Kebahagiaan Keluarga Itu Bisa Direncanakan, Gimana Caranya?

Di saat tuntutan zaman semakin menggila. Rasanya tidak adil, jika kehadiran seorang anak tidak diimbangi dengan perencanaan yang matang, di antaranya dengan berkontrasepsi. Karena sumber kebahagiaan, datang dari perencanaan keluarga yang baik.

Kebahagiaan Keluarga Itu Bisa Direncanakan, Gimana Caranya? - Mommies Daily

“Jangan sampai ada dua balita dalam satu keluarga. Kalau mau punya adik, paling tidak, kakaknya minimal berusia empat tahun,” demikian pernyataan dari Direktur Bina Kesertaan KB Jalur Swasta BKKBN, drg. Widwiono, M. Kes membuka sesi talkshow “Sudahkah, Anda Merencanakan Hidup dengan Baik?” bersama Andalan, di Jakarta akhir April lalu.

Dari sisi perspektif yang lebih luas, drg. Widwiono juga mengingatkan, dari keluarga lah lahir generasi penerus. Yang nantinya (siap atau tidak siap), akan menghadapi tantangan zaman yang sempat saya singgung di atas.

Bicara tantangan hidup yang nanti bakalan dihadapi si kecil, saya sama teman-teman yang anaknya seumuran, suka ngeri sendiri deh. Paling nggak kami berpikir, bekal pendidikan mereka harus mumpuni. Nah, ini erat kaitannya dengan jarak kelahiran antara satu anak dengan lainnya.

Makanya, drg. Widwiono menyebutkan, alangkah lebih baik, jarak si kakak dan adik minimal 4 tahun. Selain dari segi psikis udah siap menerima kehadiran adik, orangtua masih punya kesempatan bernapas menyiapkan dana pendidikannya. Karena berkeluarga, nggak melulu soal berreproduksi kan?, harus punya tujuan – menghasilkan keluarga yang bahagia fisik dan psikis, ya nggak mommies?

Untuk saya pribadi, yang sampai saat ini berencana hanya mau punya satu anak, percaya banget, sumber kebahagiaan salah satunya datang dari perencanaan yang matang. Apapun itu aspeknya. Yang paling krusial selain soal biaya hidup anak A-Z, adalah sadar berkontrasepsi.

Sekarang saya memilih pakai spiral, selain karena alasan praktis dan untuk jangka panjang. Saya sadar diri aja, orangnya pelupa kalau harus bolak balik ke dokter suntik, atau setiap hari minum pil di jam yang sama. Dijamin, saya kebanyakan skip-nya, hahaha. Yang ada, ngeri dong kalau “kebobolan”, lahir bayi, yang saya dan suami belum punya persiapan apa-apa. Masa depannya, lho yang kami pertaruhkan.

Sebelum yakin berkontrasepis spiral, tentu saya awali dengan riset. Tanya-tanya sesama teman yang sudah lebih dulu berkontrasepsi, dan pastinya konsultasi langsung dengan dokter kandungan. Selain itu, di zaman yang makin canggih, saya tertolong dengan sumber informasi yang bertebaran dimana-mana. Tapi ingat ya, pilih yang kredibel, informasinya valid, artinya berasal dari tenaga ahli yang bisa dipertanggung jawabkan. Seperti website Moth3rs.com, dari Kontrasepsi Andalan, yang baru sama diluncurkan April 2018.

“Moth3rs.com pada dasarnya adalah sebuah platform tentang perencanaan bagi ibu dan calon ibu di Indonesia yang dikemas dalam bentuk tips & trik yang memberikan inspirasi untuk perencanaan keluarga. Perencanaan itu bisa tentang mimpi ibu mengenai destinasi liburan impiannya, karier dan pendidikan yang ingin dicapainya, dan juga perencanaan secara finansial. Terlebih lagi, apabila ibu ingin mengetahui tentang metode kontrasepsi yang tepat untuk menunjang aktivitas dan kesibukannya, semua informasi tersebut bisa didapatkan di Moth3rs.com,” Ungkap Product Manager Kontrasepsi Andalan, Norina Veronica.

Kebahagiaan Keluarga Itu Bisa Direncanakan,  Gimana Caranya? - Mommies Daily

Bisa ngapain aja di Moth3rs.com?

Ada empat kanal utama yang menyimpan informasi berbeda, yang bisa mommies akses:

1. Mom’s Info

Isinya artikel-artikel yang mendukung mommies melakukan perencanaan keluarga.

2. Inspiring Moms

Cerita inspiratif yang dikemas dalam bentuk testimoni dari sesama ibu seputar penggunaan berbagai varian alat kontrasepsi. Dan dampak baiknya terhadap kehidupan mereka.

3. Sahabat Andalan

Nah ini dia, yang bikin Moth3rs.com unik. Tiga sahabat yang terlibat dalam kanal ini adalah perwakilan dari generasi X, Y, dan Z. Walau lintas generasi, justru memperkaya khasanah informasi A-Z alat kontrasepsi. Mereka juga menyebutkan, manfaat nyata mengatur jarak kehamilan.

4. About Birth Control

Ini dia salah satu kanal favorit saya. Mengenali kontrasepsi yang paling sesuai dengan kebutuhan. Ada simulasi lewat test, dengan beberapa pertanyaan. Dan akan berujung, perkiraan alat kontrasepsi apa yang cocok dengan keadaan mommies. Tapi jangan lupa, konsultasi dulu dengan bidan atau dokter mommies, ya.

Semoga Moth3rs.com, bisa jadi referensi mommies merencanakan kebahagiaan keluarga, yang layak untuk diperjuangkan, ya :)

 

 


Post Comment