Ini Alasan Young Lex Bisa Punya Banyak Fans

Nama Young Lex tentu tidak asing bagi anak-anak muda di YouTube. Tapi kalau dari kalangan ibu-ibu yang hanya dengar namanya dari berita, pasti masih bertanya-tamya siapa sih dia?

Nggak heran ya, Young Lex itu jauh banget dari standar ideal anak manis bagi ibu-ibu. Tubuhnya penuh tato, bicaranya juga kasar. Pertanyaan pun jadi semakin banyak. Kenapa bisa ngetop sih? Kok anak-anak suka sama dia? Kenapa fansnya fanatik amat?

young lex

Young Lex bernama asli Samuel Alexander Pieter. Lahir di Jakarta, 18 April 1992 ia seumur hidup tinggal bersama ibunya sebuah di gang kecil di kawasan Percetakan Negara, Jakarta. Sejak SMP ia harus berjualan nasi uduk untuk mencari uang. Saat SMA, ia mulai tertarik pada hip hop dan mulai belajar via YouTube. Dalam sehari, ia mengaku bisa belajar nge-rap hingga 8 jam.

Kenapa Young Lex kontroversial dan dianggap merusak generasi muda?

Karena ia terlalu “apa adanya, nggak suka basa-basi dan selalu jujur”. Saat Awkarin viral dengan video tangisannya selepas putus cinta, Young Lex malah merangkul Karin dan mengajaknya berduet di lagu ‘Bad’.

I’m a bad girl
Bila kau tak pernah buat dosa
Silahkan hinaku sepuasnya
Kalian semua suci aku penuh dosa

I’m a bad boy
Kau benci ku yang apa adanya
Dan silahkan sukai mereka
Yang berlaga baik di depan kamera

Demikian kutipan lagu ‘Bad’ yang kini sudah ditonton 28juta kali di YouTube. Karin dan Young Lex punya background sama, mereka sama-sama ikon remaja mandiri yang bekerja keras hingga berpenghasilan dan tidak pernah minta uang lagi pada orangtua.

Mereka juga menuhankan “jujur di depan kamera”, lebih baik dibenci karena jujur dibanding harus fake di dunia maya. Jadi ya mereka tak pernah segan berkata sangat kasar, menunjukkan diri sedang mabuk, atau berpakaian yang terbuka. Wajar ya haters-nya banyak? Karena dianggap tidak sesuai dengan adab ketimuran dan sudah pasti bertentangan orang-orang yang selalu mengutamakan sopan santun.

Young Lex juga pernah menyindir seniornya di dunia hip hop Iwa K dalam sebuah wawancara. “Sorry to say, bahkan Iwa K dianggap legend karena terkenal duluan, tetapi bukan karena skill,” tutur Young Lex yang membuatnya semakin dianggap angkuh.

Terakhir ia membakar amarah netizen karena menyebut personel girlband Korea Liza ‘Blackpink’ sebagai ‘bahan coli’. Wow ya. Mengucap kata “coli” di dunia maya saja rasanya sangat sangat tidak sopan. Apalagi menyebut seorang perempuan dengan julukan seperti itu.

Terus kok bisa Young Lex fansnya banyak?

Lulus SMA, ibunya tak mampu membiayai kuliah apalagi untuk menghidupi hobi ngerap. Young Lex kemudian menjadi office boy dan staf gudang sambil menabung untuk kuliah. Tujuannya satu, kuliah jurusan Film di IKJ.

Dalam dua tahun uang terkumpul, ia diterima dan mulai kuliah di IKJ. Namun saat itu ia juga sudah mulai mengunggah videonya ke YouTube dan mulai banyak undangan untuk manggung. Di semester 4 ia memutuskan berhenti kuliah.

Meski datang dari keluarga kurang mampu, Young Lex sudah punya mimpi besar dan tahu apa yang ia mau. Saat SMA ia menulis sebuah catatan yang ia beri nama blue print yang berisi daftar cita-cita dan mimpi. Blue print itu kini terkabul. Ia sudah menelurkan 1 album dan puluhan single dengan 1juta subscribers serta lebih dari 280juta views di YouTube. Young Lex juga punya clothing line sendiri yang diberi nama YOGS (kependekan dari Young Original Gila Swag).

Uniknya, meski selalu memberi kesan bandel, Young Lex juga sangat akrab dengan ibunya. Pria yang seluruh tubuhnya dipenuhi tato ini sering mengunggah foto dan video bersama ibu. Bahkan sang ibu pun sering muncul di party atau launching video klip, Young Lex juga tak pernah malu memperlihatkan kedekatan dengan ibunya.

Di wilayah mainstream, Young Lex bergabung dengan label Trinity Optima yang juga menaungi Ungu, Afgan, Rossa, Sherina, dan Maudy Ayunda. Ia juga berkolaborasi dengan Gamaliel Tapiheru untuk lagi ‘Slow’ dan pernah mendapat nominasi AMI Awards 2016 kategori Karya Produksi Rap/HipHop Terbaik untuk lagunya “O Aja Ya Kan”. Ia juga pernah jadi perwakilan Indonesia untuk manggung di acara MTV Asia “Yo! MTV Raps Experience”.

Dan meski fansnya banyak, hatersnya juga luar biasa banyaknya. Kolom komentar di video dan fotonya pun selalu dipenuhi berbagai cacian, kebanyakan soal fisik.

Nah, udah cukup banyak belum tuh ceritanya? Di luar segala kontroversi, Young Lex jadi harapan bagi mereka yang datang dari keluarga tidak mampu untuk tetap punya cita-cita dan memberi contoh kerja keras untuk mewujudkan mimpinya itu.

Semoga bisa mencerahkan ya buibu, kenapa Young Lex bisa punya banyak fans.


Post Comment