Tips Melunasi Utang Kartu Kredit

Kartu kredit seringkali dipergunakan untuk memudahkan proses pembayaran. Apalagi dengan beberapa fasilitas tambahan seperti tawaran diskon dan bunga 0%, membuat pengguna menjadi lebih konsumtif dan lupa untuk memilah antara kebutuhan dan keinginan.

melunasi utang kartu kredit
Namun, jika saldo utang mulai terbentuk lalu bagaimana cara melunasi utang kartu kredit? Agar tidak terjebak lebih lanjut.

Berikut ini adalah tips agar Mommies bisa melunasi utang kartu kredit.

Membuat daftar kewajiban utang

Buatlah terlebih dahulu daftar kewajiban yang Mommies miliki. Dengan demikian, Mommies bisa menentukan utang kartu kredit mana yang sebaiknya dilunasi terlebih dahulu. Perhatikan kartu kredit yang membebankan beban bunga paling besar.

Pilih strategi pelunasan kartu kredit

Idealnya, mommies melunasi terlebih dahulu utang yang memiliki bunga terbesar, baru kemudian melunasi sisa utang lainnya satu per satu secara perlahan. Namun, apabila daftar utang sudah lebih dari 3 kartu kredit, maka lebih baik pembayaran difokuskan untuk saldo yang terkecil sehingga satu atau dua daftar langsung terhapus.

Negosiasi dengan bank pemberi kartu kredit

Ketika sudah merasa berat untuk membayar tagihan, Mommies bisa melakukan negosiasi dan permohonan keringanan dengan bank pemberi kartu kredit. Bank pemberi kartu kredit bisa memberikan pilihan pelunasan utang yang bisa dinegosiasikan dengan Mommies. Salah satu program yang tepat adalah penghentian hitungan bunga dengan syarat jadwal pembayaran ditepati dan kartu kredit tidak lagi digunakan.

Menjual aset yang belum mampu dimiliki

Apabila jumlah tagihan sudah melebihi penghasilan, artinya sMommies tidak mampu membeli barang-barang yang dibeli dengan kartu kredit tersebut. Apalagi kalau Mommies hanya bisa membayar cicilan minimalnya. Saran terbaik adalah menjual barang-barang konsumtif yang dibeli dan mempergunakan dananya untuk pelunasan.

Cari tambahan arus kas yang bisa membantu Mommies untuk melunasi lebih cepat

Tidak ada salahnya memiliki pekerjaan tambahan sebagai usaha Mommies untuk membantu mempercepat pelunasan. Namun, jangan memilih pekerjaan tambahan yang membutuhkan modal, karena Mommies bisa terjebak kembali dalam bisnis yang macet.

Salah satu kesalahan yang seringkali dibuat adalah mempergunakan kembali kartu kredit yang sebenarnya belum lunas untuk keperluan harian. Hal ini sama saja dengan menambah masalah baru. Langkah terakhir melunasi utang kartu kredit adalah tutup dan gunting kartu kredit yang dimiliki agar Mommies tidak tergoda untuk memakainya kembali.

Live a beautiful life!


Post Comment