Agar Payudara Tak (Terlalu) Kendur Pasca Menyusui

Saat menyusui, payudara saya yang ukuran normalnya so-so, mendadak jadi satu cup lebih besar. Berhenti menyusui, ukurannya kembali susut ahahaha.

Beruntung bagi saya yang ukuran awal payudaranya tidak terlalu besar, saat kembali menyusut payudara jadinya tidak terlalu kendor. Namun bagi teman-teman saya yang ukuran awal payudaranya sudah relatif besar, saat berhenti menyusui biasanya payudara jadi terlihat kendur.

payudara kencang

Hal itu sebenarnya wajar saja. Saat menyusui, payudara terisi penuh dan padat oleh aliran ASI sehingga ukurannya jadi membesar dan permukaan kulit pun ikut “melar”. Saat ASI sudah tak mengisi, ukuran menyusut namun permukaan kulit tak kembali seperti semula jadi ya terlihat kendur.

Mommies bisa ikuti beberapa cara ini agar payudara tak terlalu terlihat kendur.

Mandi air dingin

Mandi dengan air dingin bisa memperlancar aliran darah yang mengencangkan payudara! Sebabnya air dingin melancarkan sirkulasi darah dan mengencangkan kulit dibanding air hangat.

Masker dan makanan sehat

Ada beberapa masker yang dipercaya bisa mengencangkan payudara seperti masker beras yang dicampur air mawar atau timun parut yang dicampur dengan kuning telur. Lakukan secara rutin agar terlihat hasilnya.

Makan pepaya muda yang masih mengkal pun bisa berpengaruh pada kekencangan payudara lho! Karena pepaya muda punya enzim yang baik untuk payudara karena memperlancar aliran ASI dan mengencangkan payudara.

Hindari pula makanan berlemak dan perbanyak sayur dan buah.

Gunakan bra yang tepat

Bra yang tepat tentu berpengaruh pada bentuk payudara. Saat menyusui, gunakan bra menyusui yang bisa menyangga ukuran payudara kita yang membesar. Selesai menyusui, gunakan bra yang bisa menyangga dengan ukuran yang tepat. Push up bra juga bisa jadi pilihan.

Olahraga

Olahraga tentu yang paling berpengaruh agar payudara jadi kembali kencang. Push up dan berenang bisa membantu aliran darah lebih lancar dan otot tubuh bagian atas mengencang.


Post Comment