Buumi Playscape, Playground Lengkap Sebagai Pendukung Tumbuh Kembang Anak

Tak sekadar bermain, di Buumi Playscape ini, si kecil juga bisa mengikut berbagai macam kelas dengan tema yang mendukung tumbuh kembangnya.

Beberapa tahun belakang, tempat  bermain yang letaknya di mall atau punya bangunan sendiri, memang sedang marak. Karena kami para orangtua membutuhkannya. Tempat si kecil bermain, dengan mainan yang mumpuni dan sesuai dengan usianya.

Buumi Playscape - Mommies DailyImage: Buumi Playscape

Dari sekian banyak playground yang sudah pernah saya singgahi. Buumi Playscape terasa dan terlihat berbeda.  Di tempat bermain yang diperuntukkan untuk anak usia 6 bulan hingga 12 tahun ini, anak nggak hanya bermain. banyak kegiatan tambahan, yang disediakan di sana, melalui kelas-kelas khusus. Tujuannya, tak lain, sebagai pendukung tumbuh kembang si kecil. Misalnya Kids Painting, Toddler Pottery, Fine Motor Fun, Science Fun Club, Animal Story Quran, kelas bayi bermain dan masih banyak lagi.

Adalah Natasha R. Guna salah satu founder Buumi Playscape, atau akrab disapa Mbak Tasha, mengungkapkan “Buumi Playscape bukan hanya sekadar playground. Kalau playground kebanyakan, kan hanya tempat bermain. Di sini kami fokus, sebagai tempat bermain, beraktivitas dan tempat belajar juga.” Selain Mbak Tasya, tiga founder lainnya adalah Renee Tang, Erica Pramesty dan Talla Aryanto.

Buumi Playscape - Mommies Daily

Area bermain yang baru saja dibuka Mei 2018 ini, menurut saya pantas dicoba. Bagi dari segi kenyamanan, keamanan dan variasi permainannya, seperti yang tergambar lewat obrolan MD dengan Mbak Tasha berikut ini.

Konsep Buumi Playscape seperti apa, Mbak Tasha?

Buumi Playscape adalah integrated children center, yang fokus on early childhood development. Kami bukan hanya sekadar playground. Kalau playground kebanyakan, kan hanya tempat bermain. Di sini kami fokus, sebagai tempat bermain, beraktivitas dan tempat belajar juga.

Jadi di Buumi, setiap hari dan setiap dua jam. Dari jam 9 pagi, dan kalau akhir pekan, sampai jam 7 malam, kami ada in house activity gratis. Artinya, kalau mommies sudah beli tiket di Buumi, itu sudah termasuk kegiatan di Buumi. In house activity-nya setiap hari berbeda, dan setiap bulan ada temanya. Untuk bulan Juni ini, temanya sedang musim semi.

Untuk kelas-kelas yang ada Buumi, kami punya 11 vendor yang terlibat. Contohnya bulan ini, yang temanya summer. Mulai dari 18 Juni sampai 18 Juli 2018. Tidak hanya untuk anak, orangtua juga bisa ikutan. Ada kelas stimulasi newborn, sampai untuk anak yang tujuh tahun.  Kami mengundang vendor-vendor, yang sudah terpercaya di dunia anak, untuk mengadakan kelas-kelas di Buumi.

Sejak kapan Buumi ada di Pasific Place?

Kami mulai sejak 3 Mei 2018.

Permainan dan fasilitasnya, ada apa saja?

Buumi Playscape - Mommies Daily

Yang pertama ada class room, diperuntukkan untuk beragam aktivitas. Sisanya adalah spot bermain, di antaranya ada Underground Tunnel, Tree House, Slide 1 & 2, Babies Lounge, Net Ball Pit, Pretend Pre Lounge, Ribbon Forest. Selain permainan yang besar-besar, kami juga menyediakan buku-buku. Ada  juga mainan-mainan kecil, seperti yang ada di Babies Lounge. Ada sensory board yang cukup terkenal di Buumi. Kami memanfaatkan tempat yang terlalu besar, tapi tetap banyak permainan.

