Road Trip Bersama Balita? Jangan Lupakan Barang-barang Ini

Pertengahan tahun jadi momen liburan banyak keluarga. Sudah punya rencana liburankah, mommies? Kalau memilih road trip membawa balita, harus bawa barang apa saja?

tips mudik bersama bayi

Road trip atau berkendara jarak jauh bersama balita pasti memang lebih tricky karena kita sebagai orang dewasa saja bosan kan menghabiskan waktu berjam-jam di jalan. Apalagi kalau jalur yang ditempuh cukup jauh seperti susur Sumatera atau Jakarta – Bali.

Bisa nggak ya bawa bayi atau balita? Bisa banget! Asal selalu ingat, berkendara bersama anak, kenyamanannya adalah hal yang utama. Anak happy ibu biasanya happy tapi kalau anak cranky, kita juga jadi sering terbawa cranky kan ya.

Jadi pastikan mommies ikuti tips dan membawa barang-barang ini agar balita tetap nyaman selama di perjalanan.

Tips road trip bersama balita:

– Siapkan mental. Anak meninggalkan zona nyaman tentu banyak hal yang ia khawatirkan. Sounding sejak jauh-jauh hari akan sangat membantu mempersiapkan anak untuk perjalanan jarak jauh.

– Pastikan kendaraan dalam kondisi prima dan fitur child lock berfungsi agar anak tidak bisa membuka pintu dari dalam.

– Rencanakan berapa kali jeda istirahat atau menginap di mana dalam perjalanan agar anak bisa turun dari mobil dan bergerak bebas. Sesuaikan juga jam pergi dengan jam tidur anak agar anak tidak rewel.

– Siapkan makanan dan cemilan kesukaan anak. Bawa sebanyak mungkin untuk mendistraksi kebosanan.

– Kotak P3K is a must! Jangan lupa vitamin agar kondisi tubuh anak prima dan tidak jatuh sakit.

– Buat playlist lagu anak agar anak tetap happy selama di perjalanan. Jika mommies bebas memberi screen time, pasang penyangga ponsel atau tablet di mobil agar anak bisa nonton dengan nyaman.

Untuk rekomendasi barang yang harus dibawa saat road trip agar balita tetap nyaman:

Car seat. Pilih car seat yang tepat dan sesuai dengan berat badan anak. Pemilihan car seat yang tidak tepat bisa membuat anak rewel dan tidak betah duduk di car seat. Perhatikan juga ketebalan dan bahan pelapis busanya. Beberapa car seat punya busa yang tipis dan bahan yang tidak nyaman sehingga anak jadi kepanasan.

tips mudik bersama balita

- Pasang sun shade/tirai agar mobil tidak terasa panas juga tidak silau.

- Pilih stroller yang ringan dan mudah dilipat. Perhatikan juga ukurannya apakah sesuai dengan ukuran bagasi mobil. Beberapa rekomendasi produk stroller ringan di antaranya adalah City Tour Baby Jogger, Mothercare Jive, atau GB Pockit. Stroller ini berguna agar saat mampir-mampir di perjalanan, mommies tak perlu repot menggendong anak yang kelelahan.

tips mudik bersama anak

- Siapkan buku atau mainan agar anak tidak bosan di perjalanan. Ada baiknya untuk membeli beberapa mainan baru agar anak masih excited memainkannya. Jangan lupa tetap pilih mainan edukatif ya, mainan-mainan dari Early Learning Center bisa jadi pilihan.

- Baby carrier harus tetap dibawa lho moms. Siapa tahu di tempat tujuan anak tidak mau duduk di stroller. Sesuaikan baby carrier dengan usia anak dan usahakan anak tetap bisa tidur nyaman di carrier-nya.

- Alat mandi ukuran kecil agar tidak menyita tempat dan tidak berat untuk disimpan di dalam tas. Beberapa rekomendasi produk dari kami di antaranya Bebe Rossie telon cream, Cetaphil travel pack, dan Mothercare We All Know Liquid Talc.

tips mudik bersama bayi

- Siapkan juga plastik untuk berjaga-jaga jika anak ingin muntah. Plastik juga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan baju basah atau terkena makanan.

Semua barang ini bisa ditemukan store Mothercare terdekat atau cek dulu koleksi lengkapnya di online store Mothercare Indonesia.

Selamat road trip moms! Semoga perjalanannya lancar!


Post Comment