Road Trip Bersama Bayi, Perhatikan 8 Hal Ini Dulu, ya, Mommies

Musim mudik sudah di depan mata. Untuk mommies yang bawa bayi menggunakan jalur darat. Jangan lupa terapkan beberapa kiat ini, ya.

Senang deh kalau sudah dekat-dekat lebaran atau musim libur sekolah, banyak keluarga yang merencanakan pulang kampong, sekalian liburan. Ada yang memilih naik pesawat, kereta, bis tapi ada juga nih yang pillih jalur darat alias road trip.

Road Trip Bersama BayiImage: by li tzuni on Unsplash

Baca juga: 6 Alasan Mommies Harus Traveling Bersama si Kecil di Tahun Pertamanya

Alasan memilih masing-masing moda transportasi di atas macam-macam. Kalau saya, pernah ke Jogjakarta naik pesawat, karena nggak mau lama diperjalanan. Karena waktu liburan kami waktu itu, juga nggak bisa lama.

Nah, mommies yang memilih road trip, biasanya sih karena mau menikmati perjalanan. Mampir dari satu kota ke kota lain, dan tak jarang menyempatkan nginap di kota tertentu. Khusus untuk yang bawa bayi, saya punya beberapa kiat yang mudah-mudahan akan membuat perjalanan darat mommies tetap menyenangkan, dan mengurangi drama.

1.Persiapan mental orangtua

Saya percaya yang namanya suasana hati ibu atau ayah, berbanding lurus dengan anak. Kalau kitanya bawa fun, tenang dan yakin semua berjalan lancar. Output beruapa tingkah laku dan perkataan kita juga positif. Artinya, bisa meminimalkan marah-marah nggak jelas karena jalur mudik macet dan nggak ikutan cranky, pas anak merasa nggak nyaman.

2.Lupakan mainan yang terlalu besar

Iya sih, baby kesayangan kita punya mainan kesayangannya. Tapi kan bisa yang dipilih bentuknya nggak makan ruang di mobil. Pilih aja yang bisa masuk tas kita, alias handy.

3.Siapkan extra clothes

Agar PR memang bawa baby jalan-jalan. Karena kita nggak akan pernah tahu, apa yang terjadi selama perjalanan. Apalagi kalau yang sudah 6 bulan ke atas. Duuuh, jangan berharap pas waktunya makan baju tetap bersih 100%, hahaha. Better safe than sorry, right?

4. Snack, snack & snack!

Khususnya buat bayi 6 bulan ke atas, yang mulai mengonsumsi snack selain ASI dan MPASI. Kehadiran camian penting banget, lho. Jaga-jaga, kalau kita belum sampai ke tempat istirahat untuk melakukan makan berat, tapi si kecil sudah rungsing minta makan.

5.Stroller

Ini sih wajib banget bawa, untuk mommies yang pas ada di kampong halaman rencana mau jalan-jalan. Kecuali, kalau di tujuan mommies ada yang menyewakan stroller akan lebih pratis kan?

6. Changing Pad

Yang namanya traveling, bukan seperti jalan-jalan ke mall, ya. Dimana nursery room yang layak, ada di setiap lantai. Dalam kondisi darurat changing pad memainkan perannya dengan baik. Asalkan permukaannya datar, bayi bisa nyaman menunggu popoknya diganti oleh mommies.

7.P3K

Pastikan obat-obatan pribadi anak, nggak boleh ketinggalan. Plus sama thermometer, ya, mommies.

8. Baby carrier

Las but not least, gendongan model baby carrier sangat membantu mommies dan pak suami menggendong tanpa rasa pegal. Saya sudah membuktikannya, saat traveling hanya berdua dengan Jordy, silakan baca cerita lengkapnya di Menelusuri Oman, Surga Tersembunyi di Timur Tengah

Save trip, mommies! :)

Baca juga: Mudik Bersama si Kecil


Post Comment