8 Tips Hari Pertama Anak Lebih Menyenangkan di Sekolah

Mommies yang anaknya baru akan masuk TK atau SD, deg-degankah menyambut hari pertama sekolah? Sudah mempersiapkan apa saja?

sekolah dasar

Hari pertama sekolah memang pasti menegangkan bagi orangtua dan anak. Anak akan memulai harinya di lingkungan baru sementara tidak semua anak bisa dengan mudah beradaptasi. Bagaimana cara agar hari pertama anak sekolah jadi lebih menyenangkan?

1. Berkeliling sekolah

Sudahkah anak berkeliling sekolah? Berkeliling sekolah beberapa hari sebelumnya atau datang lebih pagi bisa membuat anak merasa lebih kenal lingkungan sekolahnya. Tak ada salahnya untuk mengajaknya school tour sebelum hari pertama sekolah dimulai.

2. Membaca buku tentang sekolah

Membaca buku bisa membuat anak terbayang bagaimana suasana sekolah juga untuk menunjukkan anak lain pun sekolah, bukan hanya ia sendiri.

3. Diskusi tentang keseruan sekolah

Ini bagian dari sounding ya. Diskusikan hal-hal seru apa yang bisa ia lakukan di sekolah atau bersama teman-teman sekelas. Highlight kegiatan yang disukai anak agar ia lebih tertarik. Misal anak senang main bola, katakan dengan excited kalau di sekolah lapangan sepak bolanya luas dan ia akan punya banyak teman untuk bermain bola.

4. Simulasi sekolah

Ketakutan anak akan hari pertama sekolah bisa jadi karena ia tidak tahu seperti apa sih sekolah itu. Simulasikan sekolah bisa lewat cerita atau lewat video di YouTube. Perlihatkan bagaimana suasana belajar dan apa yang harus dilakukannya selama di sekolah.

5. Ajak mempersiapkan perlengkapan sekolah

Perlengkapan sekolah jadi salah satu sumber semangat lho! Ajak anak mempersiapkannya untuk melatihnya lebih mandiri. Memintanya memilih sendiri perlengkapan sekolah saat membelinya juga biasanya membuat anak lebih bangga karena memakai barang pilihannya sendiri.

6. Persiapkan bekal

Siapkan bekal dengan makanan kesukaan anak. Menghiasnya dengan pernak-pernik bento juga bisa membuat bekal makan siang jadi lebih menarik.

7. Beri kejutan saat sarapan

Kejutan sederhana seperti menghias meja makan atau memberinya hadiah kecil sebelum pergi sekolah pasti menyenangkan. Pastikan kejutannya bisa ia bawa ke sekolah seperti bando atau jam tangan baru.

8. Tetap positif

Hindari kalimat negatif saat sedang membicarakan sekolah. Ceritakan segalanya dengan kalimat positif dan menyenangkan agar anak tidak lagi ketakutan.


Post Comment