Ketika Terjadi Bencana Alam Saat Sedang Traveling, Harus Bagaimana?

Kabar dari Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah menyisakan duka mendalam. Sampai siang tadi, korban tewas masih terus bertambah hingga 844 orang dan 632 lainnya luka berat.

Di antara para korban, ada rombongan atlet paralayang yang baru saja selesai mengikuti perlombaan Paralayang Palu Nomoni. Saya jadi berpikir, apa yang harus dilakukan ketika kita sedang traveling atau berjalan-jalan di luar kota/negeri dan kemudian terjadi bencana alam?

Dihimpun dari berbagai sumber. Ini yang harus dilakukan sebelum bepergian, saat bencana terjadi, dan sesudah bencana alam.

(Ilustrasi Gempa)
(Ilustrasi Gempa)

Sebelum bepergian

Rencanakan tempat yang dituju sedetail mungkin. Kemudian cari tahu juga bencana alam yang mungkin terjadi di area tujuan. Beberapa area lebih rawan gempa dan tsunami dibanding area lain, ada pula area yang rawan badai atau tornado. Kemudian cari tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana sesuai daerah rawan.

Setelah ada itinerary lengkap, share itinerary itu pada teman atau keluarga. Fungsinya agar ada orang-orang di luar area liburan yang tahu perkiraan lokasi kita. Sehingga jika sesuatu yang buruk terjadi, mereka bisa memperkirakan harus mencari di area mana.

Setelah itu cek asuransi yang kita miliki. Apakah mengcover di area tujuan? Jika tidak, pertimbangkan untuk memberi asuransi travel.

Saat packing, gabungkan surat-surat berharga bersama obat-obatan, kabel data dan power bank, plus botol minum jika memungkinkan dalam satu pouch. Jika terjadi sesuatu, ambil pouch ini dan cari tempat yang aman.

Jangan lupa untuk menulis di kertas nomor telepon penting serta alamat kedutaan (jika tujuan di luar negeri). Amannya, selalu punya scan identitas yang disimpan di cloud. Bisa di Google Drive atau email.

Ketika bencana terjadi

Semua orang pasti panik dan itu wajar. Namun dalam situasi genting, usahakan agar tetap kalem. Panik bisa membuat tenaga habis, lebih baik alokasikan tenaga untuk mencari tempat yang aman. Jika kebetulan membawa makanan, jangan dimakan sekaligus untuk berjaga jika bantuan datang lebih lama.

Jika sedang di hotel dan kebetulan hotelnya aman, maka diam dulu di hotel sampai bisa menghubungi keluarga. Kalau tidak sedang di hotel, cari tempat perlindungan terdekat yang aman.

Setelah bencana

Hubungi keluarga untuk mengabarkan kondisi. Jika kebetulan mommies bepergian ke luar negeri, usahakan untuk menghubungi kedutaan setempat secepat mungkin. Kemudian cari tahu cara untuk pulang ke daerah asal.

*

Our heart goes to the people of Palu and Donggala.


Post Comment