8 Hal Menyenangkan Saat Ibu Bekerja Jauh dari Anak

Mari kita jujur pada diri sendiri, bahwa di saat kita, ibu bekerja dan berada jauh dari anak, ada banyak hal-hal menyenangkan yang bisa kita nikmati.

Kali ini, saya mau menulis mengenai hal-hal sederhana nan remeh temeh namun menyenangkan yang menjadi privilege seorang ibu bekerja ketika berada jauh dari anak. Jauh di sini nggak berarti saya ada di luar negeri dan anak di rumah. Saya berada di kantor dan anak di rumah juga bisa dianggap jauh, kan :D.

Kenapa saya menulis ini? Karena kadang, kita tuch suka terlalu fokus pada sisi penuh perjuangan seorang ibu bekerja, namun lupa, di tengah-tengah itu semua ada kok sebenarnya hal-hal menyenangkan yang pasti kita nikmati banget sementara kita ‘menjauh’ dari si kecil. Seperti beberapa hal berikut ini …

 8 Hal Menyenangkan Saat Ibu Bekerja Jauh dari Anak - Mommies Daily

1. Makan siang tanpa gangguan

Bisa duduk haha hihi bersama teman-teman kantor di pantry full satu jam (bahkan kadang hingga 1,5 jam) tanpa ada teriakan dari si kecil yang minta tolong diambilin barang A, atau minta disuapin makanan, atau minta ditemanin ke kamar mandi. Kita bisa duduk tenang anteng satu jam menikmati setiap suapan yang masuk ke dalam mulut kita.

2. Pergi ke toilet dengan tenang

Mau sekadar buang air kecil atau mau buang air besar berbelas hingga berpuluh menit pun, nggak ada jeritan si kecil yang meminta kita buru-buru keluar, atau nggak ada gedoran di pintu yang memaksa untuk ikut masuk. Mentok-mentok paling ketokan dari rekan kerja yang juga antre ingin menggunakan toilet.

3. Minum kopi sepuasnya di tengah-tengah meeting marathon

Mau itu pesan lewat delivery, minta tolong OB kantor membuatnya atau kita membuatnya sendiri, tapi kita benar-benar bisa menikmati setiap seruput kopi yang kita minum demi mata dan pikiran tetap on di antara back to back meeting.

4. Menikmati jajanan tidak sehat yang susah kita makan di rumah

Kan katanya anak itu melihat contoh, jadi ini semacam buah simalakama kalau kita ingin makan junkfood di rumah. Takutnya anak juga ikutan dan ketagihan. Nah, kalau di kantor kan kita bebas mau order apa aja. Mau itu ayam fastfood, kentang bertabur MSG, cilok yang kebanyakan tepung kanji atau pempek jualan abang depan kantor yang ikannya entah ikan apa dan bumbunya terbuat dari apa. Yang penting nikmat saudara-saudara :D.

5. Business travel adalah liburan yang dibayar oleh orang lain

Ahahahaha, ya walaupun nggak mungkin sesantai kalau liburan beneran menggunakan uang sendiri, at least kita bisa menikmati tidur malam tanpa rengekan, atau me time sambil sightseeing di luar kota atau negeri tanpa mendorong-dorong stroller ata mengganti pospak.

6. Belanja tanpa rasa bersalah

Kalau punya penghasilan sendiri biasanya kita jadi lebih santai dan bebas untuk membelanjakan sesuai dengan kebutuhan kita. Nggak ada rasa sungkan karena menggunakan uang hasil kerja suami. At least minimumlah rasa bersalahnya :D.

7. Kita memiliki dua tempat yang bisa menjadi ‘sanctuary’ kita

Di saat kita merasa jenuh dan stress dengan kondisi di rumah, kita tahu bahwa kita bisa menghempaskan sejenak keruwetan kita dengan pergi ke kantor, berinteraksi dengan temam-teman kerja serta menenggelamkan diri di dalam tumpukan pekerjaan. Dan sebaliknya, di saat kita jenuh dengan rutinitas pekerjaan, ada rumah yang berisi anak-anak kita untuk menghibur dan mengembalikan mood kita yang sempat hilang. Tempat di mana kita bisa menemukan ‘surga’ kecil.

8. Ada kangen-kangen lucu pada pasangan dan anak

Kalau lagi business trip, sekian hari nggak ketemu pasangan dan anak

Kalau deadline pekerjaan lagi nggak ada habisnya, bikin kita berangkat pagi dan pulang malam, anak masih tidur dan sudah tidur

Kalau event kantor lagi membludak, kita harus ikut loading in loading out, berapa hari nggak ketemu anak
Nah, begitu waktu kembali luang, kita bisa ketemu anak dan pasangan, rasanya senaaaaaaaang banget. Macam pacaran jarak jauh yang kangen-kangen gimana gitu, hehehe.

Untuk Mommies, guilty pleasure apa yang dinikmati saat jauh dari si kecil?


Post Comment