Bayi Tumbuh Gigi: Buat Nyaman dengan Breast Milk Popsicle

Bayi tumbuh gigi seringkali jadi rewel bin rungsing karena dia merasa nggak nyaman. Salah satu cara yang bisa kita coba adalah dengan memberikan popsicle alias es batangan yang terbuat dari ASI. Pernah coba?

Di saat bayi tumbuh gigi, salah satu tanda yang seriiiiing banget muncul adalah demam dan rewel. Nggak heran bayi rewel karena dia memang merasa nggak nyaman kan dengan kondisi mulutnya. Tumbuh gigi juga membuat bayi jadi sering memasukkan tangan atau benda apa pun ke dalam mulut untuk ia gigit-gigit, dan produksi air liur juga semakin banyak, hehehe.

Beberapa cara paling mudah untuk mengurangi efek tidak nyaman dalam proses bayi tumbuh gigi antara lain dengan:

- Memberikan mainan teething yang bisa digenggam dan dimasukkan ke mulut oleh si kecil. Biasanya mainan ini disimpan dulu di kulkas (bukan di freezer) karena benda dingin diyakini dapat meredakan rasa gatal pada gusi.

– Berhubung si kecil jadi senang memasukkan benda apa pun kemulut, maka finger food atau camilan juga sering dipilih sebagian besar orangtua untuk pegangan si kecil. Umumnya, finger food sehatnya adalah baby carrot atau apel (jika si kecil sudah berusia di atas 6 bulan).

- Air mineral dingin untuk meredakan nyeri si bayi tumbuh gigi.

Baca juga:

Pilihan Finger Food Untuk Bayi

Nah, untuk menggabungkan tiga point di atas: mainan teething yang dapat dijadikan finger food plus pendingin untuk meredakan nyeri, bagaimana kalau kita coba saja membuat popsicle alias es batangan yang berbahan dasar ASI? Healthy and tasty treat for our little one!

Bayi Tumbuh Gigi: Buat Nyaman dengan Breast Milk Popsicle  - Mommies Daily

Image: pregnantmamababy.com

Lalu, karena ini bahan dasarnya ASI, apakah aman memberikan untuk si kecil yang sudah tumbuh gigi sebelum usia 6 bulan? Kalau berdasarkan kebutuhan gizinya sih mungkin nggak kenapa-kenapa, tapi disarankan baru diberikan ketika si kecil sudah mampu mengenggam es batangan sendiri dan mengonsumsinya sendiri.

Bagaimana cara membuatnya?

Paling penting adalah perhatikan ukurannya. Ingat ya, ini kan akan dikonsumsi oleh si kecil yang masih bayi, jadi cari cetakan popsicle ukuran mini yang kira-kira sesuai dengan lebar mulut si kecil.

Setelah memilih ukuran cetakan yang mini, cari juga yang bentuknya membulat, tidak ada sudut tajam di cetakan agar tidak menyakiti mulut si kecil.

Baik, cetakan yang tepat sudah, sekarang tinggal cara membuatnya: ASIP segar atau ASIP yang sudah disimpan di kulkas kita tuang ke dalam cetakan popsicle, bekukan untuk beberapa jam, lalu berikan ketika si kecil mulai rewel dengan kondisi giginya.

Oh iya, kalau merasa susah melepaskan es ASI dari cetakannya, hangatkan sebentar si cetakan di air hangat untuk beberapa detik, baru keluarkan es ASI batangannya.

Alternatif lainnya adalah menggunakan cetakan es batu. Sama halnya dengan memilih cetakan popsicle, jangan lupa cari cetakan es batu yang bentuknya juga tidak ada sisi tajamnya. Isi setengah dari kapasitas agar lebih mudah menghangatkannya.

Seru dan mudah kayaknya ya. Hanya dengan satu jenis ‘finger food’ namun memuat semua persyaratan: sehat, dingin dan mudah digenggam si kecil.

Selamat mencoba….

Baca juga:

Surat Cinta dari Busui Untuk Para Suami


Post Comment