Hai Nak, Ingat 14 Hal Ini Saat Kalian Memilih Teman

Kita adalah sebagian dari teman kita – saya percaya banget dengan pepatah Mesir ini. Maka dari itu, saya berharap kedua anak saya mampu memilih teman dengan hati-hati!

Hai nak,

Saat ini usia mama sudah mau masuk kepala empat :D, banyak hal yang sudah mama alami tentu saja, salah satunya tentang dengan siapa mama ingin dan merasa nyaman bergaul. Semakin dewasa alias menua mama, ada titik ketika mama sudah sudah tidak peduli lagi dengan seberapa banyak teman yang mama miliki, sebaliknya, mama cenderung lebih selektif memilih teman.

Hai Nak, Ingat 14 Hal Ini Saat Kalian Memilih Teman - Mommies Daily

Di masa Sekolah Dasar hingga kuliah, itu adalah masa ketika mama ingin mempunyai banyaaaaak sekali teman, dengan anggapan semakin banyak teman, semakin popular dan mudah hidup mama. Tapi itu salah nak, kadang, terlalu banyak teman yang kita pilih tanpa kita seleksi malah membuat kita mudah terjerumus ke dalam masalah, termasuk masalah fashion yang masyallah memalukannya begitu dilihat lagi di foto-foto (been there done that, nak!)

Memasuki dunia kerja, mengalami banyak hal menyenangkan dan tidak menyenangkan yang diakibatkan oleh seorang teman, membuat mama akhirnya pelan-pelan mulai selektif memilih teman, mereka yang dengan siapa mama bisa berbagi cerita, masalah, kabar gembira tanpa ragu.

Hai Nak, Ingat 14 Hal Ini Saat Kalian Memilih Teman - Mommies Daily

Jadi, mumpung kalian masih berada di bangku Sekolah Dasar, saat perjalanan kalian masih panjang, saat kalian masih bisa belajar dari kesalahan orang lain (tidak harus belajar dari kesalahan sendiri), ini pesan mama untuk kalian saat kalian memilih teman:

1. Cari teman dari ras, suku, agama, latar belakang ekonomi dan pendidikan yang berbeda. Ini hal pertama yang wajib kalian pegang sebagai prinsip. Karena perbedaan bisa mengajarkan kalian banyak hal, nak, banyak sekali.

2. Cari teman yang tidak takut membicarakan keburukan kalian di depan kalian, namun yang menjaga nama baik kalian di belakang kalian. FYI, teman macam ini susah banget dicari.

3. Cari teman yang membuat kalian tetap bisa menghargai Tuhan kalian dan orangtua kalian.

4. Cari teman yang akan menunjukkan ke kalian bahwa hidup nyaman itu butuh kerja keras, bukan hanya sekadar menadahkan tangan ke orangtua.

5. Cari teman yang akan mengasah kemampuan kalian untuk tidak jenuh berkompetisi secara jujur. Karena ini artinya kalian belajar untuk saling dukung dan tidak mudah puas dengan apa yang kalian dapat.

6. Cari teman yang menganggap bahwa belajar dan membaca buku sama asyiknya dan serunya dengan bermain PS dan Nitendo. Karena ini membuat kalian menyadari bahwa hidup tanpa belajar dan mengais ilmu akan menyedihkan.

7. Cari teman yang bisa membuat kalian berani mengatakan TIDAK kepada hal yang salah, dan melakukan kebenaran walaupun itu mungkin bukan pilihan yang popular.

8. Cari teman yang bisa menerima kalian apa adanya, tanpa balutan siapa orangtua kalian, di mana kalian bersekolah, berapa isi rekening tabungan kalian, apa merek sepatu atau kendaraan yang kalian miliki.

9. Cari teman yang akan selalu mengingatkan kalian untuk tetap menjejakkan kaki kalian di bumi mau setinggi apa pun kalian berada. Mereka-mereka yang bisa tetap membuat anak-anak mama tetap rendah hati.

10. Cari teman yang tidak takut menegur kalian ketika kalian salah, bukan teman yang selalu mengiyakan apa kata kalian meskipun itu akan membuat kalian terjun bebas ke dasar jurang.

11. Cari teman yang memiliki respek terhadap kalian dan juga keluarga kalian.

12. Cari teman yang lebih peduli untuk “doing right” daripada “being cool”.

13. Cari teman yang mampu menghargai perbedaan yang ada di muka bumi ini.

14. Dan, jadilah teman yang memiliki 13 kriteria di atas ini nak, karena hidup tidak selalu tentang menerima, namun juga memberi. Lakukan hal yang sama kepada orang lain, seperti kalian ingin diperlakukan oleh orang lain.

Nah, mungkin karena semua syarat di atas ini makanya teman dekat mama cuma segelintir atau mungkin karena menurut banyak orang, mama nggak memenuhi syarat persahabatan mereka? Ahahahaha, anyway, tenang aja, mama juga akan hadir kok untuk ikutan menyeleksi teman-teman kalian (dengan dagu terangkat tinggi plus mata menyipit tajam, ahahahah). I love you kiddos.


Post Comment