Lakukan Cara Ini Untuk Membuat Ayah Bahagia

Ditulis oleh: Febria Silaen

Bulan Juni adalah bulan untuk para ayah boleh dimanja dan disenangkan oleh anak dan istri loh. Kenapa ya?

Karena pada tanggal 17 Juni adalah hari Ayah Sedunia. Ini adalah hari di mana kita, sebagai istri dan anak diajak untuk lebih menghormati para ayah.

Menurut cerita, Hari Ayah pertama kali dirayakan pada 19 Juni 1910 di negara bagian Washington. Dan di beberapa negara, perayaan Hari Ayah cukup populer dengan dilakukannya berbagai aktivitas menarik. Pada hari itu, adalah hari istimewa bagi para ayah dengan memberikan hadiah atau kegiatan bersama keluarga.

Meski di negara kita sebenarnya juga ada Hari Ayah yang jatuh pada tanggal 12 November, tapi nggak ada salahnya kok, kalau di bulan Juni ini kita juga ikut merayakan Hari Ayah Sedunia. Apalagi mengingat suami atau ayah anak-anak kita itu adalah tulang punggung dan pelindung rumah tangga.

Baca juga:

Perah Ayah dalam Pengasuhan

Lagi pula baik ayah dan ibu itu memiliki hak sama untuk mendapatkan kasih sayang dari anggota keluarga, bukan! Terus apa saja yang bisa kita lakukan untuk membuat ayah senang pada tanggal 17 Juni mendatang?

Ayah dengan dua anak laki-laki

Membuat kartu ucapan

Terkesan jadul ya? Ah nggak juga, kok. Meski sekarang adalah zaman digital tapi dengan membuat dan memberikan kartu ucapan sendiri akan lebih memberikan kesan mendalam.

Ajak deh si kecil mencari sumber ide dari internet dan buat sendiri kartu (DIY). Apalagi kartu ucapan dengan coretan, gambar dan tulisan dari anak bisa membuat ayah terharu lho.

Jangan lupa ya, menulis ucapan terima kasih dan sayang untuk ayah di kartu. Dan kartu bisa diselipkan di tas kerja ayah atau diberikan langsung saat ayah bangun pagi. Dijamin ayah akan kaget atas kejutan manis yang diberikan.

Memberikan kado

Ini juga bisa dijadikan ide dengan memberikan kado yang spesial buat ayah. Jadi tidak hanya di hari ulang tahun yang satu tahun sekali, ayah mendapatkan kado. Di Hari Ayah Sedunia, kita bisa mengajak anak untuk menyiapkan hadiah istimewa. Ya, bentuknya bisa macam-macam. Mulai dari barang kesukaan ayah, memasak makanan favorit atau memberikan kecupan sayang dan pelukan sebelum tidur malam.

Membersihkan kendaraan atau sepatu

Kegiatan ini juga bisa jadi kado buat ayah tercinta. Saat pagi hari berikan kejutan dengan membersihkan mobil atau motor ayah. Atau ajarkan anak untuk menyiapkan keperluan ayah saat kerja. Misal menyemir sepatu dan menyiapkan koas kaki. Kita bisa mengajak si kecil menyelipkan kartu ucapan bertuliskan “I Love You”, di motor atau mobil ayah yang sudah kinclong. Kartu juga bisa diletakkan di sepatu, jadi saat ayah akan memakai, dia pasti akan terkejut dan terharu.

Membebaskan Ayah melakukan yang disukai

Ternyata nggak hanya kita para mommies yang butuh Me Time. Para ayah juga butuh waktu untuk diri sendiri melakukan hobi atau hal yang disukai. Nah, gimana kalau di Hari Ayah Sedunia, kita membebaskan ayah satu hari untuk melakukan yang disukai.

Misal, ayah suka main game ya biarkan saja dan jangan diganggu. Atau ayah yang sedang diet, bisa juga memberikan satu hari bebas dari menu diet. Atau mungkin ayah hanya ingin berleyeh-leyeh, bangun siang, menonton televisi dan bermalas-malasan. Nggak usah ngomel ya Moms. Biarkan saja ayah menikmati Me Time nya.

Mengucapkan Tolong, Terima Kasih dan Maaf

Ngaku deh, pasti kita suka meminta bantuan ayah sambil memerintah. Atau mungkin ngomel-ngomel kalau ayah melakukan kesalahan. Padahal sih kesalahan bukan hal fatal. Hanya hal kecil tapi udah bikin kita gregetan karena hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi kita saja.

Nah, kalau selama ini kita selalu mengajarkan anak untuk jangan sungkan mengatakan TOLONG, TERIMA KASIH dan MAAF, coba tanya ke diri sendiri, apakah kita juga sudah melakukan hal yang sama?

Gampang kan menyenangkan suami dan ayah tercinta!

Happy father’s day

Anyone can be a father, but it takes someone special to be a dad, and that’s why I call you dad, because you are so special to me. You taught me the game and you taught me how to play it right.
Wade Boggs

Baca juga:

Anakku, Maafkan Ayah Karena ….


Post Comment