Agar si Kecil Nyaman Selama Mudik Lebaran

Siapa di antara mommies yang tahun ini mudik? Saya ucapkan selamat dulu, ya. Pasti senang, mau ketemu keluarga di kampung halaman. Mencicipi kuliner khas setempat, dan sudah pasti sambil liburan. Tapi inget juga ya mommies, untuk persiapkan kenyamanan si Kecil saat mudik lebaran.

Agar si Kecil Nyaman Selama Mudik Lebaran - Mommies Daily

Soalnya, tahu sendiri kan, yang namanya mudik, kadang prosesnya tak semulus yang dibayangkan. Khususnya buat mommies yang akan menggunakan jalur darat dan membawa baby. Ada saja keadaan yang kurang kids friendly selama perjalanan, atau ketika sudah sampai di kampung halaman. Daripada anak jadi rewel, lebih baik lakukan beberapa hal ini, agar perjalanan mudik jadi momen tak terlupakan.

1.Sugesti positif ke anak dan diri sendiri

Kalau si Kecil masih bayi, saya yakin banget, suasana hati mommies berbanding lurus dengan suasana hati anak. Kalau kita tenang, yakin semua akan berjalan baik-baik saja, niscaya si Kecil juga ikutan tenang. Kecuali, ada factor X di luar itu. Misalnya sakit, kepanasan, haus, atau lapar. Eh tapi, nggak apa-apa juga lho, diajak ngobrol. Kan bayi sudah bisa mendengar suara. Dengan intonasi mommies yang lembut, bayi akan merasa tenang dan nyaman ditemani suara ibunya.

Berbeda lagi jika si Kecil sudah bisa diajak komunikasi dua arah. Jauh hari sebelum keberangkatan, mommies harus rajin untuk mengajaknya berdiskusi soal perjalanan mudik. Apalagi kalau ini adalah momen mudik pertamanya. Kemana tujuan kita, hal-hal menarik yang ditemui di perjalanan, dan jelaskan juga moda transportasi apa yang akan mommies sekeluarga gunakan. Ceritakan dengan detail, simulasi perjalanan menggunakan mobil, kereta, atau pesawat. Semua itu bisa dijelaskan sambil memperlihatkan gambar nyatanya lewat internet, atau video di YouTube.

2.Essential items yang tidak boleh dilupakan

Untuk kebutuhan anak, ada beberapa essential items yang tidak boleh tertinggal: camilan kesukaannya (kecuali babies yang masih mengonsumsi ASI), kotak P3K, mainan kesayangan, tissue basah dan kering, air minum, vitamin, dan deterjen khusus bayi.

Khusus item yang terakhir, saya mau berbagi kisah nih, mommies. Biasanya, saya bawa Sleek Baby Laundry Travel Wash. Saya sudah pernah pakai, dan voila, benar dong mampu menghilangkan noda membandel. Tahu sendiri, ya. Anak-anak kalau makan suka heboh, sampai-sampai berbagai macam noda menempel di baju, atau celananya. Untungnya, Sleek Baby Laundry Travel Wash punya kandungan Natural Plant Extract yang mampu melindungi baju si Kecil dan tidak menyebabkan iritasi.

Agar si Kecil Nyaman Selama Mudik Lebaran - Mommies Daily

Sesuai komitmen Sleek Baby melindungi 1000 Hari Kehidupan si Kecil, perlindungan alami semacam ini yang menurut saya dibutuhkan si Kecil selama mudik. Pas di kampung halaman, mencuci dengan Sleek Baby Travel Wash, akan mengurangi kekhawatiran si Kecil terkena iritasi kulit. Karena walaupun tidak di rumah, si Kecil harus tetap mendapatkan perlindungan maksimal.

3.Hilangkan bosan dengan aktivitas menyenangkan selama perjalanan

Walau masih bayi, si Kecil juga bisa mengalami bosan, lho. Agar si Kecil tidak kebosanan selama perjalanan, sesekali putar lagu-lagu favoritnya, atau ajak si Kecil melihat ke luar jendela. Mobil-mobil yang lalu lalang, rimbunnya pohon, dan hijaunya tanah lapang yang dibalut rumput, bisa menyegarkan penglihatannya.

Buat si kakak, mommies bisa mengajaknya mencari mobil berwarna tertentu, atau menyediakan buku gambar favoritnya. Jangan lupa untuk selalu memberinya apresiasi kecil berupa pelukan, atau camilan kesukaannya.

Selamat mudik, mommies :)


Post Comment