Agar Kulit Tidak Menjadi Kering di Saat Berpuasa

Berpuasa bukan berarti kita mengabaikan kondisi kulit ya. Pastikan kondisi kulit kita tidak menjadi kering, dan kita bisa tetap tampil cantik di hari Raya, hehehe.

Sudah mendekati hari-hari terakhir berpuasa nih, mom. Minggu depan, kalau nggak ada perubahan, kita sudah merayakan Idul Fitri. Nah, Mommies merasakan nggak ada perubahan pada tubuh serta kulit wajah, karena perbedaan asupan air selama berpuasa? Biasanya, kulit kita akan terasa lebih kering, karena asupan air yang berkurang. Keadaan ini akan semakin terasa kalau kita bekerja di lingkungan yang paparan AC-nya setroooong :D.

Nah, mungkin kita bisa sedikit mengubah skincare routine dan memilih produk yang memberikan ekstra hidrasi khusus di bulan ini. Supaya pas Lebaran nanti tetap kinclong, dong. Apa saja yang bisa kita lakukan untuk menjaga kulit tetap lembap dan cukup hidrasi selama puasa?

Agar Kulit Tidak Menjadi Kering di Saat Berpuasa - Mommies Daily

• Jaga pola asupan air. Kedengarannya too obvious, ya, tapi tetap penting untuk diingat. Selama puasa waktu untuk minum terbatas, hanya setelah buka puasa hingga sebelum waktu subuh. Pastikan dalam waktu ini jumlah air yang kita minum sama dengan hari biasa. Karena tidak mungkin minum sekaligus, dibagi-bagi saja: dua gelas setelah buka puasa, empat gelas dalam waktu makan malam hingga menjelang tidur dan dua gelas saat sahur.

• Libur dulu pakai exfoliating toner, pakai hydrating toner. Kalau sebelumnya kita belum memasukkan langkah ini ke dalam skincare routine, sekarang waktunya mencoba. Hydrating toner membantu melembapkan kulit dan membuat kulit lebih mudah menyerap skincare selanjutnya. Kalau sudah terbiasa menggunakan hydrating toner, sekarang waktunya mencoba layering, yaitu mengaplikasikan hydrating toner hingga beberapa lapis. Kita bisa coba 3 layer, atau 7 layer kalau merasa kulit sangat kering.

• Gunakan serum yang memberikan hidrasi. Kita bisa mencari serum yang mengandung ingredients yang melembapkan seperti hyaluronic acid.

• Pakai pelembap yang lebih rich, bahkan di siang hari. Biasanya kita menggunakan pelembap yang lebih rich di malam hari karena terlalu “berat” untuk siang hari. Selama puasa, coba pakai di siang hari. Alternatifnya, juga bisa menggunakan facial oil, yang selama ini umumnya dipakai malam hari.

• Selalu sedia face mist untuk dipakai saat kulit terasa kering. Pastikan face mist yang digunakan adalah yang fungsinya melembapkan, ya.

• Lebih rajin menggunakan sheet mask. Di sela-sela waktu istirahat kerja, atau sambal ngabuburit, sheet mask bisa memberikan sensasi “adem” di kulit. Cari sheet mask yang mengandung hyaluronic acid atau collagen, karena biasanya fungsinya adalah memberikan ekstra hidrasi.

• Jangan lupakan bibir! Selalu gunakan lip balm untuk menjaga bibir tidak kering apalgi pecah-pecah. Asal ingat jangan jilat-jilat, ya.

Apakah Mommies punya rahasia kulit tetap terhidrasi selama puasa? Boleh cerita di kolom komen, lho. Selamat puasa, Mommies!


Post Comment