6 Tips Agar Bebas Drama di Hari Pertama Masuk TK

Langkahnya sih sederhana, tapi terbukti bisa membuat si kecil cepat beradaptasi di hari pertamanya masuk TK. Mudah-mudahan sih, (juga) bebas drama.

Mana suara mommies yang sebentar lagi anaknya masuk sekolah TK? Deg degan, cemas, atau malah sudah percaya diri banget kalau si kecil bisa beradaptasi cepat dengan lingkungan barunya? Percaya deh, yang namanya kesiapan anak menerima lingkungan barunya, sebagai bagian dari kesehariannya, tidak terjadi begitu saja.

Baca juga: Siapkan Anak Kembali ke Rutinitas Sekolah Setelah Libur Panjang

6 Tips Agar Tak Drama di Hari Pertama Masuk TK - Mommies DailyImage: by Ben White on Unsplash

Berikut ini, ada beberapa kiat yang bisa mommies gunakan. Baik itu, kalau waktunya udah mepet, atau masih punya waktu agak lama.

Persiapan beberapa hari

1. Bangun suasana hati

Dari dua hari sebelumnya, tanyakan pada anak. Nanti pas hari pertama sekolah mau sarapan apa. Sarapan enak, selain menyehatkan bisa membuat suasana hati menyenangkan. Sesekali nggak apalah sarapan di luar kebiasaan. Misalnya sarapan fast food?

2. Ajak anak menyiapkan perlengkapan sekolahnya

Minimal dua hari sebelumnya, ajak anak untuk mempersiapkan perlengkapan sekolahnya. Pasti deh dia excited. Biarkan dia menata semua alat-alat tulisnya, termasuk seragam sekolah. Anak senang lho, kalau diberikan kepercayaan. Artinya, dia merasa sudah besar, dan punya hak untuk menentukan sesuatu (meski baru hal-hal kecil, ya).

Salah satu akun IG mommies winda_rp, menyebutkan: “Jauh-jauh hari mencoba seragam dan puji bahwa dia ganteng dan siap sekolah. Dia akan bertemu teman-teman baru, belajar hal baru, dan siap menjadi anak yg hebat!.”, mungkin bisa dicoba?

3. Hadir sepenuhnya

Jika situasi memungkinkan. Mommies dan pasangan ambil cuti, deh. Tapi hanya untuk mengantar di hari pertama sekolahnya ya. Bukan untuk menunggu sehari penuh. Berikan pengalaman baik di setiap momen penting hidupnya. Tak sekadar hadir secara fisik. Berikan perhatian penuh, ngobrol, dan tanya gimana perasaannya masuk TK pertama kali?

Baca juga: Perkiraan Biaya TK dan Preschool 2018/2019 di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi

Persiapan beberapa minggu atau bulan sebelumnya

4. Ajak anak main ke sekolahnya

Salah satu mommies di IG MD, kasih kiatnya seperti ini:

lindacantik_812 “Aiko sering ikut ke sekolah kakaknya, Kitaro, kalo pas saya bisa antar/ jemput sekolah. Jadi suasana sekolah, guru-guru bahkan teman-teman kakaknya sudah sangat akrab. Dia sangat semangat untuk mulai hari pertama sekolah minggu depan. Berkali-kali dia bilang ingin seperti kakaknya yang tidak ditemani sekolah bahkan di hari pertama. Ternyata bermanfaat juga ngajak Aiko ke sekolah kakaknya ????”

Nah, kalau situasinya tidak seperti mommies Linda, pas lagi ada urusan sekolah si kecil, ajak aja sekalian. Supaya anak terpapar lingkungan barunya.

5. Terbiasa dengan rutinitas

Jauh-jauh hari. Biasakan anak dengan rutinitas pagi. Mulai dari bangun, mandi, pakai seragam dan berangkat sekolah. Repot kan, kalau mendadak harus bangun pagi. Yang ada suasana hatinya malah jelek

6. Visualisasi lewat cerita

Seperti yang dikisahkan mommies @addwe berikut ini:

“Beberapa bulan sebelum sekolah mulai, ngajakin baca/bacain buku-buku yang isi ceritanya tentang sekolah, atau hari pertama masuk sekolah. Kebetulan waktu itu calon sekolahnya juga bikin open house, banyak kegiatan yang bisa diikuti dan seru. Jadi begitu hari pertama sekolah lancaaarrr…mau masuk halaman sekolah dan kelasnya sendiri dan nggak keluar cari  mamaknya.”  #proudmom.”

Ada yang mau menambahkan sesuai pengalaman mommies?

Baca juga: 8 Cara Mudah Membuat Anak Mengikuti Instruksi


Post Comment