5 Makanan yang Membuat Anak Lebih Gampang Tidur - Mommies Daily

5 Makanan yang Membuat Anak Lebih Gampang Tidur

Penting banget untuk saya yang suka ngotot-ngototan sama krucil menyuruh mereka tidur tepat waktu di malam hari.

Semakin anak-anak besar (sekarang usia mereka 11 dan 9 tahun), semakin susah buat saya meminta mereka tidur ‘tepat waktu’ sesuai harapan mamanya. Saya tuh kepingin banget anak-anak bisa tidur paliiiiiiing telat jam sembilan malam, teng. Jadi dari jam delapan lewat dikit sebisa mungkin sudah saya ‘giring’ ke kamar. Karena kan nggak mungkin, begitu masuk kamar, mereka langsung LEP tidur.

Ada becanda-becanda dulu (belum kalau dari becanda terus berubah jadi berantem….), bolak-balik, glundung-glundung di tempat tidur, berdoa, baru berbaring anteng di atas kasur. Dan tahu-tahu sudah jam sembilan lewat.

Masalahnya, mereka dari pagi hingga siang (kadang sore) kegiatannya cukup padat, kalau malam hari tidurnya terlalu larut, alamat drama besok paginya membangunkan mereka untuk siap-siap sekolah. Siapa yang susah? Ya saya, mamanya.

Niat mulia lain dari mamanya adalah dengan jumlah jam tidur yang cukup dan kualitas tidur yang baik, tubuh dapat mengembalikan tenaga dan kesegarannya, merangsang pertumbuhan menjadi lebih optimal, bahkan menurut penelitian University of Arizona, anak yang tidurnya cukup mempunyai kemampuan lebih tinggi dalam memproses informasi (penting kan untuk kegiatan belajar di sekolah, hehehe).

5 Makanan yang Membuat Anak Lebih Gampang Tidur - Mommies Daily

Maka dari itu begitu membaca informasi mengenai bahan-bahan makanan yang dapat membantu anak lebih mudah dan lebih nyenyak tidur, mama yang satu ini pun langsung bahagia dan nggak sabar mencoba, hahahaha. Ini dia daftarnya:

1. Pisang

Pisang yang kaya akan kandungan magnesium ini bisa membantu membuat otot-otot tubuh menjadi lebih relaks, dan ini artinya seluruh tubuh juga akan menjadi relaks. Pisang juga mampu meningkatkan hormon melatonin plus serotonin yang membantu untuk mengatur pola tidur seseorang.

2. Salmon

Salah satu pilihan terbaik dari kategori seafood yang dapat meningkatkan kualitas tidur adalah ikan salmon. Porsi yang cukup untuk makan malam akan menstimulasi produksi melatonin dan serotonin.

3. Oats

Kalau selama ini kita tahunya Oat bagus untuk menjaga kesehatan jantung, dan menguatkan sistem saraf berkat kandungan vitamin dan mineralnya, ternyata Oat juga mengandung hormon melatonin yang sangat tinggi sehingga memudahkan kita untuk tidur. Hal lainnya berkaitan dengan perannya sebagai karbohidrat yang membuat perut lebih cepat dan lama merasa kenyang. Sehingga tidur dengan perut kenyang membuat anak nggak akan terbangun akibat kelaparan.

4. Bayam

Selain bayam memang kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh, ternyata Bayam juga mengandung Tryptophan amino acid. Tryptophan ini sendiri merupakan salah satu jenis asam amino esensial yang dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan tubuh secara umum dan menciptakan serotonin dalam tubuh. Sedangkan kita tahu kan, Seratonin disinyalir dapat membuat tidur lebih nyaman dan membuat suasana hati lebih stabil.

5. Nanas

Ternyata kemampuan nanas untuk meningkatkan produksi melatonin di dalam tubuh jauh lebih tinggi dari oat dan pisang. Hormon melatonin sendiri dikenal sebagai hormon yang sangat membantu dalam mengatasi masalah tidur. Ini berdasarkan penelitian pada anak-anak pengidap insomnia yang terkait dengan keluhan autism atau gangguan saraf pusat lainnya. Melatonin juga terbukdi efektif mengatur siklus tidur pada orang tuna netra. Jadi, nggak ada salahnya beberapa potong nanas sebelum tidur.

Mari kita coba, semoga sukses (amiiiiiiin).

Baca juga:

Gangguan Tidur Pada Anak


Post Comment