Tips Masak Gampang Bergizi Seimbang

dapur umami 1

Siapa yang sering bingung sendiri mau masak apa hari ini? Saya sih udah pasti tiap hari bingung ya. Apalagi sejak berniat akan mulai bekal makan siang lagi, jadi mikirin banget harus masak apa setiap harinya.

Karena sejujurnya sebelum nikah saya nggak pernah masak sama sekali, jadi pengetahuan soal masak-memasaknya masih terbatas banget. Apalagi cuma punya waktu dikit banget kan tiap pagi sebelum pergi kerja untuk siapin makan siang

Nah meski baru punya sedikit pengalaman dalam urusan dapur ini, saya mau kasih sedikit tips agar kita bisa masak tiap hari tanpa ribet dan tetep bergizi.

Bikin daftar belanja

Saya biasanya cuma menentukan lauknya aja, misal minggu ini akan makan ayam, cumi, terong, brokoli, dan sawi putih. Daftar belanja ini penting biar nggak belanja kebanyakan. Soalnya kalau kebanyakan nanti suka keburu busuk atau jamuran karena terlalu lama disimpan di kulkas. Jadi tentukan daftar belanja untuk masakan satu minggu ke depan.

Buat daftar masakan harian

Nah ini nih bagian yang paling challenging. Bahan udah ada, mau dimasak apa? Kalau udah bingung gini, saya cek dulu websitenya dapurumami.com.

Di dapurumami.com ada lebih dari 500 menu yang gampang dan dijamin enak. Jadi kalau udah beli ayam, misalnya, tinggal ketik aja “ayam” di boks pencarian paling atas. Muncul deh semua resep ayam.

Atau bisa juga klik menu “Bahan Utama” dan pilih bahan utama yang kita inginkan. Resepnya macem-macem banget dan banyak resep jajanan masa kini kaya Ayam Geprek Crispy Ala Sajiku® atau Sate Taichan ala AJI-NO-MOTO®. Daripada jajan mending masak sendiri dong!

Selain website dapurumami.com resep juga dapat dilihat di Facebook, Instagram, & YouTube Dapur Umami.

dapur umami 2

Cek gizi dari masakan

Hayo gimana caranya? Saya sih sering bingung sendiri ya apa masakan saya gizinya cukup apa nggak? Nah, kalau masak dari resep Dapur Umami nggak perlu khawatir dengan kelengkapan gizi karena semuanya sudah tertera di websitenya. Misal Sate Taichan AJI-NO-MOTO ®, dengan bahan yang tertera, kalau diikuti semua tandanya Mommies bisa dapat kalori 528 Kkal dari 55 gram protein, 13 gram karbo, 26 gram lemak, dan 2 gram serat. Lengkap banget. Jadi nggak perlu takut kurang gizi atau gizi tidak seimbang deh!

Belanjanya di mana?

Bahan-bahannya bisa langsung beli juga di dapurumami.com via Happy Fresh! Enak banget kan. Jadi setelah scroll resep, cek gizi, langsung belanja juga bahan-bahan yang dibutuhkan. Nggak perlu repot jalan sendiri ke supermarket, karena mikirin macet dan cari parkirnya aja kadang udah males ya.

Kalau udah semua gampang begini harusnya nggak bingung lagi ya tiap mau masak. Masak gampang, gizi seimbang. Selamat masak, Mommies!


Post Comment