Yuk, Kenalan dengan Para Kepala Daerah Perempuan

Kalau laki-laki bisa memimpin sebuah daerah, perempuan juga bisa lho! Ada 14 kepala daerah terpilih dari Pilkada Serentak akhir Juni lalu.

kepala daerah perempuan khofifah-indar-parawansa

Kepala daerah perempuan yang terpilih ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan bukan hanya dari kota-kota besar. Partainya pun beragam sekali.

Siapa saja kepala daerah perempuan yang sedang menjabat saat ini?

Ade Munawaroh Yasin

Ade Munawaroh Yasin adalah adik kandung dari Bupati Bogor yang tertangkap KPK Rahmat Yasin dalam kasus dugaan suap rekomendasi konversi kawasan hutan lindung.

Pernah duduk di DPRD Bogor selama 2 periode, Ade sendiri merupakan politisi di Partai Persatuan Pembangunan dan aktif sebagai Ketua DPP Jabar.

Ade Uu Sukaesih

Perempuan kelahiran Tasikmalaya 65 tahun lalu ini terpilih lagi menjadi Walikota Banjar. Ade salah satu kepala daerah terpilih yang suaminya pernah jadi kepala di daerah yang sama.

Anne Ratna Mustika

Anne Ratna Mustika menjadi Bupati Purwakarta meneruskan suaminya Dedi Mulyadi yang telah menjabat selama hampir dua periode sebelum maju di Pilgub Jabar.

Anne yang akrab disapa ambu ini merupakan Mojang Purwakarta 1999 dan selalu ikut aktif dalam berbagai kegiatan suaminya. Melalui program Gempungan di Buruan Urang Lembur, Anne selalu ikut berkeliling kampung hampir setiap hari untuk sosialisasi program kesehatan dan sosial terutama keluarga berencana.

Anna Mu’awanah

Berlatarbelakang pengusaha besi dan peternakan, Anna terjun dan terpilih menjadi Bupati Bojonegoro. Pengalamannya di dunia politik terasah setelah tiga kali menjadi anggota DPR-RI dapil Jawa Timur IX.

Selain itu, Anna juga merupakan politikus senior yang aktif di Partai Kebangkitan Bangsa.

Dewi Handajani

Dewi Handajani terpilih menjadi Bupati Tanggamus, Lampung. Ia meneruskan kiprah suaminya Bambang Kurniawan yang menjadi wakil bupati kemudian 2 periode bupati sebelum tertangkap KPK.

Sebelum mencalonkan diri, Dewi sempat tersandung isu statusnya sebagai PNS yang juga wakil sekretaris DPC PDIP. Namun isu itu ditepis karena Dewi sudah mengundurkan diri sebelum jadi pengurus partai.

Erlina

Erlina terpilih menjadi Bupati Mempawah, Kalimantan Barat menggantikan suaminya yang sudah menjabat dua periode. Uniknya, lepas jadi bupati, suami Erlina juga terpilih jadi wakil gubernur Kalimantan Barat.

Sebelum menjadi bupati, Erlina adalah Kepala Seksi Perdata Kejaksaan di Kalmantan Barat.

Umi Azizah

Umi Azizah adalah Bupati Tegal, Jawa Timur yang terpilih untuk periode kedua. Sebelumnya Umi menjabat sebagai wakil bupati mendampingi Enthus Susmono yang kemudian meninggal dunia di periode jabatannya.

Ika Puspitasari

Terpilih menjadi Walikota Mojokerto, Ita berhasil mengalahkan tiga pasangan lain yang didominasi laki-laki. Ita yang juga ketua bidang sosial PC Muslimat NU Kab. Mojokerto itu adalah adik kandung dari Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa.

Iti Octavia Jayabaya

Iti juga terpilih kembali bersama wakilnya Ade Sumardi untuk periode kedua sebagai Bupati Lebak, Banten. Sebelum menjadi bupati, Iti berkiprah di Senayan sebagai anggota Komisi IX DPR-RI Dapil Banten.

Khofifah Indar Parawansa

Lama berkarier di ibukota, Khofifah Indar Parawansa akhirnya terpilih menjadi Gubernur Jawa Timur bersama Emil Dardak. Sepak terjang ibu 4 anak ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Ia sudah dua kali menjadi menteri, dua kali jadi pimpinan komisi DPR-RI, sampai kepala BKKBN.

Mundjidah Wahab

Mundjidah Wahab terpilih menjadi Bupati Kompang setelah satu periode menjadi wakil bupati. Memasuki usia 70 tahun, Mundjidah mengawali karier politik di Partai Persatuan Pembangunan dan pernah menjadi anggota DPRD Jombang di tahun 1971. serta anggota DPRD Jawa Timur tahun 1997.

Paulina Haning-Bulludab

Paulina Haning-Bulludab terpilih menjadi Bupati Rote Ndao namun ternyata harus berakhir kisruh hingga ke Mahkamah Konstitusi karena diduga ada pelanggaran politik uang yang melibatkan perangkat desa.

Jika kasusnya selesai, Paulina akan jadi bupati perempuan pertama di Rote Ndao.

Puput Tantriana Sari

Di usianya yang ke-35 tahun, Puput sudah menjabat jadi Bupati Probolinggo periode kedua lho! Ia adalah mantan istri dari Bupati sebelumnya, Hasan Aminuddin. Kini ia menduduki posisi bupati dengan wakilnya A. Timbul Prihanjoko.

Tatong Bara

Tatong Bora terpilih kembali menjadi walikota Kotamobagu, Sulawesi Utara. Selama menjadi walikota, banyak penghargaan diterima Kotamabagu terutama di bidang penataan kepegawaian untuk mempercepat birokrasi. Sebanyak 49 penghargaan untuk kota itu diraih sejak Tatong Bara mulai menjabat sebagai walikota.


Post Comment