Bawa Anak Nonton Pertandingan Sepak Bola? Siapkan Ini Dulu!

Berita duka yang kerap menghampiri dunia sepak bola Indonesia tentu membuat resah. Namun karena anak-anak saya pecinta bola, saya menyiasatinya dengan membekali mereka pengetahuan saat menonton bola.

Kasus pengeroyokan yang berujung kematian dari salah satu supporter pada pertandingan Persib VS Persija beberapa hari lalu, tentu menyisakan kesedihan, bukan cuma untuk keluarga, tapi kita semua pecinta olahraga. Niat hati ingin mendukung klub kebanggaan, namun akibat fanatisme buta , malah jadi petaka. Lalu, apakah kita lantas nggak bisa nonton pertandingan sepak bola? Jangankan ngajak anak nonton bola, mau nonton sendiri saja mikirnya 1000 kali.

Ketika kasusnya kayak saya, yang kedua anak memang senang bola, nggak mungkin saya melarang mereka, maka saya mencari tahu apa yang perlu disiapkan oleh kita sebagai orangtua ketika membawa anak menonton pertandingan sepak bola?

Uus Rusamsi, Producer News & Sport Division ANTV, yang dulu juga sempat menjadi tim produksi pelaksana siaran langsung Liga Indonesia berbagi tipsnya.

Bawa Anak Nonton Pertandingan Sepak Bola? Siapkan Ini Dulu! - Mommies Daily

Pesan tiket online

Beberapa tahun belakangan, tiket sudah bisa dibeli via online melalui website klub sepakbola yang bertanding. Jadi, Anda bisa membelinya jauh-jauh hari, untuk nanti ditukarkan di venue.

Pemilihan bangku yang pas

Bicara aman dan nyaman tentunya di boks VIP atau kelas I. Kebanyakan pertandingan sepakbola terutama di Indonesia, dimulai pada sore hari. Posisi boks VIP selalu ada di sisi sebelah barat. Jadi kalo Anda dan anak nonton, akan terlindungi dari terik sinar matahari sore dan nontonnya lebih nyaman karena nggak silau.

Selain itu, boks VIP dan kelas satu lebih aman dari risiko gesekan sesama kelompok supporter. Umumnya, panitia menempatkan kelompok-kelompok supporter tim yang bermain, di sisi timur, utara atau selatan. Paling tidak, lemparan botol air mineral berisi urine nggak sampai ke boks VIP.

Sebelum berangkat makan dulu

Sebab ketersediaan makanan yang proper, sangat jarang di area stadion. Kecuali kalau memang orangtua mengizinkan anak jajan apa yang ada di situ. Jangan lupa bawa bekal camilan dan minuman. Setidaknya kalau anak ingin BAK/BAB akibat kebanyakan ngemil dan minum, toilet di boks VIP lebih nyaman.

Jam kedatangan

Biar masuk ke stadion nyaman tidak berdesak-desakan dengan kelompok supporter lain, usahakan sudah ada di area stadion 2 jam sebelum pertandingan dimulai. Biasanya pintu stadion sudah dibuka 2 jam sebelum kickoff.

Bawa Anak Nonton Pertandingan Sepak Bola? Siapkan Ini Dulu! - Mommies Daily

Kalau di dalam stadion rusuh

Usahakan untuk stay saja di boks VIP. Cari perlindungan yang bisa menutupi tubuh dari lemparan botol, di bawah kursi misalnya, dan usahakan menjauh dari kerusuhan. Kalau sampai polisi menembakkan gas air mata, cepat tutup hidung dengan saputangan/kain yang sudah dibasahi air. Jika terkena mata, minta anak tidak menggosok matanya. Langsung cuci muka dengan air (mineral). Tunggu sampai situasi kondusif baru Anda dan anak boleh keluar stadion.

Kalau rusuh di luar stadion

Usahakan keluar dan masuk stadion, tidak berbarengan dengan kelompok supporter. Kalau terlanjur terjebak di tengah perseteruan, sebisa mungkin menjauhi TKP. Cari perlindungan ke pihak berwajib, atau berlindung di rumah warga sekitar.

Penting!

Sebelum nonton pertandingan sepakbola, ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu kelompok supporter klub mana yang paling sering bergesekan. Contohnya saja, Persib VS Persija, Persebaya VS Arema, PSIM VS PSS Sleman, atau Persitara VS Persija. Jadi kalau nonton pertandingan klub-klub tersebut, perlu ekstra waspada.


Post Comment