Saya Butuh Me Time Saat Ini, Bukan Nanti Saat Anak Besar

Banyak yang bilang, nyari me time nanti saja begitu anak sudah besar, jangan sekarang. Duh, tapi saya nggak setuju, karena kebutuhan saya untuk bahagia nggak bisa ditunda-tunda.

Ketika saya curhat tentang betapa minimnya waktu untuk diri sendiri, entah berapa kali saya dengar orang-orang meresponnya dengan menyuruh saya untuk puas-puasin urus anak-anak di saat mereka masih kecil, di saat mereka masih mau menghabiskan waktu bersama saya, di saat mereka belum asik dengan dunianya sendiri.

“Me time itu akan datang dengan sendirinya kok, begitu anak-anak makin besar. Nanti lo punya banyaaaaak waktu buat diri sendiri.”

“Ngapain nyari me time sekarang. Lihat deh, begitu anak-anak remaja dan udah nggak mau sama mamanya, lo bakal kangen sama mereka. Jadi sekarang puas-puasin dulu, urusan me time belakangan.”

Dan banyak lagi kalimat sejenis yang saya dengar.

Mereka-mereka nggak salah, karena ada benarnya memang, periode waktu anak masih mau manja-manja sama kita, masih mau diajak pergi kemana-mana, masih belum nolak kalau kita unyel-unyel di depan umum itu benar-benar singkat dan padat, hahahaha.

Nggak usah nanti-nanti, kedua anak saya yang umurnya ‘baru’ mau 12 tahun dan 10 tahun aja sekarang udah susah diajak pergi. Mereka sudah asyik dengan dunianya sendiri.

Dan memang benar, ada masanya saya merindukan kesibukan mengurus mereka. Kangen dibuat ribet dan repot sama dua anak itu. Kangen diintilin kemana-mana. Kangen bisa nyium mereka tanpa mulut saya didorong jauh-jauh karena mereka malu dengan teman-temanya.

Tapi, apakah kemudian saya menyesal kalau mengingat bagaimana dari dulu saat mereka masih kecil saya sudah rutin mencuri waktu untuk me time? Nggak. Saya sama sekali nggak ada perasaan menyesal. Ketika saya kumpul bareng bersama teman-teman. Ketika saya traveling keluar kota atau negeri. Ketika saya menitipkan anak-anak ke eyang atau tante-tantenya. Atau ketika saya menyerahkan anak-anak untuk diurus ayahnya dan saya asik-asik pijat di spa, hehehe.

Perempuan sedang wisata kuliner di Korea

Karena berkat me time saya jadi bisa lebih tenang secara emosi.

Karena berkat me time saya jadi bisa lebih happy.

Karena berkat me time saya jadi bisa mengurus anak-anak tanpa ada perasaan kesal.

Karena berkat me time saya jadi bisa mengelola stress dengan baik dan menjaga saya tetap waras :D.

Baca juga:

Tetap Waras Berkat Me Time

Jadi untuk para mommies yang memiliki newborn, batita, balita, anak remaja …. Nggak peduli berapa pun usia anak-anak kalian, usia anak-anak kita, kita akan selalu membutuhkan me time, dan nggak ada yang salah dengan itu semua. Nggak perlu menunda menikmati me time dan menunggunya ketika anak-anak berusia remaja, kalau memang kita membutuhkannya saat ini juga.

Nggak perlu khawatir hanya dengan me time sekian jam atau sekian hari lantas kita akan kehilangan momen penting bersama anak. Percaya deh, akan selalu ada masa penting dalam setiap tahapan tumbuh kembang anak-anak kita. Ketika kita tanpa sengata melewatkan satu atau dua hal, itu nggak lantas membuat kita menjadi orangtua yang buruk.

Saya Butuh Me Time Saat Ini, Bukan Nanti Saat Anak Besar - Mommies Daily

Saya sendiri menganggap beberapa kegiatan di bawah ini bisa menjadi me time sederhana tapi efeknya luar biasa ke diri saya:

1. Telepon/Wa teman dan ngobrol hal-hal remeh receh sampah tapi membuat saya happy.
2. Olahraga sendirian.
3. Menyetir sambil mendengarkan lagu-lagu favorit.
4. Membaca novel roman picisan yang membuat saya tertawa dan menyadari bahwa hidup nggak selamanya perlu dibuat rumit.
5. Main sama anjing atau binatang peliharaan lain.
6. BELANJA!!!
7. Menjadi relawan di sebuah kegiatan. Waktu itu saya menjadi relawan di kegiatan Wisata Rumah Ibadat.
8. Mandi lama-lama di bawah pancuran air hangat.
9. Nonton bioskop.
10. Massage di spa atau creambath di salon sambil ngegossip dengan hairstylist langganan.
11. Movie marathon atau TV series marathon.
12. Berselancar di social media :D.
13. Beres-beres kamar dan lemari pakaian.
14. Traveling.
15. Wisata kuliner.

Dan sekarang, my challenge to you today is to make your OWN list of things to do by yourself, and to time in your hectic calendar to enjoy at least an hour of me time. I promise you will be a much better mother, wife, daughter, sister and friend IF YOU TAKE THE TIME TO MAKE YOURSELF A PRIORITY EVERY NOW AND THEN!


Post Comment