Tiga Alasan Kulit Bayi Perlu Mendapatkan Perawatan yang Tepat

Segitu pentingnya peran kulit di awal kehidupan bayi, hingga menentukan keselamatan anak di 28 hari pertama kehidupannya.

Kenapa saya bilang 28 hari pertama? Soalnya, data WHO tahun 2015 lalu menyebutkan ada setidaknya 70 ribu bayi di Indonesia meninggal sebelum menginjak usia 28 hari. Salah satu faktor penyebabnya adalah perawatan kulit yang nggak maksimal di awal kelahiran bayi atau dunia kedokteran menyebutnya masa neonatal.

Tiga Alasan Kulit Bayi Perlu Mendapatkan Perawatan yang Tepat - Mommies Daily

Makanya, melakukan perawatan kulit bayi yang tepat dan aman, adalah harga mati. Soalnya nyawa anak kita lho yang jadi taruhannya. Selain itu, ada beberapa hal mendasar, kenapa organ bagian terluar dari manusia ini wajib mendapatkan perawatan yang tepat:

1. Risiko sepsis mengintai

Masa neonatal yang di awal saya singgung, jika tidak mendapatkan perhatian serius, akan berisiko si kecil terkena sepsis, yaitu peradangan di seluruh tubuh yang disebabkan oleh infeksi. Data dari Centers for Disease Control and Prevention (CDS) menyebutkan ada lebih dari 1 juta kasus sepsis setiap tahunnya di Indonesia. Di 2015, ribuan di antaranya, berujung kematian.

2. Kulit penting untuk stimulasi multi sensori

Dalam proses tumbuh kembang si kecil, di awal kelahirannya, ia memang belum bisa melihat dengan jelas. Namun indera pendengarannya sudah bisa berfungsi dengan baik. Nah, kulit sebagai indera peraba adalah media yang pas untuk melakukan multi sensori ini. Misalnya pijat bayi, yang bermanfaat untuk, meningkatkan kualitas tidur dan hal ini baik untuk perkembangan anak. Selain itu, juga mendukung sistem peredaran darah. Dari segi psikis, saat melakukan pijat bayi, akan terbangun ikatan batin dengan ibu dan bayi. Dengan syarat, selalu melakukan kontak mata dan ngobrol, ya, mommies.

Nah, pada saat melakukan berbagai macam aktivitas yang melibatkan kulit bayi, kiita juga harus memerhatikan produk perawatan yang digunakan. Karena kulit bayi kan masih sensitif sekaligus bagian dari sistem pertahanan tubuh.

Pada praktiknya, ibu baru suka bingung nggak sih milih produk bayi apa yang cocok? Saking terlalu banyak yang merekomendasikan. Saya sih tetap berpatokan, produk tersebut harus paraben free, dan mengandung bahan-bahan alami seperti olive oil dan ekstrak chamomile. Dari berbagai produk yang sudah sempat saya coba, Mothercare All We Know daily care (AWK), paling sreg di hati dan value yang saya tentukan tadi.

Alasan saya harus  banget ada olive oil dan ekstrak chamomile dalam produk perawatan anak saya. Karena dua kandungan alami itu punya segudang manfaat yang baik untuk kesehatan kulit, khususnya kulit bayi. Kita mulai dulu dari olive oil, ya.

1.Melembapkan kulit bayi

2.Mencegah ruam popok

3.Memberikan nutrisi pada kulit kepala

4.Menyegarkan kulit kepala

5.Memberi sensasi hangat ke kulit bayi, yang dapat membuat tidurnya lebih nyenyak.

Berikutnya Chamomile, yang dikenal manfaatnya dapat mengatasi iritasi yang sifatnya ringan, seperti kemerahan, kulit yang kering dan iritasi. Selain itu, chamomile punya zat antioksidan yang dapat melindungi kulit bayi dari faktor lingkungan luar.

Waktu itu, berjodoh dengan AWK pas beli sleepsuit dan selimut di Mothercare, nah pas bayar di kasir rangkaian produk AWK ini terpajang manis di dekat meja kasir. Pertama-tama pasti dong, saya mencium aromanya. Kesan pertamanya, lembut, menenangkan dan yang paling penting nggak menyengat. Ya pantas saja sih, soalnya semua produk AWK sudah melewati test dermatologi dan cocok untuk newborn.

Tiga Alasan Kulit Bayi Perlu Mendapatkan Perawatan yang Tepat - Mommies Daily

Mothercare AWK punya apa saja?

Ada baby oil, Body Lotion, Baby Milk Bath, Liquid Talc, Baby Body Wash, Baby Shampoo, Baby Powder, hingga Nappy Cream. Oh iya, jangan lewatkan promo buy 2 get 1, yang paling penting buat dipunya adalah Liquid Talc mothercare.

Setelah tahu, contoh perawatan yang tepat untuk kulit sensitif bayi. Saya mau kasih alasan ketiga, kenapa sih, kulit bayi harus dijaga dengan baik.

3. Kulit adalah sistem pertahanan tubuh yang penting

Lapisan teratas kulit yang dinamakan epidermis berperan penting dalam pembentukan lapisan perlindungan, mengatur subuh tubuh, pertukaran zat dan mempertahankan kecukupan cairan bagi tubuh. Tak hanya itu, ternyata kulit juga memiliki fungsi pertahanan imunitas, dan melindungi tubuh dari kuman-kuman berbahaya.

Siapa di antara mommies yang sudah pernah mencoba salah satu dari rangkaian Mothercare AWK?


Post Comment