Tips Agar Anak Cepat Lancar Bicara

bebestory

Anak saya, Xylo sudah bisa lancar bicara sejak usianya belum 2 tahun. Ia sudah bisa merangkai kalimat dengan subjek, predikat, objek dengan benar.

Dari beberapa kali playdate dengan anak lain yang belum lancar bicara, saya jadi bisa ambil simpulan mengapa ada anak-anak yang lancar bicara di usia lebih muda. Selain milestone anak berbeda-beda, ada beberapa hal yang bisa membantu anak agar bisa cepat lancar bicara.

1. Tidak bicara cadel dan koreksi jika salah

Saya sangat tidak suka pada orang dewasa yang bicara dengan balita dengan bahasa balita. Anak bilang mobil dengan obin lalu bukannya mengkoreksi, kita malah ikut mengatakan mobil dengan obin. Jika demikian, bagaimana anak bisa tahu kata mana yang benar?

Sejak kecil, meski dia masih sangat cadel, saya selalu langsung mengkoreksi dengan mengulang kalimatnya dengan bahasa yang benar.

2. Banyak bertanya dan diajak bicara

Meski belum bisa bicara dan bercerita, saya selalu bertanya hari ini apa yang dilakukannya di daycare? Apakah dia suka makanan hari ini? Senang tidak main sepeda? Dan lain sebagainya.

3. Jawab jika ia bertanya

Banyak sekali saya lihat orangtua yang malas menjawab pertanyaan anaknya. Anak bertanya, dijawab dengan asal “bawel amat sih dekkkk”.

Memang rasanya pusing ya menjawab pertanyaan anak apalagi anak 2 tahun yang kadang bisa mengulang pertanyaan yang sama sampai 5 kali. Tapi ya namanya juga belajar, jika ia bertanya 5 kali, maka saya jawab 5 kali juga.

4. Jelaskan segala hal

Saat di mobil, saya selalu bercerita apapun yang kami temui di jalan. Misal melihat tukang buah, jelaskan soal buah, warnanya apa, banyak atau sedikit, dan banyak lagi. Ada orang naik motor harus pakai helm, ada angkot berhenti sembarangan bikin macet, dan banyak lagi. Jelaskan segala hal.

5. Baca buku

Membaca buku bisa menambah kosakata. Anak juga biasanya tertarik dengan gambar dan jadi bertanya “ini apa?” pada gambar yang tidak ia mengerti. Baca satu buku sebelum tidur dan jadikan ritual yang menyenangkan.


Post Comment