Alasan Interaksi Berkualitas Premium, Munculkan Karakter Positif Anak

Dari hal-hal kecil dalam rutinitas sehari-hari, faktanya bisa jadi bahan interaksi berkualitas dengan anak. Dampaknya dahsyat, mau tahu apa saja?

Bicara soal interaksi orangtua dengan anak, sesungguhnya di zaman yang serba canggih ini, kita diuntungkan, lho. Artinya begini, fasilitas kan sudah serba modern. Contohnya, pas di dapur, kompor yang kita pakai, tinggal pencet atau putar. Sudah bisa berfungsi dengan baik. Lain dengan zaman dulu, pakai kompor minyak, atau bahkan masih pakai kayu bakar. Proses menyalakannya aja memakan waktu. Jangankan ngobrol sama anak, ingat mandi abis itu aja udah syukur banget, hahaha.

Alasan Interaksi Berkualitas Premium, Munculkan Karakter Positif Anak - Mommies Daily

Situasi seperti ini, kata Anna Surti Ariani, Psikolog Anak, atau akrab disapa Mbak Nina, juga harus diimbangi kecerdasan memanfaatkan keadaan untuk bonding dengan anak. Logikanya kan, semakin banyak hal yang bisa di-simplyfy, kemungkinan waktu luang untuk berinteraksi juga semakin lebar.

Nggak perlu mikir yang ngejelimet banget, kok. Sesederhana pecapaian atau prestasi kecil anak, bisa dijadikan bahan interaksi. Misalnya memberikan apresiasi berupa pelukan, tatapan dan lain-lain. Setelah mereka berhasil melakukan sesuatu.

Nah, masalahnya kita juga nggak boleh lebay pas ngasih apresiasi. Takutnya anak nanti besar kepala, kan. Kata Mbak Nina, cukup dengan mengucapkan, “Makasi ya, nak!”, atau “Wah, apa yang kamu lakukan itu bagus, lho.”

Itu dari segi verbal. Bahasa non verbal, juga bisa digunakan sebagai media berinteraksi premium dengan anak. Misalnya, memperlihatkan ekspreasi wajah, lewat suara – seberapa excited kita. Gerak tubuh: membuka tangan. Karena menurut Mbak Nina, dari perilaku yang kita keluarkan lewat hati, anak akan menangkap ketulusan kita.

Sebuah penetilian membuktikan, ketika anak dan orangtua berinteraksi. Bisa berupa ngobrol diskusi dan makan bareng. Bisa meningkatkan kedekatan orangtua dengan anak. Dalam jangka panjang, meningkatkan prestasi anak dan memunculkan karakter baik mereka, di antaranya:

-Keberanian mengambil langkah tertentu

-Disiplin diri

-Peduli dengan orang lain (empati)

-Mengatur dirinya sendiri

Talkshow Press Conference Lotte Choco Pie PremiumMomentstogether

Hal senada juga sedang digaungkan oleh Lotte Choco Pie, lewat campaign terbarunya #PremiumMomentstogether. Lotte Choco Pie ingin menjadi bagian menyempurnakan waktu premium ibu-ibu di seluruh Indonesia bersama buah hatinya masing-masing. Setelah kasih pelukan atau bentuk apresiasi lainnya, dilanjut ngobrol sambil mengemil Lotte Choco Pie, jadi lebih asik kan? :)

Campaign #PremiumMomentstogether, tak hanya sekadar slogan. Tapi ingin melibatkan mommies. Caranya gampang banget, dan berhadiah menarik pula! Mommies cukup klik www.lottechocopieindonesia.com. Dan pilih satu dari tiga video yang ada di sana: “Shopping”, “Homework” dan Greetings.” Pada bulan Agustus nanti, Lotte Choco Pie akan mengadakan acara dengan tema video terpilih. Dan mengundang ibu dan anak yang memberikan voting tersebut.

Tertarik ikutan?


Post Comment