahsyat tadi.

(Sumber: KBBI online)

Tanda-tandanya apa ma?

Ada beberapa kak…

1.Air di pantai biasanya akan surut secara tiba-tiba. Inget nggak kalau kamu lagi main di pantai, air lautnya suka nyamperin kamu?. Nah, kalau lagi mau dating tsunami, air pantainya menjauh kak.

2.Ada suara gemuruh dari jauuuuh sekali. Seperti suara ombak besar dan keras.

3.Sebelumnya ada gempa bumi besar kak. Kalau gempa buminya besar, bisa bikin kakak goyang-goyang, terus bangunan seperti rumah dan gedung bisa rubuh.

4.Tiba-tiba ada hewan lain yang datang

Biasanya berupa burung, mereka pindah dari pulau yang kecil pergi ke tengah lautan.

(Sumber: berbagai sumber)

Baca juga: 10 Emergency Tips untuk Keluarga Jika Terjadi Bencana

Aku harus ngapain kalau terjadi tsunami?

1.Kalau kamu lagi di dekat pantai, dan lihat gelombang tinggi dan cepat, lari secepat mungkin menjauhi pantai. Ajak mama papa lari ke tempat yang lebih tinggi. Bukit misalnya.

2.Pas lari menyelamatkan diri, jangan pikirin barang-barang berharga kakak ya. Misalnya mainan, peralatan sekolah, gadget dan lain-lain. Pokoknya harus ada di tempat yang aman dulu.

3.Sabar menunggu, sampai ada orang-orang baik yang menolong kita.

(Sumber: berbagai sumber)

Baca juga: Daftar Nomor Telepon Penting yang Perlu Diketahui


Post Comment