7 Pertanyaan Seputar Operasi Caesar

Ditulis oleh: Lariza Puteri

“Habis operasi caesar, lukanya sakit banget, nggak?” atau “Memangnya kita bisa langsung menyusui begitu operasi caesar selesai?” dan ada banyak pertanyaan yang muncul pasca operasi caesar.

Apakah masih bisa melahirkan normal setelah operasi caesar?

Bisa saja. Asalkan, beberapa persyaratan terpenuhi. Menurut dr. Ferry Darmawan, SpOG dari RSPAD Gatot Soebroto, syarat tersebut antara lain ibu hanya pernah satu kali operasi caesar,memiliki jarak persalinan antara 18-24 bulan dari persalinan caesar sebelumnya, riwayat perlukaan rahim sebelumnya mendatar bukan vertikal, panggul tidak sempit, tebal rahim berada dalam batas aman, tidak terjadi komplikasi kehamilan, dan persalinan normal adanya kontraksi dan pembukaan serviks secara spontan. Ibu yang sudah dua kali atau lebih operasi caesar, tidak dianjurkan untuk mencoba persalinan normal. Selain itu, pilih tempat melahirkan yang memiliki fasilitas ruang operasi (termasuk tim dokter operasi caesar), untuk berjaga-jaga bila hal-hal yang tak diinginkan terjadi.

Bila janin dalam keadaan sungsang, apakah operasi caesar adalah satu-satunya solusi?

Janin sungsang pada kehamilan pertama dianjurkan untuk operasi caesar. Janin dengan posisi sungsang memiliki risiko yang lebih tinggi bila dilahirkan dengan normal. Apalagi bila janin berukuran besar. Risiko cacat atau kecelakaan saat persalinan bayi sungsang lewat vagina lebih tinggi empat kali daripada persalinan spontan dengan letak kepala bayi berada di bawah. Namun demikian, ada cara-cara alami yang bisa diusahakan agar posisi bayi tak lagi sungsang. Misalnya dengan rutin berenang yang akan membuat tubuh dan panggul Anda longgar dan santai, atau melakukan posisi knee chest (bersujud dengan kaki sejajar pinggul dan dada sejajar lutut) sejak kehamilan masuk usia 32-35 minggu.

7 Pertanyaan Seputar Operasi Caesar - Mommies Daily

Image dari: DokterSehat.com

Benarkah luka pascaoperasi caesar akan terus-terusan sakit?

Luka pasca operasi caesar juga pasti akan sembuh. Hanya saja, karena sayatan yang dilakukan saat operasi Caesar itu cukup dalam, maka memerlukan waktu penyembuhan. Biasanya rasa nyeri pada luka akan hilang setelah enam minggu pasca melahirkan. Namun, karena tubuh memerlukan waktu untuk menyambung kembali serabut saraf dan jaringan yang terputus, maka rasa kebas atau pegal bisa saja masih dirasakan setelah enam bulan.

Bisakah kita langsung menyusui bayi setelah operasi caesar?

Tentu saja bisa. Bahkan IMD juga bias dilakukan pasca melahirkan. Kita bisa langsung menyusui dengan posisi miring. Dengan mengganjal punggung dengan bantal, dan bantuan bidan untuk memiringkan badan, kita tetap bisa menyusui dengan baik. Dokter Ferry juga berpesan, bila mommies menginginkan IMD pada operasi caesar, sebaiknya mommies menyampaikan hal tersebut lebih dahulu pada tim dokter yang menangani. Hal ini penting untuk membuat suasana kamar operasi lebih mendukung untuk IMD, terutama dalam hal suhu ruangan.

Apakah operasi caesar bisa berisiko menyebabkan kematian?

Setiap tindakan medis, bahkan yang paling sederhana sekalipun seperti suntikan, memiliki risiko komplikasi, termasuk kematian. Namun, pada operasi Caesar yang biasanya tanpa penyulit, risiko kematian sangat kecil. Kecuali kalau kita memiliki kejadian luar biasa, risiko komplikasi menjadi lebih besar. Risiko yang dimaksud misalnya seperti kejadian infeksi, adanya perdarahan dan pre-eklampsia. Ibu yang mengalami infeksi juga berisiko untuk mengalami sepsis yang sangat mungkin mengakibatkan kematian. Perdarahan yang terjadi sebelum , selama, atau sesudah operasi Caesar juga berisiko kematian akibat kehilangan darah. Eklampsia dan pre-eklampsia juga merupakan salah satu penyulit yang secara awam sering disebut keracunan kehamilan. Seringkali, pada pasien dengan pre-eklampsia dan eklampsia memerlukan operasi Caesar untuk mengatasi masalahnya.

Baca juga:

Preeklampsia, Wajib Diwaspadai Ibu Hami

Berapa jeda waktu ideal untuk hamil lagi setelah operasi caesar?

1000 hari. Seribu hari kehidupan merupakan masa yang kritis untuk tumbuh kembang anak. Sebaiknya ada pemusatan perhatian dan kasih sayang untuk anak sebelum punya adik lagi. Jika dinilai dari kesiapan ibu, jarak yang aman untuk kembali hamil setelah operasi Caesar adalah sekitar 2 tahun. Sebelum hamil lagi sebaiknya pastikan luka operasi sudah sembuh benar dan kuat. Jarak itu juga dimaksudkan untuk mengistirahatkan organ reproduksi dan organ lainnya. Bagaimanapun kehamilan yang direncanakan akan jauh lebih baik daripada yang tidak. Sehingga, ada baiknya mommies berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk hamil lagi.

Apakah jahitan caesar bisa tiba-tiba terbuka?

Meskipun membuat parno, tapi hal ini memang dapat terjadi. Penyebabnya bisa beragam, seperti teknik jahit yang kurang baik atau bahkan kesalahan dari ibu sendiri. Makan makanan yang bergizi tinggi terutama protein, menjaga kebersihan luka operasi dan tidak melakukan aktivitas berat sebelum jahitan luka Caesar dinyatakan sembuh dan kuat, merupakan cara untuk menjaga luka operasi caesar. Bila jahitan terbuka lagi, biasanya akan diikuti dengan keluarnya cairan sehingga luka akan terlihat basah, berwarna kemerahan, berdarah dan muncul rasa nyeri. Bila ini terjadi, segera cari bantuan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.


Post Comment