Tur Perpustakaan Saat Libur

Ditulis oleh: Febria Silaen

Sekarang perpustakaan makin banyak yang kece dan nyaman, jadi enak mengajak si kecil ke sana. Seperti beberapa perpustakaan berikut ini.

Liburan lebaran sudah selesai, tapi libur sekolah anak masih panjang. Mau mengajak ke mana lagi ya, padahal uang THR sudah habis tapi anak-anak masih ingin jalan-jalan. Jangan bingung, untuk mengisi liburan sekolah anak-anak tanpa harus menguras isi dompet, kita bisa mengajak tur perpustakaan.

Tentu saja perpustakaan yang dimaksud bukan perpustakaan konvensional yang isi buku dan buku saja. Tapi perpustakaan yang menyediakan fasilitas bermain yang seru. Di sini kita bisa mengajak anak keliling perpustakaan dari pagi hingga sore. Dan yang paling penting buat kita sebagai menteri keuangan rumah tangga, tur perpustakaan di bawah ini bebas biaya alias gratis.

Berikut pilihan perpustakaan yang bisa dijelajah bersama anak.

1. Perpustakaan Kemdikbud

Tur Perpustakaan di Saat Libur - Mommies Daily

Perpustakaan milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini bisa menjadi destinasi pertama, saat tur perpustakaan. Jangan salah ya, perpustakaan yang dimaksud berada di Gedung E lantai 7 dinamakan Sentra Paud Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. Saat berada di dalam Perpus PAUD, ada banyak mainan dan buku bacaan. Permainan yang disiapkan pun termasuk lengkap dan disesuaikan dengan usia anak-anak. Sedangkan untuk koleksi buku ada buku anak, parenting dan buku bacaan untuk orangtua juga. Di dalam perpustakaan ada toilet anak juga lho dan kalau bawa bayi, juga tersedia nursery room yang nyaman berikut kasur.

Jam Operasional Sentra PAUD Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini ini mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB dari Senin-Jumat.

2. Perpustakaan Nasional

aya Cikini, Jakarta Pusat, tepat di samping Planetarium. Gedung perpustakaan yang memiliki empat lantai ini juga menyiapkan ruangan baca khusus anak yang terletak di lantai 2 dan lantai 3. Di sini anak-anak tidak hanya membaca tetapi juga bisa bermain.  Ada berbagai buku cerita dan permainan yang cukup lengkap untuk anak-anak. Di lantai layanan anak terbagi menjadi 2 ruangan. Pertama area bagi anak di atas usia lima tahun dan area bagi anak balita.  Untuk ruangan pertama, terdapat area yang diperuntukkan sebagai tempat menyimpan buku sekaligus ruang membaca.  Selain itu juga terdapat area bermain yang menyediakan permainan edukatif lainnya seperti mainan balok dengan huruf, angka-angka dan beragam bentuk, hingga permainan alat gamelan kecil. Jangan khawatir, anak-anak tidak akan bosan

Perpustakaan yang dibuka pada 9 Oktober ini disebut sebagai gedung tertinggi di dunia untuk sebuah gedung perpustakaan. Letaknya di Jalan Medan Merdeka Barat, dekat dengan Monumen Nasional (Monas). Dulu hanya memiliki tiga lantai tapi kini hadir dengan wajah baru dengan 27 lantai.

Di setiap lantai Perpustakaan Nasional mencerminkan koleksi buku. Misalnya, pada lantai 14 terdapat koleksi buku langka, kemudian lantai 21-24 terdapat koleksi buku umum. Dan menariknya di lantai 24, kita bisa menikmati executive lounge untuk menikmati panorama area Monas. Menghabiskan waktu melihat sore hari langit Jakarta bisa jadi pengalaman yang mengesankan.

Nah, untuk anak-anak, kita bisa langsung mengajak ke lantai tujuh. Untuk ruang baca anak dikonsep menarik. Ada boneka, permainan anak dan interior dinding yang penuh warna. Tidak hanya itu, ada bantal duduk empuk dengan ukuran mini yang akan membuat anak nyaman saat berada di sini.

Karena lantai di ruangan baca anak ini dilapisi karpet, maka para pengunjung dihimbau untuk melepas ala kaki sebelum masuk. Koleksi buku di sini pun termasuk lengkap. Mulai dari ensiklopedia, buku bertema bahasa sampai agama. Semua buku dilengkapi gambar yang penuh warna, khas buku anak-anak.

Perpustakaan Nasional beroperasi Senin –Jumat, pukul 07.30-18.00 WIB. Tapi di akhir pekan, Perpustakaan Nasional tutup lebih awal, yaitu pukul 16.00 WIB.

3. Perpustakaan Cikini

Tur Perpustakaan di Saat Libur - Mommies Daily

Perpustakaan milik Pemprov DKI ini berada di kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), Jl Raya Cikini, Jakarta Pusat, tepat di samping Planetarium. Gedung perpustakaan yang memiliki empat lantai ini juga menyiapkan ruangan baca khusus anak yang terletak di lantai 2 dan lantai 3. Di sini anak-anak tidak hanya membaca tetapi juga bisa bermain. Ada berbagai buku cerita dan permainan yang cukup lengkap untuk anak-anak.

Di lantai layanan anak terbagi menjadi 2 ruangan. Pertama area bagi anak di atas usia lima tahun dan area bagi anak balita. Untuk ruangan pertama, terdapat area yang diperuntukkan sebagai tempat menyimpan buku sekaligus ruang membaca. Selain itu juga terdapat area bermain yang menyediakan permainan edukatif lainnya seperti mainan balok dengan huruf, angka-angka dan beragam bentuk, hingga permainan alat gamelan kecil.

Jangan khawatir, anak-anak tidak akan bosan berada di sini. Karena Perpustakaan Cikini punya area bermain yang berada di sebelah perpustakaan. Playground dengan luas 665 meter persegi menghadirkan kolam mandi bola, perosotan, ayunan, scooter, mobil-mobilan, dan sepeda. Seru banget kan.

Perpustakaan Cikini buka setiap hari, kecuali hari libur nasional, mulai pukul 09.00-20.00 WIB.


Post Comment