Karena 'Pabrik' ASI Juga Perlu Dirawat - Mommies Daily

Karena Pabrik ASI Juga Perlu Dirawat

Saat masa menyusui tiba, seringkali kita terlalu fokus pada apakah bayi mau menyusu atau tidak. Namun mengabaikan kondisi si pabrik ASI alias payudara. Padahal, sebagai sumber penghasil ASI, payudara juga butuh dirawat. Ini dia perawatan payudara saat menyusui.

Bicara tentang kegiatan menyusui, biasanya yang kerap menjadi momok bagi para ibu baru adalah tentang apakah ASI mereka akan keluar atau tidak, dan apakah bayi akan menyusu dengan benar dan maksimal? Namanya juga ibu baru, fokus perhatian sudah pasti jatuh kepada si bayi. Memikirkan diri sendiri? Boro-boro, ahahaha. Pokoknya, segalanya untuk bayi kita. Bukan begitu bukan?? Buktinya, dari 20 pertanyaan seputar menyusui yang pernah saya tulis, hanya enam pertanyaan yang fokus kepada kebutuhan ibu. Ini tanda kalau memang anak adalah segalanya bagi kita, orangtua.

Karena 'Pabrik' ASI Juga Perlu Dirawat - Mommies Daily

Kalaupun kemudian perhatian beralih kepada payudara si pabrik ASI, seringnya karena payudara bermasalah, seperti Mastitis, payudara bengkak, saat puting menjadi lecet atau puting datar alias tenggelam. Ketika kita merasa kondisi payudara kita baik-baik saja, kita lupa untuk memerhatikan ‘kesejahteraannya.’ Padahal, sebagai pabrik yang menghasilkan ASI, tentu saja pabrik itu wajib dirawat dan dipelihara, dong.

Karena 'Pabrik' ASI Juga Perlu Dirawat - Mommies Daily

Mendapatkan ASI merupakan hal dasar yang diperlukan bayi guna tumbuh kembangnya. ASI dapat memenuhi 100% kebutuhan bayi pada 6 bulan pertama (ASI eksklusif), 60-70% kebutuhan bayi pada usia 6 – 12 bulan, dan 30% kebutuhan bayi pada usia lebih dari 12 bulan. Nah, guna mencapai anjuran pemberian ASI tersebut, tentu dibutuhkan perhatian dan perawatan payudara ibu menyusui. Berikut beberapa bentuk perawatan diri yang dapat ibu menyusui lakukan.

- Menjaga payudara tetap bersih dan kering terutama puting susu. Misalnya, cuci tangan terlebih dulu sebelum menyusui.

- Menggunakan bra yang menyokong payudara. Kebersihan Bra juga perlu diperhatikan ya.

– Apabila puting susu lecet oleskan kolostrum atau ASI yang keluar pada sekitar pusing susu setiap kali selesai menyususi, mengingat ASI dapat melembapkan dan melindungi puting dari infeksi. Menyusui tetap dilakukan dimulai dari puting susu yang tidak lecet.

Bila timbul rasa nyeri yang mengganggu, ibu mungkin membutuhkan obat pereda nyeri yang jenisnya harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada tenaga medis agar tetap aman bagi bayi.

Saya percaya banget, kalau kita merawat payudara yang menjadi pabrik ASI, ini akan meningkatkan kualitas ASI yang diproduksi. Kalau mommies ingin tahu lebih detail mengenai perawatan payudara ketika masa menyusui, atau informasi lain seputar breastfeeding mommies bisa juga langsung mengunjungi channel youtube dari JOHNSON’S yang kini telah menyediakan sumber informasi digital terpercaya (karena bekerja sama dengan para tenaga ahli kesehatan) dengan membuat 125 video Terbaik Bagi Bayi. Salah satunya 25 video edukasi mengenai breastfeeding. Hal ini dilakukan JOHNSON’S dalam rangka perayaan ulang tahunnya yang ke-125.

Karena 'Pabrik' ASI Juga Perlu Dirawat - Mommies Daily

Paham kan, sebagai ibu zaman now yang tantangannya juga semakin beragam, kita wajib lebih hati-hati dalam mencari informasi. jangan sembarangan dan jangan mudah percaya. Makanya, youtube channel dari JOHNSON’S bisa menjadi salah satu sumber terpercaya.

Kini Anda bisa mendapatkan produk Johnson’s di Johnson’s official store di Shopee. Jadi sambil dapat informasi seputar perawatan bayi, kita juga bisa belanja produk keperluan si kecil plus diskon, hehehe.

Selamat menikmati momen menyusui untuk para mommies di luar sana. Ingat ya, menyusui itu tidak selalu kebutuhan bayi yang perlu diperhatikan, karena kebutuhan ibu pun juga wajib dipedulikan.


Post Comment