banner-detik
PARENTING & KIDS

10 Hal yang Bisa Membunuh Rasa Percaya Diri Anak

author

annisast31 Jul 2023

10 Hal yang Bisa Membunuh Rasa Percaya Diri Anak

Percaya diri adalah skill yang harus dibangun. Namun tak jarang, kita sebagai orangtua yang kadang malah mematahkan dan membunuh rasa percaya diri anak.

Membesarkan anak yang percaya diri adalah salah satu goal saya sebagai orangtua. Anak yang percaya diri biasanya lebih bisa beropini dengan argumennya sendiri dan tidak rawan di-bully.

Hal yang Bikin Percaya Diri Anak Hilang

Jadi hati-hati ya Mommies, meski tidak disengaja, 10 hal ini bisa membunuh rasa percaya diri anak.

1. Membandingkan dengan anak lain yang dianggap lebih pintar/menurut/hebat/dll.

Tidak ada orang yang suka dibandingkan. Membandingkan anak dengan lain atau saudaranya sendiri membuat rasa percaya diri anak semakin rendah.

2. Mengkritik karakter anak

“Kamu ini kok cengeng” adalah salah satu labelling yang bisa terus melekat dan pada akhirnya mematahkan rasa percaya diri anak. Anak akan menilai dirinya cengeng dan tidak pemberani.

3. Menilai anak “aneh” atau “nakal”

Ini kadang tidak disadari. Contoh saat anak menggambar awan dengan warna hijau misalnya. Banyak orangtua yang langsung menilai “awan kok hijau dek, aneh banget”. Atau anak yang senang manjat kursi/meja di rumah langsung dilabeli “nakal” padahal sebetulnya itu bahaya, bukan nakal.

BACA JUGA: Tips Parenting dari Orangtua Misckha Aoki dan Devon Kei Kenzo: Selalu Dukung Anak-anak!

4. Mengulang kesalahan anak

Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Apalagi anak-anak yang masih belajar melakukan segala sesuatu. Jika anak salah, beritahu apa yang benar namun jangan terus ungkit kesalahannya. Ingat kalau tidak ada anak yang sempurna di dunia ini.

5. Jika anak gagal, orangtua merendahkan

“Kamu kok gitu aja nggak bisa sih!” padahal anak sudah berusaha keras bisa membunuh rasa percaya dirinya. Kalimat semacam “ini kan gampang banget lho” bisa membuat anak merasa semakin lemah dan tidak berdaya.

6. Mematahkan mimpi

Terdengar tidak mungkin ya, tapi kadang ketika anak menjelaskan mimpinya jangan pernah bilang “ah nggak mungkin sih kamu bisa gitu”. Dukung ia meskipun rasanya terdengar sangat tidak mungkin.

7. Mengambilkan semua keputusan

Banyak orangtua yang mengambilkan keputusan untuk anaknya agar anaknya tidak stres. Padahal membiarkan anak mengambil keputusan sendiri akan membuatnya lebih mandiri dan percaya diri lho!

8. Menilai anak lewat ranking di kelas

Menilai anak lewat ranking di sekolah (jika sekolahnya masih menerapkan sistem ranking) hanya akan membuat kita menjadi orangtua yang result oriented. Padahal anak punya kemampuan yang berbeda dan tidak bisa dong ya diukur kemampuannya dengan ranking.

9. Tidak pernah memuji

Banyak ya ternyata orangtua yang menghindari memuji anak karena takut anak jadi besar kepala. Padahal pujian bisa membuat anak lebih percaya diri jika diberikan dengan benar. Puji anak karena sudah bekerja keras tidak ada salahnya, lho!

10. Memaksa anak untuk selalu menurut

Anak adalah individu sendiri yang seharusnya bisa mengambil keputusan sendiri. Memaksa anak selalu mengikuti kehendak kita hanya akan membunuh rasa percaya diri dan kemandiriannya.

BACA JUGA: Kunci Mengajarkan Pendidikan Seks pada Anak

Cover: Photo by RODNAE Productions on Pexels

Share Article

author

annisast

Ibu satu anak, Xylo (6 tahun) yang hobi menulis sejak SD. Working full time to keep her sanity.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan