Insight Penting dari Thread Parenting  yang Ramai Diobrolin di Forum FDN

Selain menguatkan, obrolan antar sesama ibu juga banyak poin penting yang bisa diambil. Seperti yang terjadi dalam forum FDN, khususnya di thread parenting.

Mommies sudah tahu dong, Mommies Daily itu ada berawal dari forum Female Daily Network? Thread forum dan sub forumnya ada banyak banget! Silakan jump in sesuai dengan kebutuhan mommies.

Insight Penting dari Thread Parenting  yang Ramai Diobrolin di Forum FDN - Mommies Daily

Nah, sekarang, kami mau kasih sedikit bocorannya dulu. Khususnya di thread parenting. Tema apa saja yang paling banyak mengundang member MD untuk ngobrol di dalamnya. Lalu kami rangkum insight-insight penting yang sekiranya bisa berguna untuk mommies.

1. Nope, We’re Not Supermoms!

-Meluangkan waktu melakukan hobi yang emang kita gemari dari dulu, bisa mendatangakn dampak positif lho. Pas ngadepin anak juga akan Cari kesenangan dan ketenangan, yang mommies banget.

-Figur ayah penting untuk tumbuh kembang seorang anak. Bisa menjadikan dirinya respect dan behave.

-Apapun peran yang mommies pilih. Full time mother, atau working mother. Salah satu kuncinya, satu sih. Bisa mengelola emosi ke anak. Karena di masing-masing tahap perkembangan anak, tantangan juga beda-beda. Kita dan suami, yang mesti gali ilmu parenting sebanyak-banyaknya.

-Tahu batas kemampuan diri mommies. Artinya kalau badan sudah kasih signal harus istirahat, berikan waktu untuk diri sendiri bed rest. Atau yang awalnya nggak pakai ART semua serba dikerjakan partneran sama suami, bisa mempertimbangakan menggunakan jasa ART, jika kondisi memungkinkan.

-Seorang ibu juga manusia.

2.Share Your Baby Blues Moment

-Jangan segan untuk mencurahkan isi hati, saat mendapati ada perasaan yang nggak nyaman setelah melahirkan. Pilih orang-orang yang bisa dipercaya. Bisa teman atau saudara yang sudah lebih dulu punya anak, supaya lebih mengerti situasi fisik dan psikis seorang ibu yang baru saja melahirkan.

-Me time dan aktualisasi diri, penting! Karena ini adalah kesempatan seorang ibu punya percaya diri. Waktu ketemu sama anak, mood sudah happy, dan nggak gampang marah :p

-Aktualisasi yang dimaksud, bisa berupa merasa berdaya. Entah itu bekerja di sebuah perusahaan, atau punya usaha sendiri.

-Salah satu member MD di thread ini menulis: “Salah satu yang membantu gue bangkit dari sindrom baby blues karena bekerja, gue baca di Mommies Daily tentang cerita Amelia yang pulih dari PPD ( Post Partum Depression) karena bekerja. Itu bantu banget untuk motivasi.”

-Cari support system yang benar-benar bisa mendukung peran kita sebagai ibu. Jika memang terkondisikan ada di tengah support system yang nggak nyaman. Di sinilah pentingnya, komunikasi intens dengan suami.

-Dukungan berupa pengertian dari suami, bisa meloloskan seorang ibu dari baby blues syndrome. Seperti yang sempat dikisahkan salah satu member MD:

“Dia yang selalu meyakinkan aku kalau semua kehebohan ini sepadan untuk dilewati. Dia yang sering hibur aku dengan bilang seberapa lucunya si baby. Ajak aku mikirin masa depannya si baby, atau sekadar ajak foto bareng si baby. Dia juga sigap banget handle si baby walau dia sudah capeka banget karena seharian kerja.”

3.Bagaimana Kita Mendidik Anak?

-Mengatasi kakak yang cenderung cemburu dengan si adik. Jangan buru-buru diatasi dengan sogokan barang. Mungkin saja kakak butuh lebih banyak sentuhan dari mommies dan pasangan, berupa pelukan misalnya?

-“Sesempit apapun waktu yang kita punya. Hati kita tetap untuk anak. Pasti ada acara untuk punya quality time. Seharian abreng anak tapi, kalau hati dan pikiran kita nggak di situ, sama saja bohong. Dan cara atau value mendidik anak setiap keluarga berbeda, jadi jangan samakan ukuran kita dengan ukuran orang lain.” @ruth333

-“Setiap ibu adalah ibu yang terbaik buat anak-anaknya. Nggak peduli apakah dia working mom atau ibu rumah tangga. Karena kesabaran itu dipupuk , bukan turun dari langit.” @ruth333

-“Kalau mau mencetak anak yang sukses atau berhasil. Maka penuhi hak dasarnya. Dengan memukul, membentak, dan lainnya, itu sama saja merampas hak dasar anak untuk dilindungi. Sehingga ia merasa nggak nyaman dan aman.” @ritalusi

-Prinsip parenting dari @meriskapw yang bisa diaplikasikan. Prinsipnya jangan bohong ke anak, termasuk white lies. Selain itu jangan mengancam, menakut-nakuti, dan nggak banyak melarang. Kalaupun melarang, kasih tahu alasannya.

Kalau mau tahu lebih dalam, atau terlibat langsung, silakan main-main ke forum Mommies Daily, ya, mommies.


Post Comment