Tips Produktif untuk Work from Home Mom

Buat saya, bekerja dari rumah biasanya malah lebih tidak produktif dibanding kerja di kantor. Maklum, ketika di rumah rasanya banyak hal yang juga menunggu dikerjakan.

work-from-home

Dari anak yang minta perhatian sampai godaan cuci piring atau makan lebih lama sambil scroll Instagram. Tapi seiring berjalannya waktu, bekerja dari rumah atau remote office memang terasa lebih efektif ya. Tidak terkena macet dan tidak berbatas kota atau negara dengan kantor.

Untuk mommies yang berencana bekerja dari rumah, 9 hal ini mungkin bisa membantu produktivitas atau bahkan jadi bahan berpikir ulang tentang sanggupkah bekerja dari rumah tanpa pergi ke kantor?

1. Buat jadwal sesuai waktu produktif

Jam berapa bisa paling produktif bekerja? Berapa jam yang bisa dihabiskan untuk mengerjakan pekerjaan hingga selesai? Semuanya tentu bergantung pada tempat bekerja dan jenis pekerjaannya ya moms. Tapi sebaiknya memang dibuat jadwal sesuai jam-jam produktif kita melakukan sesuatu.


2. Tentukan tempat kerja

Punya ruang kerja sendiri akan sangat ideal untuk work at home mom. Tapi jika tempatnya tidak tersedia, tentukan satu meja atau satu pojok untuk bekerja. Menentukan tempat kerja seperti ini membuat mudah fokus dan tidak gampang terdistraksi sesuatu.


3. Efektifkan waktu

Kerja di rumah kadang kala waktu yang tersedia rasanya sempit sekali ya. Mudahnya, pakai timer jika diperlukan. Misal beri waktu 2 jam tanpa scroll social media dan fokus bekerja. Kemudian beri jeda selama setengah hingga satu jam untuk melakukan pekerjaan lain atau beristirahat, baru kemudian lanjut lagi 2 jam bekerja.


4. Pikirkan waktu-waktu tidak produktif

Seberapa banyak kita membuang waktu dalam sehari? Kebiasaan procrastinate atau menunda melakukan sesuatu karena keasyikan dengan hal lain yang kurang produktif sebetulnya bisa banget diubah lho. Asalkan niat, kita bisa merunut ulang kapan waktu-waktu tidak produktif dan bertekad tidak mengulanginya lagi.


5. Buat to-do list

To-do list sangat penting agar waktu bisa digunakan dengan baik. Jika pekerjaan tidak memberi deadline, berilah deadline untuk diri sendiri agar pekerjaan bisa cepat selesai


6. Dandan dan pakai pakaian kerja

Iya, sedikit berdandan dan berganti baju rumah dengan pakaian kerja bisa membantu meningkatkan mood lho!

7. “Singkirkan” anak

Kerja dari rumah demi bisa punya lebih banyak waktu dengan anak rasanya tidak mungkin ya. Waktu lebih fleksibel mungkin iya, tapi jika ingin mengerjakan sesuatu dengan fokus, anak bisa jadi salah satu tantangan. Menitipkan anak pada nanny atau daycare bisa jadi kunci produktif bagi work at home mom.

8. Jangan gunakan waktu tidur untuk bekerja

Kurang tidur bisa membuat siang menjadi sangat tidak produktif karena mengantuk dan bawaannya jadi ingin tidur siang. Terbiasa bekerja di malam hari juga bisa membuat jam tubuh berubah dan berfek pada kesehatan. Sebisa mungkin jangan korbankan waktu tidur untuk bekerja agar bisa menggunakan waktu siang sebaik mungkin.

9. Kerja di luar rumah sesekali

Kerja di rumah bisa jadi sangat membosankan jadi tidak ada salahnya sesekali bekerja di luar rumah. Kafe atau resto dengan koneksi internet cepat bisa jadi pilihan.

Selamat bekerja moms!


One Comment - Write a Comment

  1. Memang tantangan terbesar dari working at home itu kerjaan rumah tangga dan anak, setelah baca artikel ini saya jadi bener2 terbuka pikirannya dan jadi pengen buru2 praktekin…salam buat seluruh mom yang kerja dirumah????????

Post Comment