Sweet Seventeen, Dari KTP Hingga Pesta Ratusan Juta

Siapa yang dulu merayakan ulang tahun ke 17? Merayakan di mana?

party

Saya sih nggak ya karena dulu umur 17 udah kuliah semester empat. Maklum masuk sekolah terlalu cepat hampir dua tahun. Jadi selama SMA saya datang ke beberapa pesta sweet 17, tapi saya nggak merayakan ultah ke 17 saya sama sekali.

Beda dengan ibu saya. Ibu saya ulang tahun ke-17 di tahun 1980 dan beliau juga merayakannya meski hanya di rumah. Mengundang sahabat, teman-teman sekolah dan tetangga. Foto-fotonya masih ada hingga kini.

Jadi pesta perayaan ulang tahun ke 17 itu sudah jadi tradisi sejak puluhan tahun lalu banget ya. Kenapa sweet seventeen harus dirayakan?

Tidak lebih karena coming-of-age tradition yang juga banyak dilakukan di seluruh dunia. Di Amerika, coming-of-age tradition dilakukan lewat pesta ultah ke-16 atau sweet sixteen party. Di Brazil malah usia 15 tahun yang dirayakan sebagai coming-of-age tradition.

Di Indonesia, usia 17 tahun artinya sudah bisa punya KTP dan SIM sendiri. Selain boleh menyetir sendiri, punya KTP juga artinya banyak tanggung jawab lain yang sudah tidak butuh persetujuan orangtua.

Thanks to Instagram, sekarang perayaan ultah ke-17 dibuat jadi lebih indah. Iya sih merayakan ultah ke-17 sudah banyak sekali dilakukan sejak dulu. Bedanya, sekarang lebih Instagrammable!

sweet17

Tak cukup hanya hotel dan EO, didapuk pula dekorasi dengan tema khusus, photobooth untuk tamu, dan fotografer serta videografer. Berapa biaya yang harus keluar untuk paket sweet seventeen di hotel Jakarta?

Dikutip dari websitenya, Kempinski Jakarta mematok harga Rp 140juta untuk 200 undangan paket sweet seventeen. Itu baru harga makanan dan tempat, belum dekorasi, baju, dokumentasi, dan pengisi acara.

Tentu banyak hotel lain yang harganya tidak sefantastis itu ya (fantastis buat saya sih hahahaha) tapi tetep lho saya kagum karena kini pesta sweet seventeen dipikirkan sampai detail tema dan dekorasinya. Selevel sama pesta pernikahan lho!

sweet172

Pertanyaannya: pentingkah sweet seventeen dirayakan sebesar itu?

Tadinya saya ingin bilang “kan tidak ada tradisinya!” Tradisi maksudnya semacam memukul Pinata berisi mainan dan permen seperti yang dilakukan orang Mexico. Atau ya bikin tumpeng saat syukuran ulang tahun.

Tapi ternyata, tradisi coming of age di seluruh dunia memang hanya perayaan. Jadi tidak perlu ada tradisi atau acara apapun, perayaan itu sendiri yang jadi tradisinya.

Di negara seperti Korea, Jepang, Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan negara-negara Skandinavia, coming of age tradition dirayakan karena jadi transisi antara anak-anak dan legal age yang diperbolehkan untuk menyetir mobil minum alkohol atau merokok.

Dengan demikian, banyak pula yang jadi menghadiahi anaknya mobil saat coming of age. Uniknya, rata-rata yang merayakan memang anak perempuan.

Jadi penting atau tidak perayaan sweet seventeen kembali ke keluarga masing-masing saja ya. Sesuai value keluarga dan tentunya sesuai dengan prioritas. Kan nggak lucu ultah bisa habis ratusan juta tapi jadi harus berutang untuk masuk sekolah.

Iya sih, banyak pula yang memilih merayakannya “kecil-kecilan”. Hanya dengan teman dekat di cafe sederhana. Tapi tetep, dekorasi table setting, bunga, balon foil, dan backdrop nggak ketinggalan. Jadi ya, bukan sekadar traktir teman makan aja. Memang Instagram ini mengubah segala jenis perayaan ya.

Ada yang anaknya sedang minta dirayakan ulang tahun ke-17? Share yuk!


Post Comment