6 Fakta Menarik tentang Jonatan Christie

Siapa yang masih terpesona dengan Jonatan Christie sampai sekarang? Sukses meraih emas di Asian Games, Jojo jadi punya banyak fans apalagi dengan aksi buka baju yang bikin para kaum hawa tergila-gila.

Followers Instagram atlet kelahiran 15 September 1997 yang sebelumnya berkisar di angka 200ribuan ini pun melonjak jadi 1,7juta. Ngefans pada Jojo? Simak 6 fakta tentang Jojo ini ya!

jonatan-christie-3

Kenal bulutangkis sejak kecil

Jojo sudah kenal bulutangkis sejak usia 6 tahun karena dikenalkan oleh ayahnya. Ia juga suka olahraga lain seperti basket dan sepak bola namun ayahnya ngotot, Jojo harus fokus pada bulutangkis.

Mungkin sang ayah juga melihat potensi Jojo karena pada usia yang baru 11 tahun, Jojo sudah menang 7 kali di tingkat provinsi, nasional, bahkan internasional.

Ia meraih medali emas di Olimpiade Pelajar Sekolah Dasar se-Asia Tenggara di tahun 2008. Di tahun 2009, Jojo pun mendapat penghargaan Satya Lencana dari Presiden SBY karena telah membawa nama Indonesia ke dunia internasional.

Tak tinggal serumah dengan mama

Sejak kecil, Jojo dan ayah tinggal di rumah nenek karena lebih dekat dengan tempat latihan. Ia latihan di klub PB Tangkas Intiland dan hanya bisa bertemu mama di akhir pekan.

“Papa saya tidak percaya kalau saya tinggal di asrama. Jadi, saya dan papa pulang ke rumah setiap Sabtu dan Minggu. Sama-sama tinggal di Jakarta, tapi cuma bisa ketemu Sabtu dan Minggu, sampai sekarang pun begitu. Papa dari kecil sering sama-sama saya, sering ikut latihan ke pelatnas, kasih masukan,” ungkap Jojo pada Tempo.

Bagi Jojo, nenek dan keluarga adalah supporter terbesarnya. Ia mengaku tubuhnya bisa lebih besar dari anak-anak seusianya (kini tingginya 180 cm) karena salah satu om yang tinggal di Amerika rajin mengirimi uang untuk membeli makanan, daging, susu, suplemen, apapun agar Jojo bisa maksimal menjadi atlet. Terharu ya!

Dilarang punya pacar

Bukan oleh orangtua tapi oleh Kepala Pelatih Tunggal Putra PBSI Hendry Saputra. Namun Jojo mengaku sedang dekat dengan seseorang yang dirahasiakan.

Dari penelusuran saya, Jojo rupanya akrab dengan sesama atlet bulutangkis Gregoria Mariska Tunjung. Mereka sering sekali terlihat bersama. Apa kriteria pacar bagi penyuka Kendall Jenner dan Robert Downey Jr itu?

“Seagama, pintar dan dewasa,” ujar Jojo.

jonatan-christie-2

Suka menyimpan komentar negatif

Sepanjang Asian Games kemarin, komentar negatif yang bahkan sangat keterlaluan banyak diterima atlet yang tak berhasil meraih emas. Bagi Jojo, komentar negatif itu justru menjadi salah satu pemacu untuk latihan lebih keras.

Ia bahkan punya satu folder khusus berisi screenshot komentar negatif lengkap dengan tanggal postingnya. Kebiasaan ini sudah ia mulai sejak tahun 2015.

“Suatu hari nanti kalau pensiun akan saya bingkai dan pajang di rumah. Mungkin suatu hari nanti akan saya perlihatkan kepada anak saya, bahwa kata-kata yang menyakitkan bisa membuat kita jadi orang yang lebih kuat dari sebelumnya,” jelas Jojo pada Tempo.

Pernah main film dan punya akun YouTube

Bersama Kevin Sanjaya, Jojo juga main di film “King” (2009) yang didedikasikan oleh legenda bulutangkis Liem Swie King. Jojo bermain menjadi Arya, pebulutangkis cilik di film karya Ari Sihasale ini.

Selain itu, Jojo sempat aktif di YouTube lho! Sepanjang 2017 ia rutin mengunggah vlog dan cover song di akun YouTube pribadinya. Memasuki 2018, tak ada video baru yang ia upload namun kini di setiap video lamanya itu ramai kembali komentar fans yang baru mulai mengikuti Jojo pasca Asian Games.

jonatan-christie

Suka sepakbola

Berprestasi di bidang bulutangkis bukan berarti menutup mata pada cabang olahraga lain. Jojo sampai sekarang menyukai sepakbola dan klub Liverpool.

Cita-citanya sederhana, ingin liburan ke Inggris tanpa harus memikirkan pertandingan. Karena ia sudah pernah ke Inggris saat All England namun tak bisa jalan-jalan sama sekali karena harus fokus pada All England.

“Mudah-mudahan suatu hari nanti saya bisa liburan ke Inggris. Tapi bukan di saat pertandingan, karena pasti ada beban pikiran bertanding dan jaga kondisi,” harap Jojo.


Post Comment