Mommies, Pijat Bayi Sendiri di Rumah Yuk!

Walaupun sudah banyak dibahas mengenai manfaatnya, kok rasanya masih suka ngeri ya kalau mau pijat bayi sendiri di rumah?

Hari Jumat lalu, tepatnya tanggal 1 Juni kemarin, Mommies Daily bersama JOHNSON’S® menyelenggarakan talkshow dengan tema “Manfaat Pijat Bayi Bagi si Kecil”, yang dihadiri oleh dr. Atilla Dewanti, SpA, dari RSIA Brawijaya. Begitu liat posternya, saya langsung semangat banget untuk ikutan. Ternyata bukan cuma saya aja yang semangat, banyak juga anggota komunitas MD yang antusias, umumnya yang masih punya bayi di bawah usia satu tahun.

johnson-1

Menurut dr. Atilla, 28 hari pertama kehidupan bayi adalah masa yang sangat krusial karena daya tahan tubuh bayi masih belum sempurna sehingga perlu perawatan yang ekstra, salah satunya adalah dengan dipijat secara rutin. dr. Atilla menyampaikan penjelasannya mengenai segudang manfaat pijat bayi yang bisa didapatkan. Bukan hanya memberikan manfaat untuk bayi, loh, pijat bayi juga memberikan manfaat untuk ibu. Salah satunya adalah untuk mencegah terjadinya baby blues. Kalau untuk bayi, ada manfaat fisik dan manfaat emosi yang bisa didapatkan bila rutin dipijat.

Manfaat fisiknya adalah membantu sistem penyerapan nutrisi dan sistem pencernaan, melancarkan sistem peredaran darah, melancarkan pernapasan, meningkatkan berat badan, meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki kualitas tidur, dan membantu meredakan kolik. Sedangkan manfaat emosi yang bisa didapatkan dari pijat bayi adalah meningkatkan bonding antara ibu dan bayi, membuat anak mampu bersosialisasi, membuat anak mudah tersenyum, serta mengurangi hormon stres.

Walaupun manfaatnya banyak banget, dr. Atilla menekankan kalau manfaat-manfaat tersebut bisa didapatkan secara maksimal bila pijat dilakukan sendiri di rumah oleh orangtua si bayi. Jadi bukan pijat di baby spa ya, hahaha. Rasanya kayak disentil deh dengar kalimat dr. Atilla tersebut. Saya termasuk ibu-ibu yang pernah ngajak bayinya buat gaya-gayaan pijat di baby spa. Soalnya jujur aja, saya agak takut kalau mau pijat bayi sendiri di rumah. Apalagi bayi saya termasuk bayi mungil dengan berat badan lahir rendah.

Jadi bukan sekadar gerakan pijatnya yang dibutuhkan bayi, tetapi sentuhan cinta dari orangtuanya yang paling penting karena kontak fisik adalah ikatan emosional pertama bayi dengan ibu mereka. Hal tersebut membantu untuk merangsang indera mereka dan merupakan kunci untuk kesehatan dan perkembangan bayi. Atas dasar itu juga, JOHNSON’S® memperkenalkan inisiatif terbaru Sentuhan Cinta ke masyarakat luas, terutama kaum ibu di Indonesia. Wynne Lukman, selaku Brand Manager JOHNSON’S® , yang kemarin turut hadir, menjelaskan bahwa program Sentuhan Cinta ini bertujuan untuk memberikan bayi di seluruh Indonesia kesempatan yang sama untuk hidup agar mereka dapat tumbuh, berkembang, dan menggapai impian mereka.

johnson-2

Melalui program Sentuhan Cinta ini, JOHNSON’S® juga mulai mengadvokasi para ibu di tiga wilayah dengan kematian bayi yang relatif tinggi, seperti Maluku, Sumba, dan Sumatera Barat. Perjalanan telah dimulai dari 14 Mei 2018 dan dipublikasikan secara teratur di akun Instagram resmi JOHNSON’S® @johnsonsbaby_id dan Facebook @JohnsonsBabyIndonesia.

Kita juga bisa loh ikut berpartisipasi mendukung lebih banyak lagi ibu di Indonesia yang memanfaatkan Sentuhan Cinta untuk mendukung tumbuh kembang bayinya. Caranya dengan membeli semua produk JOHNSON’S® Baby di Alfamart atau di JOHNSONS Baby Care Collection di Tokopedia. Setiap transaksi minimal Rp. 25.000 akan disumbangkan sebesar Rp. 500,- kepada Save the Children di Indonesia (Yayasan Sayangi Tunas Cilik) untuk membantu mendidik ibu lainnya di seluruh Indonesia mengenai pentingnya pijat dan ritual mandi bayi. Kampanye ini berlangsung mulai dari 1 Mei hingga 30 Juni 2018.

Para mommies yang hadir di acara kemarin bukan hanya mendapatkan penjelasan dari dr. Atilla dan perwakilan JOHNSON’S® aja, tetapi juga bisa belajar langsung praktik cara pijat bayi yang benar. Ada Ibu Emilia, selaku Professional Service Officer dari JOHNSON’S® Baby, yang mengajarkan gimana sih langkah-langkah pijat bayi yang benar dan sudah terbukti klinis memberikan manfaat untuk tumbuh kembang bayi. Sesi ini memang jadi sesi yang paling ditunggu-tunggu.

Semua mommies antusias banget menyimak dan mengikuti semua tips dan langkah pijat bayi yang diajarin sama Ibu Emilia. Mulai dari gerakan pijat I Love You, yang jadi gerakan favorit ibu-ibu sejagat raya karena terbukti bisa mengatasi bayi yang sembelit atau juga masuk angin, hahaha. Saya juga jadi makin PeDe buat memijat bayi saya setelah mengikuti praktek pijat ini.

Nah, kalau mommies punya pertanyaan seputar pijat bayi dan tumbuh kembang anak, para mommies bisa mengunjungi juga YouTube Johnson’s Baby Indonesia karena ada banyak video seri “Terbaik untuk Bayi” yang merupakan jawaban atas pertanyaan yang paling sering muncul pada ibu seperti seputar menyusui, perawatan bayi baru lahir termasuk mengenai pijat bayi, makanan bayi, pertumbuhan bayi dan seputar kehamilan.

Di akhir acara, ada 4 orang mommies yang beruntung mendapatkan hampers dari JOHNSON’S® . Mereka adalah yang dinobatkan sebagai best dress dan postingan instagram terbaik. Seru banget kan, udah dapat penjelasan dan konsultasi gratis dari dokter, praktek pijat bayi langsung dari ahlinya, plus dapat hadiah pula. Next nya, kalau ada acara Mommies Daily lagi jangan lupa join ya, Mommies.


Post Comment