Mengenal Sayuran yang Mengandung Karbohidrat - Mommies Daily

Mengenal Sayuran yang Mengandung Karbohidrat

Ditulis oleh: Lariza Puteri

Nah, bingung kan, katanya sayuran tapi kok mengandung karbohidrat. Mari kenali jenis sayuran yang mengandung karbohidrat!

Sudah pernah dengar belum mengenai sayuran yang juga mengandung karbohidrat? Dan ternyata bahan makanan ini banyak direkomendasikan sebagai makanan pengganti nasi.

Karbohidrat sendiri merupakan kelompok zat gizi makro yang menyediakan energi, dan seringkali menjadi penyebab berat badan naik jika kita mengonsumsi berlebihan.

Ada dua macam karbohidrat, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana ini contohnya gula, minuman manis, dan sirup. Karbohidrat jenis ini akan dipecah menjadi glukosa dengan cepat, lalu masuk ke aliran darah. Peningkatan kadar gula dalam darah yang terjadi begitu cepat ini akan memberi sinyal pelepasan insulin. Nah, insulin inilah yang akan mengambil glukosa dari aliran darah ke sel-sel tubuh untuk digunakan sebagai energi dan penyimpanan.

Sayangnya, insulin punya peran lain juga. Oleh karena meningkatnya kadar gula dalam darah terjadi begitu cepat dan insulin yang keluar secara terus menerus dapat meningkatkan penyimpanan lemak, inilah yang menjadi penyebab mengapa karbohidrat seringkali meningkatkan berat badan.

Mengenal Sayuran yang Mengandung Karbohidrat - Mommies Daily

Untuk menghindari hal tersebut, maka banyak direkomendasikan untuk mengonsumsi karbohidrat yang juga banyak mengandung serat. Bahan makanan yang seperti ini banyak ditemui pada bahan makanan golongan sayur-sayuran. Selain serat, makanan ini juga mengandung vitamin, mineral dan antioksidan. Jenisnya antara lain:

1. Jagung
jagung merupakan sumber karbohidrat yang termasuk sayuran. Satu buah jagung meyediakan sekitar 32 gram karbohidrat. Tapi, meskipun cukup tinggi, jagung masih termasuk makanan dengan indeks glikemik yang rendah.

2. Kentang
Kentang ukuran sedang mengandung 26 gram karbohidrat dan 2 gram serat. Kentang juga mengandung vitamin C, kalium, vitamin B6 dan zat besi. Untuk mendapatkan manfaat kentang yang sehat, hindari kentang yang diolah dengan cara digoreng.

3. Labu
Labu kuning juga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Seratus gram labu kuning mengandung 32 gram karbohidrat.

4. Kacang polong
Dibandingkan sayuran yang lain kacang polong mengandung cukup banyak karbohidrat. Kacang polong juga sumber serat yang membantu mengontrol gula darah dan mencegah sembelit.

Meskipun sayuran tersebut mengandung karbohidrat, namun pikirkan kembali bila ingin mengantikan nasi dengan sayuran itu. Anda perlu menghitung benar kebutuhan karborhidrat Anda terpenuhi agar badan tidak lemas saat beraktivitas.


Post Comment