Serunya Jadi Orangtua Millennial, Apakah Mommies Salah Satunya?

Mahmud alias mamah muda millennials tentu punya gaya parenting sendiri. Akses pada informasi yang mudah menjadikan orangtua millennial percaya diri pada cara mereka membesarkan anak.

samsungrev

Millennial mom lahir di awal tahun 1980-an sampai akhir tahun 1990-an. Banyak yang memilih menunda menikah namun banyak pula yang menikah dan jadi mama muda.

Berikut beberapa ciri orangtua millennial. Apakah mommies salah satunya?

Menjadikan anak sebagai pusat segalanya

Berbeda dengan orangtua zaman dahulu yang saklek dan tegas “mengatur” anak, orangtua millennial lebih dinamis dan menganggap anak bisa punya keputusan sendiri akan hidupnya.

Iya, orangtua millennial mengoreksi gaya parenting orangtuanya dahulu. Mereka mencatat apa-apa saja yang tidak disukai dari orangtua dan memastikan tidak melakukan hal serupa pada anak mereka.

Sounds familiar? :)

Ayah millennial lebih terlibat dan bangga bisa terlibat

Dulu membesarkan anak adalah tugas ibu. Bagi orangtua millennial, parenting adalah teamwork jadi ayah tentu harus terlibat. Ayah ikut memandikan, menyuapi, menggendong, dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga bukan lagi hal aneh. Mereka bahkan bangga bisa terlibat dalam mengurus rumah tangga.

Social media & digital savvy

Sejak hamil, orangtua millennials bergantung pada aplikasi kehamilan untuk melihat tumbuh kembang bayi. Saat lahir, aplikasi seperti Wonder Weeks membantu mendefinisikan rewel-rewel pada bayi karena growth spurt.

Orangtua millennial juga mencari informasi tentang parenting lewat media sosial dan tidak ragu untuk saling berbagi.

Senang keunikan

Terutama untuk nama anak. Tak sedikit dari mereka yang mencari dulu hashtag atau akun Instagram dan Twitter untuk memastikan nama anak akan one of a kind.

Nama anak-anak mereka pun unik. Antara sulit dieja atau tradisional dan berbahasa Indonesia. Sulit dieja, banyak menggunakan konsonan, dua huruf e bukannya i (Shafeeya bukan Shafiya, Ameera bukan Amira) dan nama berbahasa tradisional atau bahasa Indonesia (Senyum Pagi atau Langit Senja)

Mendokumentasikan segalanya

Iya, bagi orangtua millennial dokumentasi adalah segalanya! Meski pada akhirnya banyak yang mem-protect akun anaknya, mereka tetap senang mengambil banyak foto dan video untuk di-upload sebagai kenangan.

Hampir dipastikan orangtua millennial punya hashtag khusus untuk anak, akun pribadi berisi dokumentasi foto, sampai channel YouTube sendiri.

Orangtua millennial rata-rata bekerja dan melek finansial

Akses pada informasi membuat orangtua millennial belajar banyak hal terutama tentang finansial. Tak heran banyak yang sudah mulai menabung dana kuliah sejak anaknya masih bayi.

Kebanyakan dari millennial tetap bekerja meski telah punya anak. Tak sedikit yang bekerja dari rumah menjadi freelancer. Jadi jelas orangtua millennial punya tantangan tersendiri menyoal mengatur waktu antara keluarga, pekerjaan, dan me time. Pasangan suami istri sibuk dengan urusan pekerjaan mereka. Di sisi lain, urusan tumbuh kembang anak dan rumah, juga tetap menjadi prioritas, kan?

Nggak heran, kini banyak keluarga yang berprinsip, “Apapun yang bisa di-simplify, lakukan aja lah.” Toh untuk kebaikan bersama. Anak terurus dengan baik, pekerjaan lancar, masing-masing orang juga happy. Misalnya, karena waktu orangtua millennial terbatas, mereka memilih online shopping untuk memenuhi kebutuhan anak sampai kebutuhan rumah tangga.

Namun ada temuan menarik nih, mommies. Khusus alat elektronik rumah tangga, selain survei online. Mereka tetap datang ke toko untuk melihat barangnya terlebih dahulu. Salah satunya terjadi di Samsung Super Store, one stop solution untuk mommies yang mencari berbagai produk elektronik rumah tangga dan gadget.

Semua bentuk pelayanan di sana terintegrasi. Jadi kebutuhan suami, istri dan anak tersedia dalam satu tempat. Memudahkan hidup kita, kan? Nggak perlu repot datang ke banyak tempat. Bahkan di sini, juga menyediakan service gadget, lho. Tempat seperti Samsung Super Store jadi layanan unggulan memenuhi kebutuhan konsumen urban di kota-kota besar, seperti Surabaya.

Samsung Super Store menyediakan jajaran produk Samsung terlengkap bagi konsumen. Mulai dari TV, mesin cuci, lemari es, vacuum cleaner, air conditioner, smartphone, dan wearable device, yang dapat mendukung kebutuhan dan meningkatkan produktivitas keseharian keluarga modern. Di Samsung Super Store, mommies bisa mencoba produk, mendapat berbagai info produk sesuai preferensi dan layanan purna jual dalam satu tempat.

Berlokasi di Hartono Kertajaya Indah, Jl. Sultan Iskandar Muda 35C, Surabaya,
Samsung Super Store juga memberikan promo menarik bagi keluarga modern yaitu Paket TV Juara. Konsumen berkesempatan mendapatkan Samsung Soundbar secara gratis melalui pembelian salah satu produk TV unggulan Samsung dengan tipe QLED TV 55Q7F, UHD TV 55NU7300, UHD TV 58NU7103 atau UHD 50MU6100.

Orangtua millennials juga tentu perlu update dengan teknologi yang memberikan kemudahan dalam menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari. Tren masa depan juga akan membawa perangkat elektronik saling terkoneksi dan terintegrasi melalui konsep Internet of Things (IoT). yang memungkinkan perangkat elektronik untuk saling terkoneksi.

Konsep IoT ini menawarkan keleluasaan dan kemudahan dalam multitasking. QLED TV dan smartphone jadi pusat kontrol sehingga mesin cuci AddWash dan vacuum cleaner POWERbot bisa dikendalikan dan dikontrol dari jauh melalui aplikasi SmartThings.

Jadi sambil menonton TV atau menemani anak belajar, bisa tetap sambil mencuci dan membersihkan rumah. Karena proses pencucian pada mesin cuci AddWash dapat terus dipantau secara nyaman pada QLED TV dan smartphone.

Membersihkan rumah dengan vacuum cleaner POWERbot juga jadi lebih simpel karena bisa dikendalikan melalui smartphone. Mommies hanya tinggal lakukan penjadwalan di smartphone kemudian POWERbot akan bekerja sendiri dan mengirim notifikasi setelah proses vacuum cleaning selesai. Waktu untuk bersih-bersih, kini bisa digunakan untuk menemani anak bermain. Tak usah khawatir pula dengan kinerjanya, vacuum cleaner ini punya daya hisap 70x lebih kuat dari vacuum cleaner konvensional untuk kebersihan maksimal.

Tertarik untuk mampir dan mencoba?


Post Comment