12 Penyebab Produksi ASI Menurun

Mommies yang sedang menyusui, pernahkah merasa bingung karena produksi ASI menurun tiba-tiba?

produksi ASI menurun

ASI mendadak berkurang itu banyak sekali penyebabnya. Dari alasan fisik sampai psikis yang kadang tidak terasa bisa jadi penyebab produksi ASI menurun drastis.

Ini dia beberapa hal yang bisa jadi penyebab produksi ASI menurun:

1. Pola makan

Ibu menyusui butuh nutrisi lengkap setiap hari agar produksi ASI tetap stabil. Perbanyak makan sayur, buah, dan makanan yang mengandung kalsium juga berpengaruh pada supply ASI.

2. Kurang minum air putih

Menyusui itu membuat haus, pasti sudah banyak yang tau ya. Jadi ketika sedang menyusui, perbanyak minum air putih agar produksi ASI tetap stabil.

3. Tidak rutin menyusui atau memompa

ASI bekerja berdasarkan supply dan demand. Jika demand ada, maka ia akan terus menerus memproduksi. Jadi jika mommies mengurangi frekuensi menyusui atau memompa, payudara akan beranggapan bahwa ASI yang dibutuhkan berkurang sehingga produksi ASI menurun.

4. Posisi atau teknik menyusui salah

Ini biasanya terjadi ketika bayi baru lahir. Bayi seperti menyusu padahal teknik perlekatannya salah sehingga daya isapnya kurang. Payudara pun jadi tidak terpacu untuk memproduksi lebih banyak ASI sehingga ASI pun berkurang.

5. Masitis

Masitis atau pembengkakan pada payudara ini menyakitkan sekali hingga bisa membuat ibu demam. Nah saat masitis biasanya produksi ASI menurun.

6. Kelelahan dan stres

Kelelahan apalagi stres bisa mengakibatkan berkurangnya produksi ASI. Ibu menyusui memang butuh tubuh yang fit agar bisa terus memproduksi ASI.

(Baca juga: Apa yang Terjadi Pada Payudara dan ASI Saat Ibu Tidak Menyusui?)

7. Sakit

Sakit ringan seperti flu hingga masalah hormonal juga bisa berpengaruh pada produksi ASI.

8. Kafein atau alkohol

Selama menyusui, kurangi konsumsi kafein dan hindari alkohol ya moms. Kafein bisa mempengaruhi ASI sehingga bayi rewel dan sulit tidur.

9. Merokok

Merokok bisa mengurangi hormon prolaktin di tubuh ibu sehingga menurunkan produksi ASI. Dalam beberapa kasus, rokok bahkan bisa membuat payudara berhenti memproduksi ASI.

10. Minum pil KB atau suntik KB

Kontrasepsi aman bagi ibu menyusui adalah kontrasepsi yang tidak hormonal. Pil atau suntik KB biasanya mengandung estrogen yang bisa berpengaruh pada proses laktasi.

11. Konsumsi obat atau jamu tertentu

Seperti juga pil KB, mengkonsumsi obat dengan kandungan tertentu bisa membuat ASI seret, berkurang, dan bahkan berhenti sama sekali.

12. Hamil lagi

Yang satu ini biasanya yang terlambat disadari ya. Tiba-tiba hasil pompa berkurang dan ternyata mommies sudah hamil lagi.

Demikian 12 penyebab produksi ASI menurun. Selamat menyusui!


Post Comment