Baby Good Sleep Habits - Mommies Daily

Kebiasaan Tidur Bayi Sesuai Usia

Ditulis oleh: Lariza Puteri

Penting nih untuk para ibu baru mencari tahu kebiasaan tidur bayi sesuai usia dan bagaimana sesungguhnya kebutuhan tidur para bayi ini.

Masalah tidur pada bayi benar-benar saya cari tahu banget, karena belajar dari pengalaman anak pertama, kalau urusan tidur pada anak ‘aman’ ya akan lebih mudah hidup sebagai ibu baru. Karena ini juga membuat tumbuh kembangnya maksimal. Berikut panduan kebutuhan tidur bayi berdasarkan usianya:

Bayi baru lahir – 3 bulan

Baby Good Sleep Habits - Mommies Daily

Rekomendasi lama tidur: 18 jam per hari

Kenyataan: Bayi tidak akan tidur lebih dari 2-3 jam saat siang atau malam hari, sebab ia akan terbangun karena lapar. Siklus tidur bayi lebih pendek daripada siklus tidur Anda, jadi bersiaplah kurang tidur terutama malam hari. Masuk usia 6-8 minggu bayi sudah mulai tidur lebih sebentar di siang hari dan lebih lama di malam hari, meskipun ia tetap akan terbangun beberapa kali saat malam.

Tips agar bayi tidur lebih baik:
- Kenali tanda-tanda saat bayi mengantuk, seperti menggosok-gosok mata, menjentikkan telinga dengan tangannya, merengek dan menangis, menguap dan meregangkan tubuh, kehilangan minat pada mainannya, lebih tenang dan diam, serta membenamkan wajahnya ke dada Anda.
- Tunjukkan perbedaan siang dan malam. Setelah bayi berusia 2 minggu, mulai perkenalkan perbedaan siang dan malam.
- Bedakan suasana siang dan malam hari. Ganti pakaiannya saat ia bangun tidur sebagai tanda untuk memulai hari, ajak bayi bermain, berbicara dan berinteraksi, jaga rumah tetap terang, biarkan ia mendengarkan suara sehari-hari. Saat malam hari, gantikan pakainya dengan baju tidur, redupkan lampu kamar, dan hindari mengajaknya bermain.
- Berikan bayi kesempatan untuk tertidur sendiri. Sekitar usia 3 bulan bayi seharusnya bisa tertidur sendiri.

Masalah tidur yang sering terjadi: Bayi dan Anda sedang saling menyesuaikan pola tidur. Selain itu, pada beberapa bulan pertama, bayi akan sering terbagun karena lapar, sehingga bisa mengganggu jam tidurnya.

Usia 3-6 bulan

Kebiasaan Tidur Bayi Sesuai Usia - Mommies Daily

Rekomendasi lama tidur: 14-16 jam, dengan 10-11 jam tidur di malam hari.

Kenyataan: Bayi akan tetap terbangun 1-2 kali saat malam hari.

Tips agar bayi tidur lebih baik:
- Mulai tetapkan jam tidurnya. Waktu tidur yang konsisten akan membantu mengatur pola tidur. Waktu tidur bayi biasanya antara pukul 19.00 – 20.30 WIB. Lewat dari jam tersebut, bayi mungkin akan kelelahan dan justru jadi sulit tidur.
- Mulai ajarkan rutinitas, seperti mandi pada sore hari, membaca cerita pengantar tidur, menyanyikan lagu lembut, memberikan pijatan yang menenangkan serta mencium dan mengucapkan selamat malam.
- Bangunkan bayi di pagi hari untuk mengatur ulang jam hariannya. Membangunkannya pada waktu yang sama setiap pagi akan membantu menjaga rutinitasnya pada siang hari.

Masalah tidur yang sering terjadi: Terkadang bayi tidak bisa kembali tidur saat terbangun di malam hari. Selain itu bayi yang sakit seringkali terganggu pola tidurnya. Tidur lebih lama saat siang hari dan malas tidur saat malam hari.

Usia 6-9 bulan

Rekomendasi lama tidur: 14 jam tidur dalam sehari.

Kenyataan: Saat pagi dan siang hari, bayi mungkin akan tidur sekitar satu setengah jam masing-masing. Menjaga konsistensi waktu tidur akan membantu mengatur pola tidurnya.

Tips agar bayi tidur lebih baik:
– Tetap ikuti rutinitas tidur.
– Lakukan dengan urutan yang sama pada waktu yang sama setiap hari.
– Tetapkan waktu setengah jam sebelum tidur sebagai waktu tenang.
– Tidurkan bayi di tempat tidurnya. Bila ia menangis, cobalah untuk tidak langsung menimangnya. Berikan ia waktu sebentar untuk menguasai emosinya.

Masalah tidur yang sering terjadi: Sekitar usia 7 bulan, bayi mulai paham bahwa Anda dan dirinya adalah orang yang terpisah. Sehingga bisa jadi ia akan mengalami kecemasan saat tidak mendapati Anda di sisinya.

Usia 9-12 bulan

Kebiasaan Tidur Bayi Sesuai Usia - Mommies Daily

Rekomendasi lama tidur: Antara 11-12 jam sehari. Bayi akan tidur siang dua kali sehari selama kurang lebih satu sampai satu setengah jam.

Kenyataan: Ketidakkonsistenan dalam mengajarkan pola tidur akan membuat Anda makin sulit membuat bayi tidur di malam hari, dan membuat bayi bangun lebih sering.

Tips agar bayi tidur lebih baik:
– Lanjutkan teknik yang digunakan sejak ia berusia 6 bulan untuk membuat bayi lebih tenang saat jam tidur tiba.
– Ikuti rutinitas bayi sehari-hari. Jika ia tidur siang, makan, bermain pada jam yang sama, biasanya ia akan tidur pada malam hari tanpa kesulitan.

Masalah tidur yang sering terjadi: Rutinitas tidur bayi akan berubah seiring dengan bertambahnya usia bayi. Namun demikian sesekali ia mungkin masih merasa cemas saat tidak mendapati ibunya saat terbangun.


Post Comment