banner-detik
SEX & RELATIONSHIP

Berteman dengan Pasangan di Media Sosial, Ini Plus Minusnya

author

annisast30 Nov 2023

Berteman dengan Pasangan di Media Sosial, Ini Plus Minusnya

Bijak menggunakan media sosial itu penting, lho! Nah, Mommies dan Daddies tim berteman dengan pasangan di media sosial atau tidak?

Suami istri saling unfollow di media sosial saat bertengkar? Terdengar konyol, tapi berdasarkan kejadian nyata, fakta ini benar terjadi, lho. Mommies Daily pernah mendapat cerita dari beberapa MD Community yang pernah mengalami hal ini.

Sisi negatif berteman dengan pasangan di media sosial

Alasannya bervariasi. Mulai dari sang suami sering berkomentar menyindir istrinya di media sosial, hingga ada yang bertengkar karena suaminya menganggap sang istri terlalu sering curhat tentang mertua tanpa mempertimbangkan perasaan keluarga suami.

Banyak pula pasangan yang menganggap media sosial sebagai sebuah bentuk pengakuan. Tapi begitu sekian bulan suami tidak pernah upload foto berdua dengan kita, kita langsung curiga, “Kamu kok nggak pernah upload foto kita berdua lagi sih? Malu ya punya istri kayak aku?”

Cerita-cerita itu adalah kekurangan berteman dengan pasangan di dunia maya. Apalagi pasangan yang cenderung posesif. Pasti Mommies dan Daddies pernah dengar orang bilang, “Kamu ngelihat story bisa, tapi dari tadi chat aku nggak dibales?”

BACA JUGA: 7 Masalah yang Sering Muncil di 10 Tahun Pernikahan

Lalu, apa ada sisi positif atau plus berteman dengan suami di media sosial? Ya tentu saja ada, dong.

Sisi positif berteman dengan pasangan di media sosial

Salah satunya adalah menjadi sumber diskusi. Misalnya ada berita yang sedang ramai di media sosial. Ketika semua aktivitas sudah selesai atau sebelum tidur, Mommies dan Daddies bisa saling bertanya bagaimana pandangan dan opini masing-masing mengenai berita yang sedang terjadi tersebut. Obrolan tersebut juga bisa menjadi pembelajaran dan pengetahuan baru.

Bisa juga untuk memantau dengan siapa suami berteman atau followKarena bukannya mau posesif, sekarang banyak sekali akun-akun berbau seks, penipuan, hingga judi. Kalau sampai suami diam-diam mengikuti akun-akun seperti itu tanpa kita tahu, artinya ada yang salah. Benar atau tidak?

Yang harus selalu diingat, hubungan di dunia maya adalah cerminan dunia nyata. Kalau di dunia nyata tidak ada yang disembunyikan dari pasangan, semestinya di dunia maya pun begitu.

Kalau mau posting status atau caption yang bernada tidak positif dan menyangkut hidup berdua, baiknya sih selalu konfirmasikan dulu. “Aku mau post ini, kamu ok nggak?”

Dan ingat, nggak usah serius-serius di media sosial. Perbanyak akun dengan jokes receh atau meme lucu, kemudian share pada suami agar bisa ketawa sama-sama. At least, media sosial bikin bahagia. Setuju?

BACA JUGA: 7 Kalimat Gaslighting dalam Hubungan, Jangan Sampai Terucap!

Cover: Photo by Ketut Subiyanto on Pexels

Share Article

author

annisast

Ibu satu anak, Xylo (6 tahun) yang hobi menulis sejak SD. Working full time to keep her sanity.


COMMENTS