5 Tipe Rekan Kerja yang Mendukung Karier Kita

Ternyata tahap seleksi dengan siapa mommies intens tukar pikiran di kantor, juga turut menjadi penentu kondusif tidaknya perjalanan karier.

5 Tipe Rekan Kerja yang Mendukung Karier Kita - Mommies DailyImage: by rawpixel on Unsplash

Dalam bekerja tak jarang kita melibatkan aneka perangkat canggih, mulai dari laptop, hingga smartphone. Namun pada banyak kasus,  kita masih membutuhkan dukungan dari sesama rekan kerja. Lingkungan tempat bekerja kita ibaratkan sebuah keluarga yang memiliki tujuan sama untuk bisa memajukan perusahaan. Untuk mengembangkan karier pribadi, mommies membutuhkan sistem pendukung yang kuat. Fokus pada pengembangan hubungan dengan rekan kerja yang mumpuni, akan memperlancar perjalanan karier. Untuk itu mommies perlu memilih orang-orang yang tepat yang ada dalam inner circle di kantor, siapa mereka? yang dapat membuat lingkungan kerja menjadi lebih kondusif.

1.Si Juara

Menjalin hubungan dengan rekan kerja yang kompeten akan membantu mommies dalam bekerja dengan lebih baik. Mereka dapat bekerja dengan cepat dan menentukan tempo pekerjaan yang dapat ditiru orang lain. Mereka mengambil inisiatif, memberikan saran dan menjadi orang yang menyelesaikan berbagai tantangan dalam pekerjaan. Berteman dengan rekan kerja seperti ini membuat Mommies juga akan termotivasi untuk ikut menangani tugas baru yang lebih sulit dan meraih yang terbaik.

2.Sang Innovator

Rekan kerja yang kreatif dan kaya akan ide biasanya mempunyai ide-ide segar dan pemikiran baru. Mereka senang belajar hal-hal baru untuk menghasilkan kinerja melalui cara kerja yang out of the box. Biasanya rekan kerja seperti ini dapat melihat dari sudut pandang yang beragam dan muncul dengan solusi yang variatif. Mereka mengambil inisiatif dan mengajukan cara kerja yang berbeda dengan rekan kerja yang lain. Bergaul dengan rekan kerja seperti ini akan mendukung Mommies untuk ikut berpikir baru, berbeda dan secara proaktif mendorong ide-ide yang inovatif.

3.Sumber Informasi

Rekan kerja dengan tipikal seperti ini biasanya update dengan topik yang saat ini tengah hangat dibicarakan. Mereka mengetahui perkembangan perusahaan dan memahami politik perusahaan. Namun perlu Mommies cek bahwa berita yang dimiliki rekan kerja mommies ini memang akurat. Selain dapat memperoleh informasi ter-update, mommies juga akan memperoleh wawasan baru dan juga isu-isu yang akurat.

4.Ratu Gaul

Rekan kerja yang pintar berbicara dan bergaul, biasanya memiliki networking yang luas dan dapat membantu mommies dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan. Mereka dapat membantu berkembangnya karier karena mommies juga dapat mempelajari cara mereka dalam berinteraksi dan berkoordinasi dengan berbagai pihak. Hal ini tentunya dapat mengasah keterampilan interpersonal mommies di tempat kerja dan membuka banyak peluang dari segala jaringan yang mereka miliki.

5.Si Mentor

Di kantor atau organisasi, tak ada salahnya sering tukar pikiran dengan orang-orang tertentu yang memberi kita inspirasi. Misalnya atasan langsung kita, tokoh top management maupun orang yang sudah lebih dulu meraih kesuksesan seperti yang mommies inginkan. Untuk itu Mommies dapat mencari kesempatan untuk berdiskusi dengan mereka serta meminta masukan. Nggak harus dalam  pertemuan formal kok, malah lebih mengalir ketika perbincangan terjadi dalam suasana santai, kan?

 *Artikel ini ditulis oleh Tim EXPERD


Post Comment