Tips MPASI Praktis untuk Ibu Bekerja

Saat anak memasuki usia 6 bulan, ibu-ibu biasanya deg-degan sekaligus excited karena harus menyiapkan makanan pendamping ASI (MPASI). Bagi ibu bekerja, MPASI ini pasti jadi tantangan sendiri. Bagaimana tips MPASI praktis untuk ibu bekerja?

Jelang MPASI tips MPASI praktis untuk ibu bekerja  - Mommies Daily

Karena seharian bekerja, kapan harus masak MPASI untuk anak? Ya bisa dan boleh banget kok pakai MPASI instan, tapi selama masih mampu membuat sendiri, yang homemade tentu lebih baik.

Bagaimana tips MPASI praktis untuk ibu bekerja?

Join group Facebook

Ini sangat berpengaruh lho moms pada semangat membuat MPASI. Banyak group Facebook tentang MPASI di mana anggotanya bisa bertukar resep, bertanya hal-hal seputar MPASI, sampai jual beli produk untuk mempermudah MPASI. Gimana pun, kita nggak sendirian mengurusi “kerepotan” masa MPASI.

Baca juga:

MPASI, Mulai dari Makanan Apa, Ya?

Bikin jadwal

Buat jadwal menu bulanan atau minimal mingguan. Gunanya agar mommies bisa menghitung asupan gizi yang masuk pada anak dan memvariasikan makanan. Selain itu, jadwal yang pasti akan memudahkan saat belanja. Belanja tak lagi mubazir karena semua sudah dihitung berdasarkan jadwal menu.

Pastikan setiap menu mengandung karbohidrat, sayur, lemak hewani, dan lemak nabati ya! Agar tidak pusing, barengi menu MPASI dengan menu keluarga. Jadi belanjanya nggak dobel.

Potong ayam dan ikan sesuai porsi makan

Setelah belanja, langsung cuci bersih ayam dan ikan, kemudian potong dan masukkan ke freezer sesuai porsi makan. Bisa juga merebus dulu ayam dengan bumbu aromatik seperti bawang merah, bawang putih, dan seledri, baru kemudian dipotong sesuai porsi dan masukkan ke dalam freezer.

Variasikan kukus dan panggang

Jika memasak setiap hari terlalu melelahkan, luangkan waktu tiap weekend untuk masak menu satu minggu. Variasikan menu yang bisa dikukus dan dipanggang, jadi dari bahan yang sama nantinya ada yang dikukus atau dipanggang agar anak tidak bosan.

Slow cooker

Jika lebih suka masak untuk harian, slow cooker penyelamat hidup! Masukkan bahan makanan ke slow cooker sesuai porsi makan hari itu. Tekan tombolnya dan tinggalkan tidur. Setelah matang, porsi makan siang dan malam bisa dimasukkan ke dalam chiller dan bisa dikukus saat waktu makan tiba.

Snack

Buah lunak seperti pisang atau alpukat adalah snack paling gampang. Apel atau pir kukus juga biasanya disukai anak-anak karena rasanya yang manis.

Jangan lupakan tentang tekstur juga ya. Untuk usia 6-7 bulan, makanan halus dan disaring. Untuk usia 8-9 bulan makanan tidak perlu disaring namun masih lumat dan kental. Usia 9-12 baru bisa diberikan makanan lembek namun tidak lumat dengan lauk yang sudah dicincang.

Selamat masak mommies!


Post Comment