4 Trik Agar Tak Tergoda Membalas Email di Luar Jam Kerja

Kerja di kantor dengan jam kerja yang jelas seharusnya bisa membuat work life balance tercapai sempurna. Tapi apa daya, kemudahan teknologi bikin itu semua bubar jalan.

Ya gimana, cek email kan hanya butuh koneksi internet. Siapa sih yang nggak punya koneksi internet di zaman sekarang? Siapa juga yang belum pernah melihat atau membalas email di luar jam kerja?

Ternyata, Ibu Bekerja Lebih Berdedikasi Dalam Pekerjaan Dibanding Mereka yang Lajang - Mommies Daily

Di Prancis, membalas email di luar jam kerja dilindungi oleh hukum. Jadi nggak bisa tuh bos-bos seenaknya minta email dijawab cepat padahal hari Jumat dan sudah di luar jam kerja.

Tapi kadang kita sendiri ya yang gatal ingin cepat membalas. Ingin cepat dibalas lagi pula. Padahal sudah di rumah, ya waktunya seharusnya bisa diefektifkan untuk anak dan hal lain di luar pekerjaan. Hidup kan nggak 100% buat kerja.

Ini 4 trik agar tak tergoda membalas email di luar jam kerja:

1. Simpan aplikasi email di tempat tersembunyi

Minimal jangan disimpan di layar paling depan. Gunanya agar kita tak mudah terdistraksi pada bulatan merah notifikasi lalu kemudian malah melanjutkan email-emailan lewat ponsel.

2. Matikan notifikasi otomatis

Iya sebaiknya notifikasi otomatis yang dimunculkan di home screen dimatikan saja. Lebih baik jika mematikan notifikasi WhatsApp/Slack agar pesan baru tidak muncul di home screen.

Karena kadang email berhasil nggak dibuka, eh malah chat di WhatsApp Group. Yang penting selama di kantor WhatsApp dan email selalu sigap dibalas. Tapi kalau sudah sampai di rumah, ada baiknya untuk kembali ke kehidupan pribadi karena di rumah sudah pasti fokusnya bukan lagi pekerjaan.

3. Cari hobi baru

Tanpa hobi atau aktivitas yang kita sukai, memeriksa ponsel justru jadi hobi kan ya. Lupakan dulu sejenak pekerjaan, kalau memang ada yang sangat sangat urgent, orang kantor juga pasti akan telepon kok.

Cari hobi baru dan lakukan di saat senggang sepulang kerja atau di saat weekend. Dijamin lupa cek email kerjaan kantor.

4. Jangan email jelang waktu pulang

Karena jadi kepo banget kan apa orangnya bales atau nggak. Mau nggak mau pulang kerja jadi cek email deh. Beri batas waktu mengirim email. Efektifkan jam kerja sebaik mungkin agar setelah jam kerja usai, kita bisa fokus pada kehidupan personal

*

Memisahkan waktu pribadi dan pekerjaan memang rasanya mustahil ya di era serba cepat ini. Tapi selama pekerjaan selesai tepat waktu mengapa tidak? Ada yang mau coba?


One Comment - Write a Comment

Post Comment