Tips Agar Anak Tetap Semangat Menangkan Puasanya

Menjaga mood dan semangat anak untuk tetap ‘bertahan’ puasa sampai selesai memang susah-susah gampang. Saya sih mencoba dengan trik berikut ini.

Suka ngerasa nggak sih, di bulan Ramadan gini, tugas kita sebagai ibu jadi semakin banyak. Mulai dari menyiapkan makanan sahur dan berbuka yang bergizi, biar keluarga tetap berenergi sampai harus jadi ‘cheerleaders’ untuk anak yang tengah berpuasa, agar terus bersemangat untuk #MenangkanPuasanya sampai hari ke-30. Well, I know I am, he… he…

milo-1

Ramadan kali ini merupakan Ramadan ke-3 untuk anak sulung saya Ghea (12 tahun) berpuasa full, walau sudah terbiasa, tapi tahun ini rada berbeda karena kegiatannya lagi banyaaaak banget, well mengingat dia sudah duduk di kelas 6 SD sekarang. Ya sekolah, les hip hop, les gitar hingga Tae Kwon Do dan mengaji. Aktivitasnya selama berpuasa tidak lebih sedikit dari aktivitasnya sehari-hari. Kebayang kan, besarnya energi yang dibutuhkan oleh anak. Makanya, penting banget untuk memberinya asupan gizi seimbang, biar nggak gampang drop.

Di luar urusan memenuhi energinya lewat makanan, di bulan puasa ini saya juga harus pintar-pintar meng-encourage Ghea untuk nggak menjadikan puasa sebagai alasan dia untuk malas beraktivitas. Tahu dong, kalau anak sudah ngeles “Aku capek ma, lemas, kan lagi puasa, nggak kuat..,” sounds familiar, nggak? Hehehe.

Makanya, saya berusaha membuat momen berpuasa terasa menyenangkan untuk Ghea. Bagaimana caranya? Saya mengajaknya untuk tetap melakukan aktivitas fisik seperti olahraga ringan yang bisa membantu tubuh melepaskan hormon endorfin, si pembawa kebahagiaan.

Jadilah, hampir tiap sore (kecuali Senin dan Rabu, saat ia harus les) kami melakukan kegiatan seru yang bikin tubuh bergerak. Mulai dari nge-dance dengan lagu-lagu kekinian di rumah, jalan-jalan keliling kompleks hingga sepedaan keliling komplek sambil ngabuburit. Selain bikin bahagia, aktivitas ini juga bisa membuat bonding saya dan Ghea makin erat, lho.

milo-2

Setelah seru-seruan itu, biasanya saya ngajakin Ghea untuk membantu menata meja makan dan menyiapkan hidangan berbuka. Sebagai rewards, saya suka memberi Ghea ‘keleluasaan’ untuk memilih takjil yang ia inginkan, termasuk bikin kreasi takjil dengan menggunakan MILO, minuman favoritnya. Salah satu resep andalannya Ghea adalah Es MILO Kurma. Aduh, ini enak banget lho!

Saya share resepnya ya!

Bahan:
4 sdm MILO BUBUK
100 ml air
100 gr es batu
3 buah kurma, buang biji
2 buah kurma, potong dadu

Cara membuat:
Masukkan MILO BUBUK air dan kurma ke dalam mangkuk blender dan proses hingga tercampur rata.
Tuangkan ke dalam gelas, sajikan bersama es batu dan potongan buah kurma.

Rasa cokelat MILO yang nikmat dan didukung oleh Malt dan kombinasi vitamin B kompleksnya membantu untuk penuhi kembali energi anak setelah berpuasa. Kalau sudah begini, Ghea sih jadi semangat nunggu waktu berbuka, karena nggak sabar mau menikmati takjil favoritnya!

Nah, kalau anak udah semangat puasanya, yuk ikutan kompetisi foto seru #menangkanpuasanya dari MILO. Aku dan 5 temenku lagi ikutan nih, caranya gampang banget, tinggal share moment sahur dan berbuka seru kalian di media sosial dan jangan lupa tag FB atau IG MILO Indonesia, siapa tau beruntung bisa dapat THR untuk lebaran, mudah kan caranya!.

Untuk tips tips menarik lainnya, coba intip website atau social media MILO Indonesia seperti Facebook dan Instagram.


Post Comment