Buumi Playscape - Mommies Daily

Buumi Playscape - Mommies Daily

Buumi Playscape - Mommies Daily

Nah, salah satu concern ibu-ibu tentang playground kan masalah kebersihan. Bagaimana Buumi playscape menjaga hal tersebut, mbak?

Pada dasarnya kami punya tim yang melakukan hal tersebut. Setiap hari kami rutin membersihkan area Buumi, termasuk mainan lepasan. Mainan yang kecil, itu kami steril. Contoh lainnya, bola-bola yang di Ball Pit, kami bersihkan dua minggu sekali. Bagian terkecil dari permainan yang ada di sini, kami rendam atau cuci menggunakan cairan disinfektan. Nah untuk cat, kami gunakan cat khusus, yaitu cat anti bakteri.

Bagaimana soal tingkat kemanan di sini?

Buumi Playscape - Mommies Daily

Tim Buumi Playscape yang bekerja di sini, semuanya punya early childhood background. Bahkan sampai office girl kami, dicari yang pernah punya pengalaman menangani anak-anak. Karena kami merasa, interaksi, dan tingkat kedetailan dengan anak pasti berbeda. Selain itu, kalau dilihat, Buumi kecil di daerah depan, tapi lebar di area belakang. Itu memang ada tujuannya. Karena kami tidak mau, anak-anak terekspose oleh orang asing. Selain itu, dengan menghadirkan soft play, sebenarnya karena alasan keamanan anak-anak yang masih di bawah 6 tahun.

Tujuannya Buumi Playscape hadir sebetulnya untuk apa, mbak?

Pertama, ketika kami buka Buumi Playscape diawali rasa kurangnya tempat aktivitas anak. Maksudnya tempat main anak itu banyak, tapi tempat anak beraktivitas belum banyak. Kadang orangtua suka “haus”, setelah main di satu playground, sekadar bermain saja.

Sementara anak-anak itu, gampang banget bosan. Kami ingin, ketika anak datang ke Buumi. Tidak hanya bermain bebas, tapi juga ada bermain yang diarahkan, atau main yang bereksperimen.

Kedua, tempai ini harus mendukung pertumbuhan anak dan juga kontribusi orangtua. Itu sebabnya, kami membuat tempat yang juga parent’s friendly. Misalnya orangtua nggak merasa bosan saat main ke Buumi, karena bisa sekalian foto untuk content Instagram mereka :). Dan kalau dilihat, di tempat kami, banyak tempat untuk duduk-duduk dan santai. Sementara orangtua bisa menunggu sampai santai, anak-anak bisa bermain dan aman.

Ada rencana selanjutnya untuk Buumi Playscape?

Setiap bisnis pastinya ingin ekspansi ya. First thing first, kami ingin mengembangkan di Pasific Place dulu. Kami ingin melebarkan area Buumi Playscape, di tahun-tahun mendatang. Ke depannya kami berharap bisa ada gymnastic, studio art, dan childcare. Kami suka daerah Pasific Place ini karena mall ini lumayan di tengah. Dari daerah pusat dan selatan tidak terlalu jauh, dan dekat dengan perkantoran. Jadi ini membuka kesempatan untuk orangtua yang bekerja, supaya anaknya bisa beraktivitas di sini, tapi mereka tetap bisa menengok anaknya. Atau bisa dijemput.

Jadi sebetulnya seperti semi daycare?

Karena kan di sini lama bermainnya 4 jam, lalu ikut kelas hampir 2 jam. Itu sudah di atas 5 jam, bahkan hampir 6 jam. Itu kan lumayan, at least orangtua merasa, kegiatan anaknya di Buumi Playscape bisa tertata, sambal didampingi pengasuhnya.

Boleh kasih bocoran, harga tiket masuk?

Untuk sekarang (hingga akhir July 2018), karena kami masih opening price. Untuk anak 2 tahun ke atas, 100 ribu sudah termasuk pendamping. Anak 6 bulan – 2 tahun, 70 ribu. Kalau 6 bulan ke bawah, masih gratis.

Waaah, saya sih tetarik banget bawa Jordy ke sini. Ada mau janjian sama saya mungkin?


One Comment - Write a Comment

Post Comment