Tujuh Bubur Nusantara yang Mommies Wajib Coba

Oleh: Febria Silaen

Salah satu cara untuk mengisi dan mengapresiasi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah menikmati kuliner khas Nusantara. Di antaranya tujuh bubur yang dijamin bikin mommies makin cinta Indonesia.

Banyak cara merayakan Kemerdekaan RI. Mencicipi berbagai hidangan khas nusantara, dan membagikan ceritanya kepada teman-teman, juga bisa jadi bagian cara kita mencintai memeriahkan HUT RI ke-73.

Tujuh Bubur Nusantara yang Mommies Wajib Coba - Mommies DailyImage: Mahligai ( Andri Cipta Utomo)

Apalagi buat mommies yang doyan eksplorasi lewat masakan Indonesia. Coba deh cari atau kalau ada niat yang kuat, masak sendiri bubur khas Nusantara di bawah ini. Siapa tahu, bikin akhir pekan bersama keluarga di rumah lebih seru.

1.Bubur ayam Cirebon

Bubur ayam adalah bubur yang paling sering dijumpai. Dan menjadi pilihan sarapan pagi yang cukup praktis.

Dari sekian banyak ragam bubur ayam yang ada, salah satu bubur ayam yang menjadi rekomdasi adalah bubur ayam Cirebon

Sekilas, bubur ayam ini tidak jauh berbeda dari bubur ayam lain. Tapi kalau dicermati, bubur ayam Cirebon lebih banyak isian. Mulai dari kerupuk, emping, suwiran ayam, bawang goreng, seledri. Bahkan ada juga yang menambahkan cakwe.

Bubur ayam Cirebon khas dengan penambahan kaldu ayam. Nah, kaldu ayam nan gurih berpadu dengan berbagai macam isian yang disebut di atas membuat semangkuk bubur ayam Cirebon ini bakal habis sendirian.

2.Bubur Manado

Siapa sih yang tidak kenal dengan bubur Manado? Bubur yang disebut juga dengan nama bubur tinutuan ini merupakan bubur khas Manado, Sulawesi Utara.

Bubur Manado itu masuk dalam kategori bubur sehat dan cocok buat mommies yang sedang diet atau mencoba menjadi vegetarian. Bubur Manado terbuat dari nasi yang dimasak dengan berbagai sayuran seperti jagung, ubi jalar, labu kuning, kangkung, bayam, dan kemangi, rasa bubur.

Nah, buat menambah rasa, biasanya bubur Manado juga disajikan dengan suwiran ikan tuna, ikan jambal, dan sambal rica-rica.

Bubur Manado ini tidak hanya disantap saat sarapan. Rasa gurih yang berpadu dengan lembutnya bubur Manado membuatnya cocok disantap untuk makan siang atau pun makan malam. Saran saya sebaiknya dalam kondisi panas ya, biar lebih nikmat.

3.Bubur ase

Masyarakat Betawi memiliki bubur tradisional yang disebut dengan Bubur Ase. Terdiri dari bubur nasi dan siraman semur daging khas Betawi. Sehingga membuat tampilan bubur terlihat lebih gelap dari jenis bubur lainnya. Untuk menambah kelezatannya, Bubur Ase juga dipadukan dengan ikan teri dan asinan sayur khas Betawi.

Uniknya kalau bubur pada umumnya lebih enak dimakan saat panas. Bubur ini disarankan disajikan dalam keadaan dingin. Yummie, rasa gurih bubur dan semur berpadu dengan asinan sayur menghasilkan sensasi menyegarkan saat dinikmati.

4.Bubur Lemu

Kalau mommies pernah ke Solo dan berwisata kuliner pasti juga tidak asing dengan Bubur Lemu. Bubur lemu merupakan jenis bubur yang dapat ditemukan saat berkunjung ke Solo dan Yogyakarta.

Bubur ini terbuat dari campuran bubur nasi, opor ayam telur, dan sambal krecek kenyal, perpaduan rasanya yang manis dan gurih bisa membuat kamu dan keluarga ketagihan.

5.Bubur Manggul

Khas dari Madura, bubur manggul menggunakan kuah udang dan ragam topping lainnya sebagai pelengkap. Kalau mommies suka seafood, dijamin bakal sangat menyukai bubur ini. Bubur manggul terdiri dari bubur yang terbuat dari tepung beras, serundeng gurih, dan siraman sambal udang nan lezat. Tidak heran kalau bubur manggul menjadi menu sarapan orang Madura.

Bubur ini memiliki cita rasa gurih. Selain serundeng dan sambal udang, bubur manggul juga sering ditambah dengan lalapan berupa kemangi sehingga rasanya semakin menyegarkan. Jadi bubur ini selain enak juga kaya akan serat lho.

6.Bubur kanji rumbi

Bubur kanji rumbi asal Aceh merupakan sajian yang identik dengan bulan Ramadan. Tapi tidak ada salahnya kalau mommies membuat bubur ini untuk hidangan di akhir pekan bersama keluarga. Buat anda yang menyukai rempah, makan bubur kanji rumba ini pilihan yang tepat. Sebab, bubur kanji rumbi terbuat dari campuran beras, sayuran, daging, udang, serta aneka rempah khas Aceh.

7.Bubur kampiun

Bubur dengan cita rasa manis ini sudah populer tentunya. Bubur ini merupakan kuliner khas masyarakat Minangkabau. Uniknya,  bubur kampiun terdiri dari beberapa jenis bubur yang dicampur menjadi satu, lho. Ada bubur sumsum, ketan hitam, kacang hijau, kolak pisang atau ubi, dan bubur candil yang menghasilkan rasa dan tekstur yang kaya dalam satu suapan.

Tak hanya disajikan sebagai menu sarapan, bubur kampiun juga cocok untuk kudapan di sore hari bersama keluarga tercinta.

Nah, jadi kira-kira mommies bakal mencicipi bubur nusantara yang mana?


Post Comment