Ini Alasan Mengapa Kita Mendukung Pentas Akhir Tahun Ajaran Sekolah

Ditulis oleh: Febria Silaen

Suka malas datang ke acara Pentas Akhir Tahun di sekolah anak-anak? Coba baca tulisan saya dulu deh, biar ngerti kenapa jangan malas datang.

Tahun ajaran sekolah sudah berakhir. Selain mendapatkan hasil prestasi akademik anak selama satu tahun pelajaran, biasanya kita akan diundang ke sekolah. Nah, dua bulan terakhir menjelang akhir tahun pelajaran, kesibukan saya sebagai ibu bertambah. Yaitu jadi koordinator dadakan untuk pertunjukan drama musik yang diketuai oleh anak saya. Mungkin karena anak menjadi ketua kelompok jadi mau tidak mau saya pun seperti didaulat otomatis menjadi koordinator dan seksi sok sibuk benar.

Awalnya saya pikir ini hanya pementasan drama yang biasa saja untuk penilaian. Jadi tidak berpikir macam-macam dan lebih membebaskan anak dengan teman-teman di sekolah untuk menentukan apa yang mereka akan tampilkan. Namun ternyata sejalan waktu, guru kelas mengadakan beberapa kali presentasi yang akhirnya memaksa kami sebagai orangtua membuat grup WhatsApp untuk mempersiapkan penampilan mereka.

Ada banyak hal menarik dari persiapan pertunjukan akhir tahun ini. Pertama, tentu saja berkoordinasi dengan para ibu-ibu dan bapak-bapak dengan kesibukan yang berbeda-beda menjadi tantangan tersendiri. Kemudian menyiapkan properti, kostum hingga musik. Dan mengatur waktu latihan bersama anak-anak dan menyemangati anak-anak untuk bisa memberikan penampilan terbaik.

Tapi, ternyata ada hal menarik perhatian saya selama menjadi koordinator dadakan ini. Ternyata tidak semua orangtua memiliki semangat yang sama dengan anak-anak. Ini cukup memprihatinkan menurut saya. Mereka antusias untuk latihan tapi ada beberapa orangtua malah melarang ikut latihan. Dengan berbagai alasan.

Padahal acara yang satu tahun sekali diadakan ini adalah sarana bagi anak untuk memperlihatkan kebolehan atau kreativitasnya yang diselenggarakan oleh paguyuban orangtua bekerja sama dengan pihak sekolah.

Selain itu juga, sebagai ajang pemberian penghargaan kepada anak, baik prestasi akademik maupun non-akademik, dan orangtua yang terlibat aktif di sekolah. Tujuan acara ini untuk memberikan tantangan sekaligus menghibur anak-anak setelah lelah belajar sepanjang tahun dan juga memamerkan hasil karya siswa.

Ini Alasan Mengapa Kita Mendukung Pentas Akhir Tahun Ajaran Sekolah - Mommies Daily

Apa pun tema yang diberikan tiap sekolah, kegiatan ini menjadi sarana bagi anak untuk ujuk kebolehan atau kreatifitas mereka. Bahkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui akun resmi instagram menyampaikan alasan dan manfaat mengapa kegiatan “Pentas Akhir Tahun” menjadi penting sebagai bagian tidak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.

Berikut penjelasannya seperti dikutip dari laman Sahabat Keluarga Kemdikbud:

1. Sebagai ajang ekspresi para siswa yang perlu dilihat dan diapresiasi orangtua.
Dengan demikian orangtua jadi tahu keterampilan, minat, dan bakat anak yang mungkin saja selama ini belum orangtua sadari.

2. Mendidik anak untuk bisa tampil percaya diri di depan umum.
Ini merupakan salah satu modal penting si kecil dalam bertumbuh kembang di kehidupan sosialnya, Moms!

3. Tujuan dari acara ini adalah untuk memberi tantangan sekaligus menghibur anak-anak setelah lelah belajar sepanjang tahun.
Dalam kegiatan pentas akhir tahun, juga menjadi ajang memamerkan hasil karya mereka.

4. Acara ini merupakan bentuk apresiasi kepada para pihak yang telah terlibat aktif mewujudkan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan menyenangkan.

5. Bukan hanya siswa, orangtua juga memetik keuntungan dari acara ini.
Yaitu membangun kebersamaan orangtua, anak, wali kelas, guru, dan kepala sekolah.

Dan keuntungan lain bagi kita yang sedang mencari sekolah bagi anaknya, ajang pentas seni akhir tahun ajaran ini juga bisa menjadi sarana untuk mengenali karakter sekolah yang akan dipilih. Nah, ternyata banyak feadahnya bukan pertunjukkan pentas seni akhir tahun sekolah.

Lalu, bagaimana cara kita sebagai orangtua memperlihatkan bentuk dukungan kepada buah hati dan juga sekolah dalam kegiatan akhir tahun ini

Ya, buat saya pribadi bersedia menjadi koordinator dadakan adalah langkah konkrit dukungan saya. Bentuk lainnya adalah ketika kita mengizinkan dan mengantarkan anaknya latihan bahkan menemani. Atau memberikan rumah sebagai tempat latihan.

Pastinya sih, anak-anak juga akan merasa bangga dan senang ketika tahu orangtuanya ikut sibuk sama seperti dirinya dalam mempersiapkan pementasan akhir tahun di sekolah. Jadi ini akan menjadi motivasi bagi anak-anak untuk tampil dengan baik dan tidak malu di depan umum. Karena tahu kita, sebagai orangtua mendukung 100 persen. Bukan hanya sebagai penonton dan pemberi komentar saja.


Post Comment