5 Ide Bisnis di Bulan Puasa dan Lebaran

Ditulis oleh: Febria Silaen

Ide bisnis di bulan puasa dan Lebaran ini lumayan menggiurkan deh karena teman-teman saya berhasil meraih untung lumayan besar. Mau coba? Siapa tahu bisa menambah kocek menjelang Lebaran!

Urusan menambah ‘uang jajan’ bagi ibu-ibu sih sudah pasti membuat saya semangat 45, hehehe. Dan rasa-rasanya, waktu puasa serta menjelang Lebaran seperti sekarang ini, cenderung menjadi momen sempuran buat menambah penghasilan. Apalagi setelah ngobrol dengan teman-teman saya yang sudah lebih dulu berani mencoba. Mereka mengakui kalau di bulan puasa seperti ini, orderan bisnis rumahan yang digeluti meningkat tajam. Bahkan dari teman-teman ada juga yang mendadak berjualan di bulan puasa dan menjelang lebaran.

Seru banget ceritanya. Sejak dua minggu sebelum puasa, mereka sudah membuat promosi untuk usaha dari rumah. Apalagi di era serba canggih saat ini, media sosial seperti Instagram, Facebook sangat membantu untuk menyebarluaskan jualannya. Tentu saja, menyebarkan di grup Whatsapp juga itu wajib. Pokoknya hidup jejaring sosial!

Menariknya, ternyata para pebisnis dadakan ini nggak semuanya ibu rumah tangga, lho! Ada yang bekerja tetapi menambah profesi khusus di bulan Ramadhan. Menurut mereka sih, kegiatan jualan musiman ini salah satu kegiatan seru yang bikin senang. Bisa menyalurkan hobi dan mengusir kepenatan dengan urusan pekerjaan di kantor.

5 Ide Bisnis Menjelang Lebaran  - Mommies Daily

Jadi, selain meraih untung dengan bertambah kocek, para mommies ini juga mendapatkan kesenangan secara emosi karena memiliki kegiatan yang berbeda dari biasanya. Apa saja sih bisnis yang bisa dilakukan selama bulan puasa hingga menjelang lebaran nanti? Berikut sontekannya…

Katering makanan

Ini sudah pasti semua tahu ya, bisnis makanan kapan pun pasti selalu membuka peluang keuntungan. Apalagi di bulan puasa seperti ini. Kita bisa menawarkan dan membuat paket buka puasa untuk di kantor, geng arisan, tempat pengajian, komunitas atau teman sekolah.

Buatlah promo paket dengan tajil yang berbeda dan unik. Mulai dari jajanan pasar atau puding yoghurt. Usaha kuliner ini bisa dilanjutkan terus hingga lebaran, loh! Misal membuat paket ketupat sayur untuk hantaran. Buat kemasan yang menarik dan instagramble untuk menarik perhatian supaya bisa dishare dan viral.

Tips: Jangan memaksakan diri bekerja sendiri. Coba ajak teman atau kerabat untuk membantu bisnis catering ini kalau orderan sudah cukup banyak. Di bulan suci ini, usaha rumahan bisa juga menjadi berkah untuk berbagi rejeki dengan membuka lapangan pekerjaan buat orang lain.

Kue kering, puding atau cake

Senang membuat kue kering atau dessert? Nah, ini saatnya menjual hasil kreasi dengan membuka pesanan dan menawarkan kue-kue kering khas Lebaran. Ada nastar, kastengel, semprit, lidah kucing, sagu keju, hingga kue bawang. Mau bikin kue yang kekinian juga bisa, seperti macaroon, kue red velvet atau kue macha.

Momen membuat kue kering saat puasa juga bisa kita jadikan aktivitas mengisi waktu berbuka dengan Si Kecil, kok. Dengan begitu, anak tidak merasa bosan menunggu adzan magrib dan kita tambah dekat dengan Si Kecil. Dikatakan oleh Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Sc., selaku ahli psikologi anak, masak bersama bisa banget jadi premium moments.

Tips: Saat mengajak Si Kecil membuat kue, kita bisa memberikan tugas yang sesuai usia dan kemampuannya. Misal, menghias kue atau membentuk adonan dengan cetakan yang lucu.

Parcel buah segar

Ya, menjual buah segar juga bisa menjadi pilihan bisnis yang menjanjikan menjelang lebaran. Buah bisa menjadi hantaran saat berkunjung ke rumah sanak saudara. Buat parcel buah dengan kemasan yang menarik dan unik, ya! Bisnis ini cocok buat kita yang ingin menambah kocek tanpa ribet. Apalagi buat yang tidak piawai memasak atau membuat kue, bisnis buah segar cocok dipilih.

Tips: Cari supplier buah yang memberikan kualitas buah segar dan bagus ya. Jadi selain berbinis dan mendapatkan untung, kamu juga sudah ikut mendukung gaya hidup sehat bagi konsumen.

Jasa membersihkan rumah atau Pekerjaan Rumah Tangga

Ini sudah pasti bakal banyak yang mencari. Apalagi tahu sendiri kan, bulannya ART pulang kampung. Penawaran sapu, pel, sedot sofa, setrika pakaian, pasti laris manis apalagi dengan harga bersahabat.

Jastip

JasTip atau jasa titip merupakan sebuah peluang usaha baru yang bermodalkan teknologi. Hanya dengan memegang smartphone dan mengandalkan hasil foto, kita bisa mengantongi omzet menggiurkan. Apalagi menjelang lebaran, berbagai kebutuhan mulai dari furniture, stoples, perlengkapan makan kosmetik, hingga kebutuhan mudik akan dicari banyak orang.

Tips: Untuk meraih untung di bisnis jastip kita harus jeli melihat perkembangan trend dan mode. Juallah barang-barang yang sedang trend dan cari konsumen sesuai market kita.

Selamat menambah pundi-pundi tabungan di bulan puasa ini!


Post Comment